Monday, January 25, 2010

Mencari Masjid di Sydney


Selama di Sydney, susah sekali untuk menemukan Masjid, beberapa orang yang saya tanya tentang Masjid, kebanyakan tidak tahu. Akhirnya saya menemukan Masjid, tetapi memang bentuknya tidak seperti Masjid, seperti rumah biasa.

Hasil surfing saya di Internet, saya menemukan website Majalah Al Hijrah. Majalah Al Hijrah adalah Media Silaturahmi dan Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Centre for Islamic Dakwah and Education (CIDE), New South Wales, Australia.

Menurut Al Hijrah, Di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang jauh dari nilai-nilai Islam, Muslim di Australia berusaha mempertahankan akidahnya sekuat mungkin. Cukup banyak usaha yang dilakukan secara perorangan maupun berjamaah untuk menjaga akidah mereka, beberapa contoh kegiatan yang dilakukan secara berjamaah antara lain adalah membuat kelompok-kelompok pengajian (majelis taklim), mendirikan bangunan Masjid untuk dijadikan sebagai pusat kegiatan peribadatan serta aktifitas lainnya, mendirikan sekolah-sekolah Muslim, membentuk organisasi-organisasi Islam, dan lain sebagainya.

Salah satu yang terpenting adalah Masjid, dimana Masjid ini selain sebagai tempat sarana ibadah, juga dipergunakan untuk berbagai kegiatan yang dimaksudkan untuk mempertebal keimanan dan pengetahuan Islam bagi Muslim yang ada di Australia, seperti pengajian rutin atau pelajaran mengaji.

Menurut data yang ada di Australia terdapat lebih dari 85 Masjid dan sekitar 50 Musolah (tempat sholat).






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *