Monday, November 2, 2009

Mencoba KTX, Kereta Super Cepat di Korea

KTX - Korean Train ExpressSaya ingin sekali naik KTX (Korean Train Express) mumpung di Korea, yang terkenal sebagai kereta super cepat di Korea. Untuk menghemat biaya dan waktu, kami mengambil jalur terpendek yaitu Seoul Station ke Gwang Myeong. Biaya yang harus dikeluarkan sebesar 8.100 won atau setara 80 ribu rupiah untuk waktu kurang lebih 10 menit.

Tidak seperti subway, untuk kereta ktx ini, kita mendapatkan nomor tempat duduk. Sebelum naik kereta, saya sempatkan untuk menuju bagian depan gerbong, untuk foto. Karena yang membedakan dengan kereta di Indonesia, adalah lokonya yang didepan, gerbong=nya sih tidak jauh berbeda.


Begitu masuk gerbong suasanay tidak jauh berbeda dengan kereta argo anggrek Jakarta Surabaya, tetapi relative lebih bersih dan jauh lebih kedap suara.

KTX - Kereta Super Cepat Korea
KTX ini, sejatinya bisa mencapai kecepatan 300 km/jam. Tetapi sehubungan saya hanya naik jarak dekat dan masih dalam kota seoul, saya tidak sempat merasakan kecepatannya.
Sebagai perbandingan dengan menggunakan kereta biasa yaitu Saemaeul, seoul – busan ditempuh 4 jam 10 menit, dengan ktx ini hanya dapat ditempuh 2 jam 40 menit.

Di Dalam Gerbong Kereta KTX Korea
KTX melayani jalur antar kota di korea, hamper semua penjuru kota besar di lalui KTX ini. Untuk yang terjauh adalah seoul-Mokpo ditempuh dengan durasi waktu 3 jam 27 menit dengan tariff 40.500 won untuk hari senin-kamis, sedangkan untuk hari jum’at – minggu 43.300 won.







No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *