Wednesday, July 15, 2009

Umrah dengan Miqat dari Ji'ranah

Masjid Ji'ranahSiang itu udara begitu menyengat, saya beserta rombongan akan melaksanakan ibadah Umrah Sunah. Dari Hotel di Grand Tower Zam-zam, kami naik bis menuju ke Ji'ranah.

Ji'ranah adalah sebuah kampung terletak sekitar 16 km dari Mekah merupakan tempat miqat atau perbatasan wilayah dimana kita harus memakai baju ihram dan berniat ihram sebagai syarat memasuki Tanah Suci Mekah.


Di kampung ini terdapat beberapa tempat ziarah, yang salah satunya adalah sebuah Masjid dan sumur Bir Thoflah. Menurut riwayat sumur ini dahulunya terjadi atau terdapat salah satu mukjizat Rasulullah saat kehabisan air setelah usai Perang Hunain. Rasulullah bersama para pejuang Islam berhenti untuk membagi-bagikan hasil kemenangan. Karena persediaan air habis dan di sana tidak ada sumur, Nabi memukulkan tongkatnya dan serta merta keluarlah air.

Air sumur ini sering dipercaya sebagai obat dan tidak pernah kering. Nama Ji'ranah adalah nama seorang wanita yang mengabdikan dirinya menjaga dan membersihkan Masjid tersebut.







No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *