Saturday, September 5, 2009

Kemegahan Istana Versailles Paris

Istana Versailles ParisVersailles, sebenarnya nama sebuah kota di Perancis, sekitar 18 km di barat daya Paris. Dengan adanya perkembangan kota maka kini Versailles telah menjadi satu dengan Paris. Dapat ditempuh dengan kereta antarkota RER selama 45 menit saja.

Namun anda harus siap-siap dengan antrean pengunjung. Untuk masuk ke Versailles, pengunjung harus antre dua kali. Antre pertama adalah untuk membeli tiket seharga 13,50 Euro atau sekitar Rp 202.500, dan antre kedua untuk masuk ke dalam Istana Versailles. Taman istana bisa dinikmati secara gratis.


Istana Versailles mulai dibangun tahun 1624 oleh Louis XVIII sebagai istana peristirahatan untuk berburu. Kemudian tahun 1661, oleh Louis XIV dijadikan tempat kediaman resmi raja Perancis. Pembangunan istana ini memakan waktu 40 tahun, di bawah pimpinan arsitek Le Van (1612-1670).


View Versailles - Paris - France in a larger map

Tetapi pembangunan ini belum final, dari tahun ke tahun ditambah dan diperindah, sehingga mempunyai ruangan k.l. 1.300 dan pangjang k.l. 0,4 km. Kebun dan tamannya seluas k.l. 101 ha, digarap oleh Le Notre (1613-1700). Sejak tahun 1837 istana Versailles diputuskan untuk menjadi museum nasional.

Di Dalam Istana Versailles
Untuk kepentingan politik hanya beberapa ruang yang dibuka untuk umum. Beberapa ruang yang diijinkan untuk dilihat antara lain Drawing Room of Plenty, Venus Drawing Room, Diana Drawing Room, Mars Drawing Room, Mercury Drawing Room, Apollo Drawing Room, War Drawing Room. Setelah itu masuk pada Hall Of Mirrors yang besar sekali dengan lampu-lampu kristal bergantungan di langit-langit.

Keluar dari Istana Versailles, taman seluas 800 hektar menanti anda di belakang istana. Dari bagian belakang Versailles, pengunjung dapat melihat hamparan hutan tempat raja berburu, kolam-kolam istana dan Grand Canal, sebuah kanal buatan sepanjang 1,5 km.

Taman Istana Versailles
Taman Versailles terlalu luas untuk dijelajahi. Pengunjung pun biasanya berjalan hanya sampai dua kolam air mancur yaitu Bassin de Latone dan Bassin de Apollon, sampai ke tepi Grand Canal. Ini adalah dua kolam air mancur yang cantik bertema Dewi Latona dan Dewa Apollo.

Istana yang megah, berbagai lukisan indah, dan taman istana yang cantik. Versailles sangat memuaskan pengunjung.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *