Monday, October 26, 2009

Incheon Seoul Korea - Bandara Internasional Terbaik di Dunia

Bandara Incheon KoreaSetelah terbang dari Jakarta kurang lebih 6,5 jam, akhirnya saya sampai di bandara Incheon Seoul. Sebetulnya bandara ini berada di luar kota Seoul yaitu kurang lebih berjarak 52 km sebelah barat dari pusat kota Seoul.

Bandara ini, kurang lebih sama bahkan lebih bagus dibandingkan dengan bandara Changi di Singapore. Kebersihan dan ketertiban sangat terjamin. Petugas imigrasi juga cukup ramah.


Bandara Internasional Incheon Seoul Tak berlebihan, bila Bandara Internasional Korea Selatan ini terpilih menjadi bandara terbaik di dunia pada tahun 2009 dalam hasil survei "World Airport Awards" yang dirilis konsultan Inggris, Skytrax. Survei dilakukan di lebih dari 190 bandara dan 8,6 juta kuisioner bagi para penumpang dari tahun 2008 hingga 2009.







10 comments :

  1. keren Om Anto., dengan membaca dan melihat photo2 tentang perjalan Om Anto dapat menambah wawasan dan informasi - informasi bagi saya dan memberikan semangat bagi saya untuk bersungguh-sunguh dalam kuliah.
    saya sangat salut dengan Om Anto.,
    Terima kasih Om Anto.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Mas Joko, semoga apa yang dicita-citakan Mas Joko terkabul. amin

    ReplyDelete
  3. wah om,keren banget.Jalan - jalan trus,traveling trus,aku jadi ngiri,hiks

    ReplyDelete
  4. Aslmk, Insya Allah nanti saya adik mau traveling ke seoul, pingin nanya nih, tempat makan yang menjual makanan halal disana dimana, terus makanan korea yang bisa dimakan oleh yang beragama muslim apa saja, fish cake tergolong makanan yang bisa dimakan oleh orang muslim tidak ?

    ReplyDelete
  5. @Bu Tita: memang selama saya di seoul, relatif sulit mendapatkan makanan halal. Yang banyak saya jumpai yaa di Itaewon, dekat masjid central Seoul. Di situ banyak restoran atau toko muslim.

    Makanan korea yang insyaallah halal adalah Kimchi, sejenis asinan sayuran, saya senang makan kimchi. Masakan korea lainnya yang saya senangi adalah Bulgogi yaitu daging sapi atau ayam yang dipanggang, tapi perlu hati-hati, minta daging yang bukan babi (non pork).

    Korean Muslim Federation (KMF) menerbitkan list daftar makanan haram, sebagai berikut:
    베이컨 ,bacon
    라드, lard
    젤라틴 (동물성), (animal) gelatin*
    쇼트닝 (동물성), (animal) shortening*
    레시틴, lecithin
    레닛, rennet
    수지, tallow
    돼지고기, pork
    햄, ham
    마시멜로, marshmallow
    레닌, rennin
    글리세리드,glyceride
    글리세롤, glycerol
    소시지, 순대, sausage
    돈피, hogleather, pig skin
    주정, alcohol, ethanol
    스프(라면), korean noodles (soup)

    * kalo ada keterangan 대두/ 식물성, halal

    Kalau fish cake atau bahasa koreanya Eomuk, kemungkinan halal, tapi saya kurang tahu secara pasti, mohon maaf.

    ReplyDelete
  6. salam kenal bang budi, setuju sama artikel abang ttg incheon international airport....
    saya betah di sana, bahkan pas pesawat balik ke ind di delay saya malah happy cz bisa skalian jalan2 cuci mata hehehehehehe

    ReplyDelete
  7. Salam kenal juga Pak, tapi kok Anonymous, anyway terima kasih banyakj atas comment-nya

    ReplyDelete
  8. Assalamualaykum Pak, salam kenal :)
    saya mau nanya, kalau gochujang itu termasuk yg dihalalkan atau diharamkan untuk umat islam ya? Saya tertarik mencoba tteokbokki tapi ragu apa gochujangnya halal atau tidak, soalnya di label inggrisnya tertulis (contains 0.72% alcohol). Apakah alkoholnya ini muncul sebagai hasil fermentasi atau memang sengaja ditambahkan?
    terima kasih

    ReplyDelete
  9. Waalaikum salam Bu Pipit, mohon maaf saya belum tahu halal atau tidaknya, tapi menurut saya kalau Bu Pipit ragu-ragu, saya sarankan untuk tidak mencobanya. Tmks.

    Wass

    Setyo

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *