Monday, November 2, 2009

Seoul Metropolitan Subway, Tulang Punggung Transportasi di Kota Seoul

Seoul Metropolitan Subway
Sebelum naik subway, saya membeli ticket di mesin yang bentuknya seperti ATM, dengan layer sentuh. Pertama adalah menentukan tujuan, kemudian jumlah tiket yang dibeli, kemudian mesin akan menampilkan biaya yang harus dibayar. Silahkan masukan uang kertas maupun koin.

Kemudian tiket akan muncul, dan bila ada kembalian, uang koin segera muncul. Dengan tiket tersebut kita masuk ke dalam jalur pemberangkatan kereta. Perlu diperhatikan benar jalur yang akan kita naikin dan kota tujuan. Tidak sampai 10 menit kereta datang.

Di Dalam Kereta Subway Seoul
Di depan Gateway Seoul Metropolitan Subway

Begitu naik ke Subway, suasanya penuh sesak. Meskipun demikian kebersihan dan keamanan tetapi terjaga. Subway merupakan angkutan yang nyaman dan murah meriah, selain shuttle bus. Kebanyakan warga Seoul menggunakan Subway ini untuk kegiatan sehari-hari.

Petunjuk juga jelas, selain menggunakan bahasa korea juga bahasa inggris. Selain tulisan juga dengan suara. Sebelum sampai ke stasiun yang dituju, sebaiknya kita siap-siap didekat pintu. Karena kereta tidak lama singgah di suatu stasiun. Keluar stasiun, kita dapat mengambil kembali uang deposit dan sisa uang juga masih ada di mesin.

Seoul Metropolitan Subway ada sekitar 12 jalur atau line ke berbagai tujuan. Dan masing-masing line di titik temu atau transfer station.






2 comments :

  1. Bisa jadi acuan supaya Transportasi KRL di Jakarta bisa seperti ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah terwujud untuk LRT Cibubur - Cawang - Dukuh Atas, yang insyaallah mulai dibangun 17 Agustus 2015

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *