Kiswah Kakbah Masjidil Haram

Kakbah Masjidil HaramSungguh indah memandang Kakbah yang berselimut Kiswah. Kiswah tergantung dari atap sampai ke kaki, diikatkan pada gelang-gelangan tembaga agar tidak mudah dijangkau tangan usil yang hendak menyobek atau menyanyat kain kiswah untuk dijadikan "jimat". Lipatan Kiswah itu dilapisi kain putih sebagai tanda bahwa Kiswah Kakbah dalam keadaan Ihram.

Pada tanggal 10 Dzulhijah, ketika jama'ah haji wukuf dan berada di Mina, Kiswah diganti dengan yang baru. Pada Kiswah, selain motif-motif kembang terdapat juga sulaman kaligrafi Kalimat Syahadat:


"Allah Jalla Jalalh, La ilaha illallah,Muhammad Rasulullah"
Artinya:
"Allah Maha Agung, tiada Tuhan selain Allah, Muhammad itu Pesuruh Allah".

Kiswah berukuran 658 meter persegi itu terbuat dari 670 kg sutera dan 150 kg benang emas serta perak untuk menyulam ayat-ayat Al-qur'an di atas sutera itu. Termasuk untuk menyulam kain yang menutupi pintu Kakbah atau dikenal dengan Burqa sepanjang 6,5 meter dan lebar 3 meter.

Kiswah Kakbah Masjidil Haram Mekah
Penutuk Kakbah sepanjang tahun itu dibuat oleh pabrik khusus yang didirikan di Makkah oleh Raja Abdul Aziz sekitar 70 tahun lalu. Seluruhnya menghabiskan dana 20 juta riyal atau sekitar USD 5 juta.

Kiswah Kakbah diganti dua kali tiap tahun. Yaitu, pada bulan Syakban (sebulan menjelang Ramadan) dan Dzulhijah. Kiswah juga dicuci dua kali setahun dengan air Zamzam dan diberi parfum oud.

Comments