Sunday, December 13, 2009

Wisata ke Singapore Kurang Lengkap Bila Tidak ke Merlion Park

Merlion Park SingaporeTak lengkap rasanya bila berkunjung atau wisata ke Singapore, tanpa mengunjungi Merlion Park. Meskipun hari sudah malam, saya bersama beberapa teman berangkat juga dari hotel melihat Merlion.

Sejarah Merlion Singapore, asal muasalnya Merlion dirancang sebagai lambang Singapore Tourism Board (STB) di tahun 1964 – namun sang kepala singa dengan badan ikan di atas puncak ombak segera saja menjadi ikon Singapura bagi dunia.


Awalnya berlokasi di Merlion Park di tepi Esplanade Bridge, sang Merlion dan anaknya, “Cub” menjadi atraksi yang populer bagi wisatawan. Upacara pemasangannya berlangsung pada tanggal 15 September 1972, diresmikan oleh Perdana Menteri Singapura waktu itu, Mr. Lee Kuan Yew.

Saat ini, sang Merlion menempati rumahnya yang baru di samping one Fullerton, berjarak 120 meter saja dari lokasinya yang pertama.


View Merlion Park - Singapore in a larger map

Dengan ukuran tinggi 8,6 meter dan berbobot 70 ton, patung Merlion ini dibangun dari semen tuang oleh seniman Singapura, almarhum Mr. Lim Nang Seng. Patung Merlion kedua yang lebih kecil, berukuran tinggi dua meter dan berbobot tiga ton, juga dibangun oleh Mr. Lim. Bagian badannya terbuat dari semen tuang, kulitnya dari pelat porselen dan mata dari cangkir teh kecil berwarna merah.

Dirancang oleh Mr. Fraser Brunner, kurator di Van Kleef Aquarium, kepala singa melambangkan singa yang terlihat oleh Pangeran Sang Nila Utama saat ia menemukan kembali Singapura di tahun 11 M, seperti yang tercantum dalam “Sejarah Melayu”. Ekor ikan sang Merlion melambangkan kota kuno Temasek (berarti “laut” dalam bahasa Jawa), nama pertama Singapura sebelum sang Pangeran menamakannya “Singapura” (berarti “kota” (“pura” di bahasa Sansekerta) “singa”). Ekor ikan ini juga melambangkan awal Singapura yang sederhana, yaitu sebagai perkampungan nelayan.







No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *