Monday, May 25, 2009

Jabal Rahmah - Bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa

Jabal Rahmah - Bertemunya Nabi Adam dan Siti HawaKami memutuskan untuk naik ke puncak Jabal Rahmah melalui jalan yang berbatu dan tidak melalui tangga. Karena kalau naik melalui tangga diperlukan waktu yang lebih lama dan banyak pedagang kaki lima.

Jabal Rahmah merupakan bukit batu di Padang Arafah, yang terletak sekitar 25 km sebeleah tenggara kota Mekah. Di puncak bukit tersebut terdapat tugu putih yang dibangun untuk mengenang peristiwa sangat penting bagi umat manusia yaitu pertemuan yang sangat mengharukan antara kedua nenek moyang manusia Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah turun dari surga dan dipisahkan Allah selama 200 tahun.



View Jabal Rahmah - Arafah - Saudi Arabia in a larger map

Peristiwa pertemuan kedua nenek moyang manusia ini diabadikan setiap tahun oleh Nabi Adam sendiri dan diteruskan oleh keturunannya sampai saat ini, khususnya sewaktu musim haji dimana banyak jama'ah menyempatkan diri naik ke bukit ini disela-sela ibadah Wukufnya di Padang Arafah.



Tugu Kenangan di Jabal Rahmah
Di sini pula turunnya wahyu Allah yang terakhir kepada Rasullah, yaitu Surat Al Maidah Ayat 3, yang Beliau bacakan kepada jamaahnya:

"Pada hari ini (saat Nabi berhaji Wada') orang-orang kafir telah putus asa (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut pada mereka dan taubatlah pada Allah. Pada hari ini telah aku sempurnakan bagi kamu agamamu, dan telah Aku penuhi akan nikmat-Ku, dan telah Aku relakan Islam jadi Agamamu."

Banyak di antara sahabat Nabi yang menangis mendengar wahyu itu. Mereka yakin bahwa tak lama lagi Rasullah akan di panggil Allah (meninggal) yang akhirnya menjadi kenyataan.








No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *