Saturday, January 16, 2010

Nasi Pecel Madiun Yu Gembrot Muantep Tenan

Nasi Pecel Yu Gembrot MadiunPagi itu, pukul setengah enam, saya bersama beberapa teman meluncur dari Hotel Merdeka di Jalan Pahlawan Madiun, menuju ke Kantor Telkom Madiun yang terletak di Jalan Pandjaitan untuk main tenis.

Lumayan berkeringat, saya main dua kali, kalah sekali dan menang sekali. Lawan yang kedua cukup berat juga, mainnya spin terus, dan penempatan bolanya bagus, sehingga membuat saya pontang panting.


Ini yang ditunggu, sehabis main tenis, kami meluncur ke Pasar Besi di Jalan Imam Bonjol. Tujuannya adalah sarapan pagi dengan nasi pecel Yu Gembrot. Info dari teman yang di Madiun, bahwa nasi pecel tersebut paling terkenal di Madiun dan paling laris.

Betul juga, sampai di sana sudah banyak pembeli yang sarapan. Tempat nasi pecel tidak menggunakan piring, melainkan menggunakan daun pisang alias pincuk, ini yang membuat tambah sedap. Untuk laukknya menggunakan daging, ditambah dengan kripik tempe dan krupuk uli, wah luar biasa muantep tenan.


View Madiun - Indonesia in a larger map

Harganya juga lumayan murah, bila kita pesen pecel tanpa lauk, hanya 4 ribu rupiah, bila ditambah dengan daging menjadi Rp. 8 ribu. Untuk minumannya ada teh panas, es teh, es jeruk.

Berikut adalah sejarah dan catatan tentang nasi pecel, yang saya kutip dari wikipedia,

Pecel adalah makanan khas Kota Madiun Jawa Timur Indonesia yang terbuat dari rebusan sayuran berupa bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) atau sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal pecel. Konsep hidangan pecel ada kemiripan dengan salad bagi orang Eropa, yakni sayuran segar yang disiram topping mayonaise. Cuma untuk pecel toppingnya sambal pecel.


Bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah dan cabe rawit yang dicampur dengan bahan lainnya seperti daun jeruk purut, bawang, asam jawa, merica dan garam. Pecel sering juga dihidangkan dengan rempeyek kacang, rempeyek udang atau lempeng beras. Selain itu pecel juga biasanya disajikan dengan nasi putih yang hangat ditambah daging ayam atau jerohan.


Cara penyajian bisa dalam piring atau dalam daun yang dilipat yang disebut pincuk. Masakan ini mirip dengan gado-gado, walau ada perbedaan dalam bahan-bahan yang digunakan. Rasa pecel yang pedas menyengat menjadi ciri khas dari masakan ini.

Saya memperoleh informasi, bahwa Nasi Pecel Yu Gembrot memperoleh penghargaan sebagai The best Nasi Pecel in Madiun, juara 2 kali berturut-turut festival makanan khas Jatim. So, bila ada kesempatan ke Madiun, silahkan coba.







2 comments :

  1. memang benar pak, pecel yang paling enak memang dari kota madiun yang juga kampung halaman nenek saya :)

    ReplyDelete
  2. Betul, sekarang pecel madiun sudah menasional, bahkan mungkin sudah mendunia, saya denger presiden AS Obama mau coba pecel Madiun nanti kalau berkunjung ke Indonesia xixixi

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *