Monday, January 25, 2010

Klinik Khitanan (Sunatan) Paramedika Bandung

Khitanan Farhan Alif Budianto di BandungAlhamdulillah khitanan anak saya, Farhan Alif Budianto (9,5 th), berjalanan dengan lancar di klinik khitanan (sunatan) Paramedika Bandung . Lega rasanya, kata anak saya tidak sakit dan bisa langsung menggunakan celana.

Prosesnya, sehari sebelumnya kami mendaftar di klinik yang terletak di Jl. Soekarno Hatta no. 111 Bandung tersebut. Ada dua pilihan yaitu yang biasa (layanan umum) dan yang VIP (layanan khusus). Untuk yang biasa dikenakan biaya Rp. 350 ribu. Sedangkan yang VIP, biayanya Rp. 850 ribu. Bedanya antara yang biasa dan VIP adalah masalah penanganan, obat, serta adanya ruangan khusus.

Untuk yang VIP, disediakan dua waktu yaitu pada pagi hari jam 06.00 - 07.00 dan siang hari jam 13.00 - 16.00. Kami pilih yang pagi hari. Keesokan harinya, setelah mandi dan sholat subuh, sesuai anjuran, Alif sarapan terlebih dahulu.

Sesampai di klinik, kami di antar ke Ruang VIP. Kemudian Dokter dan asisten yang menangani, memeriksa kondisi Alif terlebih dahulu. Setelah dinyatakan ok siap disunat, keluarga diminta menunggu di tempat menunggu.



Pusat Khitan Bandung

Ruang tunggunya cukup nyaman dan bersih. Di ruang tunggu tersebut, Dokter memberi penjelasan tentang obat yang harus diminum, obat tetes dan tatacara penanganan di rumah, dan diinformasikan juga 4 atau 5 hari setelah khitan, kami diminta balik lagi untuk membuka verband. Pelayanan yang sangat ramah dan profesional.


Alif Bersama Dokter dan Asisten
Kemudian Dokter masuk ke ruang khitan. Kurang lebih selama 20-30 menit kami menunggu. Alhamdulillah akhirnya selesai juga, kami lega karena proses khitan berjalan dengan lancar dan Alif terlihat senang.

Berikut ini, hal-hal penting tentang Khitanan atau Shunatan yang saya sarikan dari brosur Klinik Khitanan Paramedika Bandung.

Persiapan Sebelum Dikhitan

  • Anak dalam keadaan sehat, jika ada kelainan atau alergi terhadap obat sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke Dokter.
  • Anak dimandikan terlebih dahulu dan diberi sarapan pagi secukupnya.
  • Bersihkan dahulu kemaluan (penis) anak dengan menggunakan air hangat dan bila memungkinkan buka kuncupnya.

Alif Bersama Dokter setelah Khitan
Yang Perlu Diperhatikan Setelah Dikhitan

Apabila terjadi hal-hal sebagai berikut:

  • Pendarahan: keadaan ini dapat terjadi akibat kemaluan (penis) anak dalam keadaan ereksi (tegang) dan apabila pendarahan hanya merembes pada balutan verband maka hal ini tak perlu dikhawatirkan.
  • Alergi obat-obatan: adapun gejala dan tanda-tanda alergi suatu obat adalah gatal-gatal dan merah-merah pada kulit, bila alerginya berat bisa disertai kesulitan dalam bernafas (sesak nafas). Keadaan alergi obat dapat pula terjadi pada daerah luka khitan di mana penis anak terlihat membengkak.
  • Infeksi: luka khitan merupakan luka kecil, sehingga kemungkinan untuk terjadi infeksi sangat minimal terlebih bila lukanya masih berbalut verband. Adapun tanda dan gejala infeksi yaitu adanya panas badan tanpa gejala lain (batuk dan pilek), luka khitan bernanah dan berbau.
  • Tidak bisa kencing: keadaan ini biasanya terjadi karena anak merasa takut bila luka khitannya terkena air kencing. Verband yang terkena air kencing tidak perlu dikhawatirkan, jadi untuk mengatasi hal tersebut di atas anak dicoba dipaksa untuk buang air kencing.
  • Kepala penis atau verband terlihat kotor: keadaan ini terjadi akibat dari salah satu proses penyembuhan luka jadi tidak perlu dikhawatirkan selama luka khitan masih terbalut verband.


    View Klinik Khitanan Paramedika - Bandung - Indonesia in a larger map

Perawatan di Rumah

  • Perawatan di rumah menentukan kecepatan penyembuhan luka bekas khitan
  • Untuk menjaga kebersihan luka khitan, anak sebaiknya menggunakan celana pelindung luka dan digunakan selama di rumah maupun selama perawatan
  • Agar luka tidak mudah terkontaminasi kuman dari luar maka sebaiknya luka khitan tetap terbalut verband dan jangan terkena air (anak cukup diseka saja).
  • Teteskan obat yang telah disediakan sebanyak 8 tetes pada verband di ujung penis agar luka tetap basah dan diberikan setiap pagi dan sore hari.
  • Obat antibiotik dimakan 3x1 bungkus/capsul atau setiap 8 jam sehari dan harus dihabiskan, sedangkan obat penahan saklit diberikan bila perlu atau bila anak merasa sakit dan akan lebih baik sisakan satu tablet dan diminum 1 jam sebelum kontrol.
  • Sebaiknya alihkan perhatian anak dengan cara nonton televisi atau bermain video game atau bentuk permainan lainnya, agar pikiran anak tidak selalu terfokus pada lukanya.
  • Sebelum dikontrol/ganti verband di klinik pada hari ke 4 atau ke 5 setelah dikhitan, anak harus dimandikan sampai verband basah agar tidak lengket dengan luka.
Demikian, semoga sharing ini, membantu bagi Bapak atau Ibu yang akan meng-khitankan atau menyunat-kan putra tercintanya.






34 comments :

  1. terimakasih atas info yg sangat bermanfaat ini pak.

    ReplyDelete
  2. Trima kasih Pak Setyo..... atas publikasinya, mohon masukan dan kritik untuk memperbaiki pelayanan kami yang masih dirasa belum sempurna...

    salam...
    HUMAS Klinik Khitanan Paramedika Bandung.
    Bambang R (bangri10@yahoo.com)

    ReplyDelete
  3. Anak saya dikhitan di Klinik Paramedika hari Selasa tgl. 29 Juni 2010 jam 13.00, katanya tidak merasa sakit dan dia biasa2 saja seperti tidak terjadi apa2. Hanya saja selang 1 hari kemudian di dekat pangkal kepala penis ada pembengkakan berwarna kekuningan agak transparan. Kira2 kenapa ya Pak? Berbahayakah? Katanya sih tidak sakit, cuman anak saya melihatnya agak stress sedikit kayaknya. Besok pagi jadwalnya kontrol. Nuhun. Wass.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya itu karena oat bius yg disuntikan sdh hilang. itu gak apa2

      Delete
  4. Mudah-mudahan tidak apa-apa. Dan cepat segera sembuh.

    ReplyDelete
  5. As. ada cabangnya gak di Bogor ?

    ReplyDelete
  6. Cabang di Bogor tidak ada, yang ada di Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jkrtany dmn ya bis ksh alamtnyA dan no hpnya

      Delete
    2. Alamat Klinik Khitan Paramedika di Jakarta, berada di Bekasi, tepatnya di
      Ruko Niaga Kalimas Blok D No. 19
      Jati Mulia - Tambun Selatan, BEKASI
      telpon 021-88357845

      Delete
  7. Keponakan saya, kelas 6 SD, kebetulan agak gemuk, apa harus konsul dahulu?. Kalau cabang di Jakarta, boleh minta alamat dan nomer telp nya pak?

    ReplyDelete
  8. Alamat Klinik Khitan Paramedika di Jakarta, berada di Bekasi, tepatnya di
    Ruko Niaga Kalimas Blok D No. 19
    Jati Mulia - Tambun Selatan, BEKASI
    telpon 021-88357845

    ReplyDelete
  9. Adakah para cowok yg mau sunat tapi malas atau takut apapun alasannya ?
    Jika ada sekarang kalian semua baik Anak kecil,ABG,Remaja sampai Orangtua jangan repot-repot di sunat dgn potong Kulup(TiTit)kebanggaan kalian yg indah karena sangat kebetulan sobat lakiku ahli”permak”Kulup tanpa lukai apalagi potong Titit bertarif sangat murah bahkan dulu pernah ada pasien sangat miskin di tolongnya secara sukarela(bayar seikhlasnya atau Gratis).Jika kalian serius silakan minta info alamat email & No.HPnya via PM atau emailku: fransisca_verawaty@ceweq.com sambil sebutkan data kalian: Nama,alamat,Umur,No.HP,email(rahasia terjamin). Penawaran pada calon pasien”Permak”Kulup lebih di utamakan dari wilayah : Banten,Jabotabek,Cirebon,Bandung,Tasikmalaya,Semarang & Jogja.Berlaku bagi agama apapun

    ReplyDelete
  10. asalamualaikum wr...wb..
    mau tanya kalau usia yang sudah dewasa 46 tahun..mau mualaf bisadi sunat pakai laser di tempat bpak ?
    tolong penjelasannya..teimakasih

    ReplyDelete
  11. adakah cabang Kota Tasikmalaya tempatnya untuk sunat laser...dmn ?

    ReplyDelete
  12. Dewasa juga bisa sunat di Paramedika Bandung.

    ReplyDelete
  13. Kelihatannya Belem Ada Cabang Di Tasikmalaya

    ReplyDelete
  14. Keponakan sy umur 4th kmrn hr mggu tgl 8 apr 2013 d sunat d paramedika jam 12 siang krna pepengnya bengkak dan ada kotoran nah skrg kan udh hr kelima tp ttp ga mau d bw kontrol mgkn d krnakan trauma tp pepengnya skrg ujungnya luka sprti garukan pdhl smnjak disunat dia ga begerak krna takut dan perban pun ttp menempel rapi . Mnrt dokter gmn itu dok ? Mksh prhtiannya .

    ReplyDelete
  15. Mohon maaf Bu, bisa minta tolong hubungi langsung Paramedika. Tmks

    ReplyDelete
  16. asslm....maaf pak anak sy usia 8 th tp slalu takut untuk di khitan,kl sy paksakan dan lgsg sy bw ke klinik bpk apa bs pak ? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam, mohon maaf, mohon bisa menghubungi langsung di nomor 022-6016666

      Delete
  17. Assalamualaikum pak setyo...
    saya mau tanya wkt anak bpk dikhitan usia brp thn dan berat badannya brp?
    karena kemaren anak sy tdk bs di khitan karena BB 50 kg usia 9 thn kondisi penis kecil jd dr paramedika kami di rujuk untuk terapi hormon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul waktu itu anak saya umur 10 tahun, beratnya saya lupa, tapi waktu itu dokternya bilang diambang batas obesitas, namun masih bisa dikhitan langsung. Wass

      Delete
  18. jadawal buka nya hari apa aja pak? metode nya apa aja apakah vip dgn reguler beda metodenya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap hari buka, metode biasa (bukan laser), bedanya antara yang biasa dan VIP adalah masalah penanganan, obat, serta adanya ruangan khusus.

      Delete
  19. Assalamu'alaikum pa...saya mau tnya klo hri minggu buka gk? Soalnya anak saya mau d khitan minggu ini

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum,maaf mau tanya .saya rencana mau sunat anak saya dan usianya masih 3thn kurang 2 bulan .kira2 bisa pa ?

    ReplyDelete
  21. Pa setyo ..Saya Mau Tanya kalau setelah lebaran prakteknya buka ngga pa??soalnya rencananya anak Saya di khitan satu minggu setelah lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memastikan, mohon dapat konfirmasi ke nomor telpon (022) 6016448.
      Tmks

      Delete
  22. Selamat pagi pak Setyo Budianto... Saya mau tanya anak sya umur 5 thn... Kemarin di saluran kencingnya keluar cairan putih kaya nanah ghitu.. Karna panik saya cepet bawa ke rs yg ada di daerah kmi... Trus infonya hrs cepet di sunat... Yg ingin kami tanyakan.. Tindakan yg lebih tepat itu apa ya pak.. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf Bu, saya bukan dokter, mohon dapat konsultasi ke dokter lainnya untuk second opinion.

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *