Sunday, July 5, 2009

Nabi Muhammad Hijrah ke Madinah Melalui Jabal Tsur

Nabi Muhammad Bersembunyi di Jabal Tsur Sebelum Hijrah ke MadinahSetelah turun dari Bis di pinggir jalan menuju Jabal Tsur, banyak yang menawarkan jasa untuk naik Onta. Tarifnya sekitar 10 real. Saya dan istri sempat mencoba naik onta tersebut. Kemudian saya menuju lokasi tempat untuk melihat Jabal Tsur.

Jabal Tsur adalah gunung tertinggi yang terletak sekitar 5 km dari kota Mekah. Menjadi sangat terkenal karena di Gua yang terdapat di puncak gunung inilah Rasulullah dan sahabtanya Abu Bakar bersembunyi sewaktu dikejar oleh kaum kafir Quraisy. Peristiwa ini terjadi pada tahun 622 M sewaktu Rasul akan hijrah ke Madinah.


Karena terus mendapat gangguan dari Kaum Quraisy akhirnya Rasulullah memutuskan untuk pindah atau hijrah ke Madinah. Dari kota Madinah penyebaran agama Islam diharapkan dapat lebih mulus dilaksanakan karena mendapat dukungan kaum Ansar. Tetapi niat hijrah itupun masih dihalang-halangi oleh kaum kafir yang senantiasa berniat membunuh Nabi sehingga sewaktu hendak hijrah pun Rasulullah terpaksa bersembunyi dulu di dalam salah satu gua di Gunung Sur itu.

Sewaktu orang kafir Mekah sampai ke pintu gua tersebut dengan mukjizat dari Allah SWT, mereka mendapatkan gua tersebut tertutup oleh sarang laba-laba dan ada burung merpati sedang bertelur di lubang masuknya. Orang-orang kafir Mekah tertipu dan membatalkan niatnya memasuki gua tersebut.

Unta di Jabal Tsur
Mereka berkesimpulan, tak mungkin ada orang yang baru masuk ke dalam gua itu. Pengejaran dihentikan dan mereka pun kembali ke Mekah. Padahal Nabi dan Abu Bakar memang sedang berada dalam gua tersebut.

Bersembunyi selama tiga hari. Asma, anak Abu Bakar, adalah penolong yang secara diam-diam datang berulang kali mengantarkan makanan dan kebutuhan lainnya. Setelah merasa aman barulah Rasulullah meneruskan perjalan hijrah.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *