Saturday, February 20, 2010

Mekah - Kota Pertama dan Tertua di Dunia

Kota Mekah Kota Pertama Di Dunia
Selama di Mekah, saya bersama Farida Amalia, istri saya tinggal di hotel Grand Tower Zamzam. Kebetulan saya mendapat kamar di lantai 10 dan tidak terhalang gedung lain, sehingga bisa memandang Kabah di Masjidil Haram dan sebagian kota Mekah.

Mekah adalah kota yang pertama kali ada di muka bumi, karena di sinilah manusia pertama Nabi Adam diturunkan dan hidup bersama pasangannya Siti Hawa. Dari sinilah keturunan anak manuisa itu berkembang ke segala penjuru dunia.

Kota Mekah Dilihat dari Hotel Grand Tower Zamzam
Pemandangan Kota Mekah
Ketika Nabi Adam pertama kali tinggal di sini. Beliau minta kepada Allah agar diselamatkan dari godaan iblis yang telah mencelakakannya di surga. Do'a Adam terkabul, kemudian para Malaikat turun ke bumi mengelilingi tempat Nabi Adam untuk menjaga agar iblis tidak dapat mencapainya, lantas tempat para Malaikat berjaga itulah yang kemudian menjadi batas Tanah Haram.

Tanah Haram Mekah sampai tahun 8 H (623 M) masih boleh ditempati atau dikunjungi oleh orang-orang Nasrani, Yahudi dan non muslim lainnya. Tetapi karena orang-orang kafir banyak melakukan tindakan-tindakan munafik, ingkar janji dan memusuhi serta menodai syiar Islam maka pada tahun 9H berdasarkan firman Allah SWT mereka sama sekali dilarang masuk Mekah. Firman Allah tersebut terdapat di surat At Taubah ayat 28 yang bunyinya:

"Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidil Haram sesudah tahun ini (9H)."


Kota Mekah akan terus berkembang menjadi amat besar sekali pada hari-hari mendatang, namun Tanah Haram atau Tanah Suci Mekah tidak akan ikut berkembang karena batasnya sudah ditetapkan yaitu dari:
- Arah utara Masjid Al-Ahram +/- 7 km
- Arah selatan +/- 13 km
- Arah barat +/- 25 km

Di sinilah Ka'bah dan Masjidil Al-haram ditempatkan oleh Allah, di sini pula Adam dan Hawa dipertemukan dan yang lebih penting lagi, di sini pula hewan buruan tidak boleh diburu, pepohonan tidak boleh dirusak, tanah dan batunya tidak boleh dibawa keluar dan orang non muslim tidak boleh masuk.

Mekah terletak kira-kira 330 m di atas permukaan laut ini, menempati sebuah lembah kering yang dikelilingi gunung-gunung karang yang tandus. Jarak beberapa kota dari kota Mekah
- Jeddah : 74 km
- Thaif : 80 km
- Madinah : 398 km
- Riyadh : 990 km

Pada bulan Juli dan Agustus suhu di kota ini sangat panas sampai 54 derajat cesius dan pada bulan Desember dan Januari sangat dingin sampai 10 derajat celsius, serta sepanjang tahun sangat jarang turun hujan.







No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *