Sunday, December 27, 2009

Beli Durian Murah di Jl. Raya Juanda Sidoarjo

Durian Murah di Juanda SurabayaSudah seminggu ini, setiap pulang ke rumah saya melewati beberapa mobil bak terbuka yang berisi penuh buah durian berjajar di pinggir jalan raya juanda di sisi sebelah utara. Itu artinya musim durian telah tiba. Pedagang durian itu datang dari daerah sentra duruan Jawa Timur, yaitu Wonosalam Jombang, Kediri dan Trenggalek.

Beli durian di jalan Juanda sangat mengasyikan, selain harganya murah juga kita bisa memilih dan makan di tempat, bila kurang bagus kita bisa komplain dan diganti. Sore itu saya sama Alif (my son), mencoba beli durian, harga yang ditawarkan untuk durian sedang (seperti dalam picture) adalah Rp. 20 ribu, saya tawar Rp. 15 ribu dan diperbolehkan. Untuk yang kecil Rp. 10 ribu.


Saya makan dipinggir jalan, meskipun durian lokal, rasanya lumayan, tapi tidak sesuai dengan durian yang dijual di super market looh. Iseng-iseng saya search di Google dengan keyword durian, saya ingin tahu sejarah buah durian. Inilah hasilnya saya kutipkan dari wikipedia.


View Durian Juanda - Surabaya - Indonesia in a larger map

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "King of Fruit" (raja dari segala buah), dan durian adalah buah yang kontroversial. Meskipun banyak yang menyukainya, sebagian yang lain muak dengan aromanya.


Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Namun demikian, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bawah ini mengacu kepada D. zibethinus.


Terdapat banyak nama lokal. Nama terbanyak ditemukan di Kalimantan, yang mengacu pada berbagai varietas dan spesies yang berbeda. Durian di Jawa dikenal sebagai duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera dikenal sebagai durian dan duren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, orang Manado menyebutnya duriang, sementara orang Toraja duliang. Di Pulau Seram bagian timur disebut rulen.
Bila Anda mau ke Bandara Internasional Juanda, cobalah tidak lewat Tol Bandara, melainkan lewat Jl. Raya Juanda dari Aloha, nanti akan Anda temukan mobil bak terbuka yang jualan durian, silahkan mampir dan rasakan durian lokal Jawa Timur dengan harga murah.






4 comments :

  1. wagh...penyuka duren..tp kok saya jarang ketemu yah

    ReplyDelete
  2. Betul Pak Fredi, Kebetulan dekat rumah saya lokasi tersebut.

    ReplyDelete
  3. Kebetulan sy lagi butuh info durian. Kmrn keliling di kota sy skrg harganya 40rb-an. Wah ada lagi info yg lebih murah gak....???

    ReplyDelete
  4. Wah, kalau sekarang belum ada lagi yang jualan di raya juanda, soalnya belum musim xixixixi

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *