Tuesday, September 15, 2009

Masjid Islamic Center Samarinda nan Cantik Menawan

Masjid Islamic Center SamarindaPagi itu, saya bersama beberapa teman menuju ke Masjid Islamic Center Samarindra langsung dari hotel tempat kami menginap. Sengaja mobil kami parkir di seberang Masjid tepatnya di tepian sungai Mahakam, agar memudahkan untuk melihat keindahan secara utuh.

Dari kejahuan Masjid ini kelihatan megah dan cantik dengan beberapa menara yang menjulang tinngi. Bangunan yang dibangun dengan biaya lebih dari Rp500 miliar ini di resmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 16 Juni 2008.


Masjid ini berdiri di atas lahan seluas sekitar 12 hektar dengan luas bangunan keseluruhan mencapai 50 ribu m2. Lokasi ini sebelumnya merupakan lahan bekas areal penggergajian kayu milik PT Inhutani I yang kemudian dihibahkan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.


Masjid Cantik Samarinda
Bangunan masjid ini memiliki kubah utama dan ornamen-ornamen keemasan yang amat cantik. Sumber inspirasi disain masjid yang amat besar ini berasal dari Masjid Nabawi yang bersuasana religius di Madinah dipadukan dengan Masjid Agung yang artistik di Turki. Masjid Nabawi di Madinah dikenal memiliki ornamen dan kaligrafi yang cukup mengagumkan. Selain itu, bangunan bersejarah ini memiliki ketahanan fisik yang cukup kuat karena umurnya yang sudah tua, namun masih menunjukkan keanggunan. Sedangkan masjid-masjid di Turki dikenal memiliki artistik yang indah. Tidak hanya bentuk ornamen yang menghiasi masjidnya saja, melainkan bentuk bangunannya juga.


Masjid Termegah di Samarinda
Keistimewaan lainnya dari masjid ini adalah pemakaian granit pada menara utamanya. Masjid ini dibangun dengan bahan-bahan kualitas terbaik yang mampu bertahan hingga ratusan tahun. Masjid Islamic Centre ini diharapkan menjadi kawasan wisata keagamaan karena dilengkapi dengan menara setinggi 99 meter yang memampukan pengunjung melihat seluruh kawasan Samarinda dari ketinggian.








No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *