Wednesday, December 9, 2009

Indahnya Esplanade - Theatres on the Bay Singapore di Malam Hari

Esplanade SingaporeEsplanade - Theatres on the Bay sangat indah dilihat pada malam hari. Bentuknya seperti setengah buah durian. Esplanade terletak di antara Raffles Avenue dan Esplanade Drive, tepatnya di tepi Marina Bay di mulut Singapore River.

Esplanade - Theatres on the Bay adalah salah satu pusat seni tersibuk di dunia, dibuka resmi pada tanggal 12 Oktober 2002.


Esplanade yang orisinal dibangun di tahun 1943 dan merujuk pada taman yang kini terletak di atas tanah seluas 2,4 hektar di sepanjang Connaught Drive, di seberang City Hall. Di tahun 1985, dikembangkan sebuah Rencana Induk untuk membangun pusat seni di Singapura, dan Esplanade dipilih untuk menjadi lokasinya. Lokasi Esplanade yang orisinal dibangun ulang di tahun 1991, untuk memperkuat distrik pemerintahan, sedangkan reklamasi untuk pembangunan pusat seni juga mulai dilaksanakan.

Di tahun 1992, terpilih sebuah tim yang terdiri dari perusahaan lokal terkenal DP Architects (Singapura) dan Michael Wilford & Partners (Inggris) untuk memulai pekerjaan pembangunan pusat seni tersebut. Untuk mempertahankan keterkaitan antara masa lalu dan masa kini, pusat seni ini akhirnya dinamakan Esplanade - Theatres on the Bay.


View Esplanade - Theater on The Bay Singapore in a larger map

Esplanade terdiri dari dua ruangan besar: sebuah teater dengan 2.000 kursi dan Concert Hall dengan 1.600 kursi, dan dilengkapi dengan dua studio yang lebih kecil, sebuah teater luar ruang serta sebuah mal. Dua kubah yang menjadi lokasi Teater dan Concert Hall dirancang dengan bahan kaca, untuk memberi kesan terbuka. Agar pusat seni tetap dingin di suhu tropis, lebih dari 7.000 keping penahan matahari dari aluminium bersama dengan rangka penutup berlapis glazur ganda dipasang pada rangka penopang baja untuk membentuk penutup yang menjadikan pusat seni ini sebuah ikon arsitektur mempesona, di depan cakrawala kota Singapura. Penutup berbentuk duri itu akhirnya menjadi nama sebutan yang populer berdasarkan buah favorit masyarakat lokal, Durian.

Esplanade bertujuan untuk menjadi pusat seni pertunjukan bagi semua kalangan, dan program-programnya menjangkau ke ragam audiens yang luas. Susunan programnya mencakup segala genre, termasuk musik, tari, teater dan seni visual, dengan fokus khusus pada budaya Asia.







No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *