Monday, February 15, 2010

Beli Baju Batik Solo Danar Hadi

Batik Solo Danar HadiBaju Batik Solo, itu yang akan kami belikan untuk anak saya Alif. Dia saat ini belum punya baju batik yang cukup untuk ukuran badannya, karena baju batik sebelumnya sudah tidak muat lagi, sudah kekecilan.

Kami meluncur ke Jalan Diponegoro Surabaya, tepatnya ke Rumah Batik Danar Hadi. Ini adalah salah satu cabang Rumah Batik Danar Hadi. Kantor pusatnya ada di Jalan Slamet Riyadi no. 261 Surakarta. Selain di Surabaya juga membuka cabang di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Medan.


Rumah Batik Danar Hadi menyediakan berbagai jenis batik, antara lain:
- Batik Tulis
- Batik Cap
- Batik Printing
- Batik Kombinasi
Harganya pun sangat bervariasi mulai ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah.

Untuk melengkapi tulisan ini, berikut saya sarikan sejarah Batik dari wikipedia. Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa: "amba", yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik".

Walaupun kata "batik" berasal dari bahasa Jawa, kehadiran batik di Jawa sendiri tidaklah tercatat. G.P. Rouffaer berpendapat bahwa tehnik batik ini kemungkinan diperkenalkan dari India atau Srilangka pada abad ke-6 atau ke-7. Di sisi lain, J.L.A. Brandes (arkeolog Belanda) dan F.A. Sutjipto (arkeolog Indonesia) percaya bahwa tradisi batik adalah asli dari daerah seperti Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua. Perlu dicatat bahwa wilayah tersebut bukanlah area yang dipengaruhi oleh Hinduisme tetapi diketahui memiliki tradisi kuna membuat batik.

G.P. Rouffaer juga melaporkan bahwa pola gringsing sudah dikenal sejak abad ke-12 di Kediri, Jawa Timur. Dia menyimpulkan bahwa pola seperti ini hanya bisa dibentuk dengan menggunakan alat canting, sehingga ia berpendapat bahwa canting ditemukan di Jawa pada masa sekitar itu.

Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta. Batik Cirebon bermotif mahluk laut.


View Batik Solo Danar Hadi Surabaya - Indonesia in a larger map

Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.







No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *