Friday, April 2, 2010

Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Surabaya

Photo dan Wawancara di Imigrasi Surabaya
Paspor saya habis masa berlakunya bulan Juni 2010, sedangkan paspor punya istri dan anak saya malah sudah habis tahun lalu, maka sekalian kami sekeluarga melakukan pengurusan atau penggantian paspor.

Kantor imigrasi terletak di Jl. Jend. S. Parman No. 58/A Waru, Sidoarjo. Kalau dari arah Sidoarjo ada di sebelah kiri sebelum jembatan layang Waru. Kalau dari arah bundaran Waru, harus putar arah di Aloha.

Pagi itu, jam delapan, kami sudah sampai di depan gerbang kantor Imigrasi, parkirannya sudah penuh, untung ada tempat kosong dekat tempat parkir sepeda motor, kami di suruh parkir di situ oleh tukang parkir.

Kami menuju tempat informasi untuk mengambil formulir perfmohonan paspor RI, kami ambil tiga untuk saya, istri dan anak. Setelah itu menuju Koperasi Imigrasi dan tempat Photo Copy untuk membeli
  • Map dokumen dan plastik pembungkus buku paspor dengan harga Rp. 12.000;
  • Surat pernyataan orang tua untuk pengurusan paspor anak Rp. 7.000;
  • Materai untuk surat pernyataan Rp. 6.000;

Dokumen-dokumen yang harus disiapkan sebelum diserahkan ke petugas adalah:
  • Formulir permohonan paspor RI
  • Berkas asli dan foto kopi identitas diri, antara lain:
    • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
    • Akte Kelahiran (KK) dan atau Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah
    • Surat Kawin/Akte Nikah bagi yang telah menikah;
  • Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI;
  • Rekomendasi tertulis dari atasan atau pimpinan bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, karyawan BUMN, TNI/Polri atau Karyawan Swasta;

Untuk anak di bawah umur, dokumen yang harus dilengkapi adalah:
  • Formulir permohonan paspor RI
  • Berkas asli dan fotokopi identitas diri, antara lain:
    • Akte lahir
    • KTP orang Tua
    • Kartu Keluarga
    • STTB/Ijazah, atau Akte Lahir Orang Tua
    • Surat Kawin/Nikah Orang Tua
    • Foto Kopi Paspor Orang Tua yang masih berlaku
  • Paspor RI yang lama bagi pemohon penggantian paspor RI;
  • Melampirkan surat pernyataan tertulis materai Rp 6000 dari Orang Tua

Setelah dokumen diperiksa dan dinyatakan benar oleh petugas, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Kebetulan hari itu saya lupa membawa surat rekomendasi dari atasan, sehingga baru keesokan harinya kami melakukan pembayaran.


View Kantor Imigrasi Surabaya in a larger map

Biaya-nya adalah sebesar Rp. 270.000; Biaya tersebut sama bagi pengurusan paspor baru maupun penggantian paspor. Rincian sebagai berikut:
  • Tarif SPRI Rp. 200.000;
  • Tarif TI Rp. 55.000;
  • Tarif sidik jari Rp. 15.000;

Langkah terakhir adalah sesi Photo dan wawancara. Untuk di kantor Imigrasi Surabaya dilakukan di dalam ruang yang sama. Setelah photo, maka menunggu antrian untuk dipanggil wawancara. Yang ditanayakan pada saat wawancara adalah untuk cek nama, alamat, tanggal lahir, histori perjalanan ke luar negeri jika pernah dan surat rekomendasi atasan.

Akhirnya selesai sudah pembuatan paspor, paspor bisa diambil 1 minggu kemudian.


222 comments :

  1. wah informasi yang luar biasa pak, saya semakin termotivasi bisa seperti bapak :)

    ReplyDelete
  2. info yg bermanfaat pak, trmksh :)

    ReplyDelete
  3. Wah 1 minggu baru jadi ya pak? Ga bisa dipercepat???

    ReplyDelete
  4. saya perna bermasala pada pasprt ku di karnakan passport hilang .... waktu di negeri malaysia,akhirnya q plang lewat jalor ilegal.
    pertayaan saya apakah sy bisa buat pass baru lgi dan adakah resiko saat masuk migresi malaysia....?

    ReplyDelete
  5. Maaf saya kurang tahu secara pasti. Saya sarankankan untuk ditanyakan ke bagian informasi di kantor imigrasi. Pengalaman kemarin, petugas informasi di di Kantor Imigrasi Surabaya sangat ramah dan sangat membantu.

    ReplyDelete
  6. brp jam yg diperlukan utk mengurus paspor? tks..

    ReplyDelete
  7. saya sarankan datang sebelum jam 8 pagi, karena bisa dapat antrian awal, kalau datang agak siang kemungkinan antriannya sudah menumpuk.

    Pengalaman saya, bila datang pagi, proses administrasi pembuatan passport selesai jam 10-11 siang. Dan Passport bisa diambil minggu depannya.

    ReplyDelete
  8. Mas,
    "Rekomendasi tertulis dari atasan atau pimpinan bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, karyawan BUMN, TNI/Polri atau Karyawan Swasta"

    Surat rekomendasi ini wajib ya?

    ReplyDelete
  9. Betul Pak Yudhi, wajib ada surat rekomendasi tertulisa dari atasan. Tmks

    ReplyDelete
  10. halaman passpor saya sudah habis saya rencana akan buat besok lusa kalau saya bawa STTB saja bukan IJAZAH boleh gak pak?thank's

    ReplyDelete
  11. Wah hebat, sering ke luar negeri yaaa :-) samapai halaman passport-nya habis. Kalau sudah pernah punya passport, bawa STTB kemungkinan boleh. Tmks

    ReplyDelete
  12. "Akte Kelahiran (KK) dan atau Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah"

    itu mutlak harus bawa akte lahir/kartu keluarga atau bsia ijazah saja Pak?
    Trims.

    ReplyDelete
  13. Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan STTB atau Ijazah adalah wajib.

    Untuk anak yang belum punya STTB/Ijazah melampirkan akte lahir orang tua.

    Tmks

    ReplyDelete
  14. Dan itu harus menunjukkan yg asli juga Pak? atau cukup fotokopi saja?
    Trims.

    ReplyDelete
  15. Yang asli dibawa, tapi yang dikumpulkan yang foto copy. Nanti pada saat pemeriksaan dokumen, kita diminta untuk menunjukan yang asli. Tmks

    ReplyDelete
  16. Seprtinya bagus imigrasi waru dibnding Tanjung Perak.
    Saya baru menguruskan paspor teman, masuk berkas tgl 3/11'10 foto tgl 5/11'10 dan paspor baru bisa diambil tgl 18/11'10. (Hitung aja berapa hari itu)

    Kalo rekan kerja teman saya itu ngurus di waru tanpa calo, foto tgl 3/11'10 seninnya (8/11'10) paspor sudah bisa diambil.
    Kok selisih harinya banyak amat.

    Smg ini bisa jd rekomendasi rekan2 yg mo ngurus paspor.

    ReplyDelete
  17. Betul pak Sugeng, pengalaman sendiri (diuruskan perusahaan sih) total waktu dari pendaftaran s/d jadi butuh waktu sekitar 2 minggu.

    Mau nanya, kalau ambil formulir di Tanjung Perak terus pengurusan di Waru apa bisa?
    Untuk Anak Istri yang gak kerja apa juga wajib pakai rekomendasi dari atasan?

    ReplyDelete
  18. Pengambilan formulir di perak dan diurus diperak saya kira kemungkinannya bisa pak.

    Untuk istri dan anak yang tidak bekerja, tidak perlu rekomendasi pak.

    Tmks

    ReplyDelete
  19. saya mau tanya klo saya warganegara indonesia,apakah bisa memiliki pasport inggris?saya jg mau tnya bisa ga ya sya mnta tlg di cek kan no passport ini: XX5666844?itu no passport asli atau palsu?thanks,tlg kabari saya di fienny_pa@yahoo.com A.S.A.P

    ReplyDelete
  20. Kalau warga negara Indonesia, tidak bisa memiliki passport inggris,kalau visa bisa.

    Mohon maaf, saya tidak tahu untuk membedakan passport asli atau palsu.

    Tmks

    ReplyDelete
  21. "Rekomendasi tertulis dari atasan atau pimpinan bagi mereka yang bekerja sebagai PNS, karyawan BUMN, TNI/Polri atau Karyawan Swasta" itu wajib ada meskipun perjalanan bukan tugas dari dinas? seperti umroh?
    trmksh

    ReplyDelete
  22. Betul, wajib ada meskipun perjalanan bukan tugas dinas.

    ReplyDelete
  23. saya sangat kecewa ..petugas pewancara semua ramah2..ada 1 org bernama tomas.gak punya etika dlm wawancra..mgkin dia gak pernah diajri sopan santun sebagai pelayan publik.

    ReplyDelete
  24. Terima kasih informasinya, semoga menjadi perhatian pihak Imigrasi Waru Surabaya, agar lebih meningkatkan pelayanan yang lebih simpati kepada masyarakat.

    ReplyDelete
  25. Pak mau tanya, kalo sudah menikah tapi KK belum jadi satu alias masih misah di masing2 ortu, kira2 nanti bermasalah gak ya saat permohonan paspor? Tks

    ReplyDelete
  26. Sepengetahuan saya bisa Pak, tapi waktu ke kantor imigrasi KK asli masing-masing dibawa. Tmks

    ReplyDelete
  27. Maaf saya mo tya, surat rekom dari atasan itu isinya mengenai apa ya pak ?
    thanks atas infonya.

    ReplyDelete
  28. Surat rekomendasi dari atasan, isinya bahwa kita benar-benar akan bepergian ke luar negeri dan sepengetahuan atasan kita, contohnya sbb:

    -------
    No Surat : XXXX/XXXX/2010

    Surabaya, 12 Desember 2010

    Kepada yth.
    Bapak KEPALA KANTOR IMIGRASI Klas I Khusus Surabaya
    Jl. Jend. S Parman 58A Waru
    Sidoarjo


    Perihal : Permohonan Passport


    Dengan hormat,
    Kami informasikan bahwa, pegawai sebagai berikut :
    Nama : ........................
    NIP : ............
    Lokasi Kerja : ....................

    akan melakukan perjalanan dinas ke Singapura dalam waktu dekat.

    Untuk itu kami mohon bantuan Bapak untuk membantu pengurusan passport pegawai yang dimaksud.


    Hormat kami,



    .....................
    KEPALA KANTOR

    ReplyDelete
  29. Thanks, jawabannya. Saya mo tya lagi, apa surat rekom dari atasan itu perlu ? (walaupun dalam hal ini tujuan kita hanya untuk jalan-2). Thanks

    ReplyDelete
  30. Walaupun tujuan kita jalan-jalan, surat rekomendasi dari atasan tetap diperlukan. Tmks

    ReplyDelete
  31. info dari teman pengurusan paspor harus sesuai KTP ya benarkah ini pak? atau sudah berlaku diseluruh wilayah indonesia.karena KTP asal malang dan domisili sekarang kuliah di surabaya.

    ReplyDelete
  32. tolong buatkan surat keterangan ijin orang tua untuk pembuatan pasport. bahwa orangtua telah mengetahui dan mengijinkan saya pergi ke luarnegri. tolong ya. cz paspor baru jadi lum tau cara bikin surat ket yang kaya gini.. di tunggu balasannya ya

    ReplyDelete
  33. Saya belum pernah mencoba, membuat paspor diluar wilayah ktp saya. Namun dari informasi dari imigrasi, bahwa diperboilehkan membuat paspor dimana saja,

    "Paspor dapat dibuat dimana saja tanpa melihat domisili pemohon berdasarkan Pasal 12 ayat 2 Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No. M.08-IZ.03.10 Tahun 2006 tentang Perubahan Keempat atas Keputusan Menteri Kehakiman Republik Indonesia No. M.01-IZ.03.10 Tahun 1995 tentang Paspor Biasa, Paspor untuk Orang Asing, Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk Warga Negara Indonesia dan Surat Perjalanan Laksana Paspor untuk Orang Asing."

    Semoga membantu

    ReplyDelete
  34. Kalau tahun 2011 January biaya pengurusan Passportnya disesuaikan jadi berapa ya?? Thanks ^_^

    ReplyDelete
  35. pak,
    surat rekomendasinya bisa disertakan menyusul ya ?

    mas Asri

    ReplyDelete
  36. Contoh surat ijin orang tua:

    Surabaya, 12 Desember 2010

    Kepada yth.
    Bapak KEPALA KANTOR IMIGRASI Klas I Khusus Surabaya
    Jl. Jend. S Parman 58A Waru
    Sidoarjo


    Perihal : Permohonan Passport


    Dengan hormat,
    Kami informasikan bahwa, anak kami berikut :
    Nama : ........................
    Tanggal Lahir : ............
    Alamat : ....................

    akan melakukan perjalanan luar negeri ke Singapura dalam waktu dekat.

    Untuk itu kami mohon bantuan Bapak untuk membantu pengurusan passport anak kami tersebut.


    Hormat kami,



    .....................
    ORANG TUA

    ReplyDelete
  37. Informasi yang saya dapatkan, pernyataan dari Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, bahwa Tahun 2011 masih ada pilihan, masyarakat yang ingin pakai (parpor) yang Rp270.000 masih bisa. Yang ingin pakai e-pasport yang harganya sekitar Rp600 ribuan juga bisa.

    ReplyDelete
  38. @Mas Aris: surat rekomendasi bagi karyawan dari atasannya wajib dibawa. Tmks

    ReplyDelete
  39. Akte kelahiran saya hilang, tapi masih ada copynya. sebagai penguat ada ijazah asli dan buku nikah asli. boleh ga pak ? Tq

    ReplyDelete
  40. Kemungkinan nggak boleh. Tapi dicoba dulu aja. Tmks

    ReplyDelete
  41. 5 tahun lalu saya buat passport mengharuskan kartu keluarga juga. nah apa perlu kalau perpanjang juga bawa kartu keluarga?
    beberapa info mengatakan harus pakai Kartu Keluarga tapi melihat ketentuannya sudah tidak perlu lagi ya?

    ReplyDelete
  42. Untuk perpanjangan paspor tetap diperlukan Kartu Keluarga. Tmks

    ReplyDelete
  43. wah kalau lg diluar kota jadi tidak bisa buat ya.. krn kartu keluarganya di ortu. :-S sy hanya punya foto copynya saja.
    Thanks anyway

    ReplyDelete
  44. aku perlu bikin paspor, tapi masih belum 17 nih. boleh ga bikin paspor tanpa paspor orang tua? trus itu STTB maksudnya STTB orang tua atau kita sendiri? ga mesti STTB yg terakhir didapet kan? maksudnya kalopun lulusan kuliah, boleh ga pake STTB SMP? makasih..

    ReplyDelete
  45. Untuk dibawah umur (17 th), harus ada foto copy paspor orang tua yang masih berlaku. STTB sendiri atau akte lahir orang tua. Lebig baik STTB terakhir.
    Tmks

    ReplyDelete
  46. pak setyo, saya mau buat paspor, selama ini belum pernah punya paspor.....apakah benar prosedur yang harus dilewati hanya 1 hari, krn ada cerita bahwa untuk foto dan sidik jari harus kembali ke kantor imigrasi di hari lain.....terima kasih sebelumnya....

    ReplyDelete
  47. Betul, untuk pembuatan paspor prosedur yang dilakukan hanya satu hari, bila semua perlengkapan dokumen lengkap dan waktu antrian untuk photo dan wawancara mencukupi.

    Pengalaman saya, biasanya, sidik jari, photo dan wawancara dilakukan pada 2-4 hari kemudian.

    Papor akan jadi, 2-3 hari setelah wawancara.

    Jadi total sampai paspor selesai dan diterima kurang lebih satu minggu.

    ReplyDelete
  48. Pak Setyo, apa boleh saya minta tolong untuk dibuatkan contoh surat permohonan ke atasan (saya cpns)untuk dibuatkan surat rekomendasi pengurusan paspor ? saya agak kesulitan dengan kata-katanya. terima kasih banyak

    ReplyDelete
  49. Berikut salah satu contohnya:
    No Surat : XXXX/XXXX/2010

    Surabaya, 12 Desember 2010

    Kepada yth.
    Bapak KEPALA KANTOR IMIGRASI Klas I Khusus Surabaya
    Jl. Jend. S Parman 58A Waru
    Sidoarjo


    Perihal : Permohonan Passport


    Dengan hormat,
    Kami informasikan bahwa, pegawai sebagai berikut :
    Nama : ........................
    NIP : ............
    Lokasi Kerja : ....................

    akan melakukan perjalanan dinas ke Singapura dalam waktu dekat.

    Untuk itu kami mohon bantuan Bapak untuk membantu pengurusan passport pegawai yang dimaksud.


    Hormat kami,



    .....................
    KEPALA KANTOR

    ReplyDelete
  50. oh ya pa saya mo urus paspor kerja ke inggris.

    saya baru lulus dan ketrima kontrak kerja di inggris.

    kira" apa aja persyaratan administrasi yang saya yang perlu saya siapkan dan bagaimana prosedurnya??

    ReplyDelete
  51. Untuk persyaratan paspor-nya sama dengan yang lain, cuman untuk permintaan VISA-nya tujuannya adalah bekerja.

    ReplyDelete
  52. Bapak baik sekali mau berbagi informasi penting ini. Terima kasih

    Fauzan Djunaidi

    ReplyDelete
  53. terimakasih informasinya..
    sangat berguna bagi saya yang baru mau akan bikin paspor..

    terimakasih sekali lagi..

    ReplyDelete
  54. pak mau tanyak, kalo mo bikin paspor tapi kita masih kuliah jadi semacam mau ikut pertukaran pelajar keluar negeri.itu pakek surat dari atasan p gak?kalo iya dr siapa?apakah dosen ato siapa?thanks...,

    ReplyDelete
  55. Pakai, dari Dosen atau Bagian Administrasi

    ReplyDelete
  56. pengen sharing aja...saya br saja mengurus paspor rusak di imigrasi tanj.perak....petugasnya di bagian BAP lelet,ga jelas gitu,mgkin krn saya menggunakan "alur yg benar" kali yaa,tanpa memberi dia sepeser pun..saat mengurus BAP,saya sudah standby di depan mejanya,malah ditingal ngobrol,tidur,hhmm...beda bgt saat dia melayani para calo lainnya..setelah BAP selesai,saya menyerahkan KK+akte lahir asli,lalu saya minta tanda terima,tp kt beliau berkas di dia pasti aman,dgn nada yg tidak enak..y sudah saya pasrah saja,tp apa emang seperti itu ya??..kalo smpe akhir bulan ini tidak ada kabar,tampaknya saya akan menggunakan jasa calo.. T_T

    ReplyDelete
  57. Wah,informasinya lengkap sekali Pak. Saya jg mau mengurus pasport dlm wkt dekat ini. Unt STTB itu apa yg terakhir saja atau lengkap dr jenjang pendidikan yg pertama ya? Dan pasport unt orang tua apa ada batasan umur? Tkasi sblmnya atas infonya..

    ReplyDelete
  58. STTB terakhir saja. Batasan umur untuk orang tua tidak ada. tmks

    ReplyDelete
  59. thx...infonya,karena saya baru pertama kali ini mau bikin paspor. jadi bisa prepare segala sesuatunya sebelum bikin paspor.

    ReplyDelete
  60. MOHON INFO PAK...
    SAYA INGIN BUAT PASPORT BARU KRN MEMANG BELUM PERNAH PUNYA...TP YG JD PERSOALAN ADALAH KARTU KELUARGA ( KK )N AKTE KELAHIRAN HILANG..
    YG ADA : KTP, SURAT NIKAH, IJASAH.
    KL SPRTI ITU BS GAK YA PAK..?
    MAKASIH

    ReplyDelete
  61. Nggak Bisa, harus mengurus Kartu Keluarga atau Akta Kelahiran terlebih dahulu. Tmks

    ReplyDelete
  62. NGURUSNYA SALAH SATU AJA KK ATO AKTE KELAHIRAN BISA Y PAK...

    TKS

    ReplyDelete
  63. Kelihatannya bisa, tapi saya sarankan diurus dua-duanya saja. Tmks

    ReplyDelete
  64. Maaf Pak , saya mau tanya.
    kalau mau buat paspor baru tanpa formulir permohonan paspor RI bisa ngak ?
    maksud aku cuma pakai surat KK, KTP, dan AKTE saja bisa ngak ya pak?
    dan terimakasih atas informasinya

    Best Regards

    ReplyDelete
  65. Tidak bisa Pak, harus mengisi Formulir permohonan paspor RI yang disediakan di Kantor Imigrasi. Tmks

    ReplyDelete
  66. Maaf Pak, saya mau tanya.
    Saya punya rencana untuk buat passport.
    Masalahnya, saya belum 17 tahun.
    Sementara untuk anak dibawah 17 tahun, harus ada foto copy passport orang tua yang masih berlaku.
    Kalau seandainya orang tua saya juga belum punya passport, berarti orang tua saya harus buat passport dulu baru saya bisa buat passport buat saya sendiri?
    Thanks.

    ReplyDelete
  67. salam kenal pak..
    saya mau tanya..
    saya punya ksk di trenggalek apa boleh saya urus paspor di imigrasi surabaya??
    thanks..

    ReplyDelete
  68. * Untuk orang tua belum punya paspor, silahkan dicoba, kemungkinan bisa

    * Ksk Trenggalek bisa menguurus paspor di Surabaya

    ReplyDelete
  69. pengen sharing saja=saya mau membuat paspor untuk saya dan 3 anak saya.tapi akte saya hilang dan saya gak punya copynya.apa bisa saya membuat paspor hanya dengan ijasah dan STTB,KK,buku nikah dan paspor saya yang sudah habis masa berlakunya?thx sebelumnya

    ReplyDelete
  70. Mo menambahkan dari Pengalaman aja.
    Kalo yg mo Pake ijasah/STTB, bawa ijasah Sekolah (SD/SLTP/SLTA). kalo ijasah sarjana gak diterima, karena tidak ada nama Orang Tua.
    Perhatikan juga yg Nama atau tanggal lahir anda antara KTP+KK+Akte Lahir/Ijasah, apakah ada perbedaan. Kalo ada harus Lampirkan Surat Ket. Camat kalo data yg benar ikut di Akte/Ijasah. (Paspor dasar identitasnya ke Akte Lahir)

    Udah ada yg coba daftar Paspor Lewat Internet gak?? Katanya bisa foto dan wawancara pada hari yg sama.??

    ReplyDelete
  71. pak setyo, terimakasih informasi nya lengkap sekali.
    tp saya ada pertanyaan yg mungkin bapak tau jawapan nya, kalo tidak ya tidak apa2.

    saya ada pengalaman, waktu mau urus pasport orang tua, via travel agent. kebetulan orang tua saya adl warga keturunan yang nama nya masih pakai nama cina, kami ada pengalaman diminta SKBRI (Surat Kewarganegaraan Republik Indonesia), yang mana sial nya SKBRI milik nya sudah hilang kena bencana banjir. skrg mau ngurus SKBRI baru pun, sudah tidak bisa karena pemerintah sudah menghapuskan kebijakan SKBRI tsb pada jaman pemerintahan ibu megawati. sehingga kemudian, karena SKBRI tidak ada, maka proses dengan travel agent pun mentok tidak bisa dilanjutkan.

    apakah kalo mengurus sendiri langsung ke imigrasi waru, SKBRI akan tetap diminta?

    mohon info nya.

    terimakasih.



    tapi pada saat mau buat pasport, tetap suka diminta SKBRI

    ReplyDelete
  72. Dari website imigrasi.go.id, saya dapatkan informasi dibagian FAQ sbb:

    APAKAH SBKRI MASIH DISYARATKAN BAGI WARGANEGARA KETURUNAN YANG AKAN MENGAJUKAN PASPOR RI ?

    Jawabannya:
    Pengajuan permohonan paspor bagi WNI keturunan agar memperhatikan hal sebagai berikut :

    a. Kepada WNI yang memperoleh Kewarganegaraan Indonesia melalui putusan "Pewarganegaraan" agar melampirkan Petikan Keputusan Presiden RI tentang "Pewarganegaraannya" dan setelah menerima Petikan Keputusan Presiden cukup melampirkan Akte Perkawinan/Akte Lahir dan KTP.

    b. Apabila dari hasil penelitian setelah interview terdapat kecurigaan/hal - hal yang berlawanan misalnya tidak dapat berbahasa Indonesia kepada yang bersangkutan dapat dimintakan bukti kewarganegaraan atas namanya atau orangtuanya.

    c. Pada dasarnya yang disebut wargenagara Indonesia adalah setiap warganegara yang menurut Undang-undang yang berlaku adalah warganegara Indonesia tanpa membeda-bedakan etnik keturunan dan permohonan penerbitan paspor bagi warganegara Indonesia, cukup menggunakan akta kelahiran WNI sebagai alat bukti kewarganegaraan Indonesia seseorang pemohon paspor RI;

    d. Namun demikian, dalam kasus-kasus tertentu apabila ada keraguan terhadap status kewarganegaraan seseorang pemohon Paspor RI yang diketahui pada saat wawancara sebelum penerbitan, Paspor RI, maka kepada yang bersangkutan dapat diminta bukti-bukti kewarganegaraan Indonsia;

    e. Untuk menghindari kesalahpahaman yang berlarut-larut, pada formulir permohonan paspor RI (Perdim) pada persyaratan SBKRI, untuk selanjutnya ditiadakan, tetapi mereka yang belum memiliki file di Kantor Imigrasi (permohonan baru) dapat diminta kepada pemohon serta mencatat nomor kewargnegaraannya didalam Perdim permohonan paspor.


    (berdasarkan surat edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor F-UM.06.01-845 tanggal 09 Juli 2002 dan surat edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor : F-UM.01)

    ReplyDelete
  73. info yang sangat bermanfat Pak. Hanya saja kalau saya ingin buat passport tapi tidak untuk bepergian ke luar negeri melainkan untuk memenuhi persyaratan mendaftar di situs tertentu. Bagaimana ya Pak kalau kasusnya seperti saya? apakah masih diperbolehkan membuat Passport? terima kasih.

    ReplyDelete
  74. kalo ke luar negeri dengan alasan jalan2..bagaimana isi dari surat rekomendasi atasan pak ? kemudian utk penggantian paspor karena habis masa berlaku apakah juga perlu surat rekomendasi atasan ?

    thx

    ReplyDelete
  75. Berdasarkan pengalaman saya dan temans, ditulis liburan, juga meskipun penggantian paspor, tetap menggunakan rekomendasi atasan. Tmks

    ReplyDelete
  76. selamat malam.., pak mau tanya kalau ingin membuat paspor untuk anak bisa tidak tanpa KK, soalnya masih belum punya KK sendiri, KK saya dan Istri masih pisah (masih nempel di masing2 orang tua )
    terima kasih

    ReplyDelete
  77. selamat malam pak, mau tanya kalau anak saya masuk ke KK keluarga saya dan istri masih ikut di KK keluarganya bisa tidak bikin Pasport untuk anak saya..
    nb: saya dan istri masih belum punya rumah sendiri jadi KK masih masing2, tapi anak saya masuk ke KK keluarga saya
    terima kasih banyak..

    ReplyDelete
  78. Bisa Pak, ikut KK keluarga Bapak. tmks

    ReplyDelete
  79. Wah infonya sangat berguna sekali pak..mau tanya juga kalau saya mau buat paspor untuk rencana liburan tapi tdk dlm waktu dekat ini (cari tiket promo dulu) apa bisa? biaya VISA apakah tergantung jumlah hari di negara tujuan? mohon infonya pak, kebetulan saya belum pernah keluar negeri sebelumnya. trimakasi..

    ReplyDelete
  80. Bisa Pak.

    Untuk biaya Visa tergantung dari negara yang dituju. Ada negara yang tanpa perlu Visa juga.

    ReplyDelete
  81. pagi pak mohon infonya, kalo mo urus paspor u/berobat bagaimana? apa srt rekomendasinya juga wajib? thx

    ReplyDelete
  82. Bisa tanpa surat rekomendasi, dengan membawa surat keterangan dari dokter Indonesia

    ReplyDelete
  83. Mau tanya kalau ada kesalahan nama pada surat nikah, yaitu hanya kurang satu huruf, apakah juga perlu surat keterangan?
    Terus untuk anak kelas 9 SMP, apa cukup surat permohan dari orang tua atau masih perlu surat keterangan dari sekolah.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  84. Untuk ngurus paspor anak-anak apa harus beli Surat pernyataan orang tua untuk pengurusan paspor anak seharga Rp. 7.000;apa betul atau hanya ....

    Membuat surat pernyataan dg Materai Rp. 6.000;
    Mohon infonya

    terima masih

    ReplyDelete
  85. Kalau KTP dn KK tidak ada perbedaan huruf, tidak perlu surat keterangan.

    Untuk anak cukup surat pernyataan orang tua, form dijual di Koperasi Imigrasi, harganya bervariasi satu kota dengan kota lainnya berbeda.

    ReplyDelete
  86. slamat pagi pak, sy mau cr info ttg paspor online itu gmana crnya?
    apakah sy cukup isi form di online aja terus untuk ke kantor imigrasi sy hrs bw bukti apa?
    domisili sy di sby timur apakah sy bs urus di kantor imigrasi waru? trima kasih

    ReplyDelete
  87. pak apa beda paspor yg Rp. 270.000,- dengan yang Rp. 600.000,-??
    kalo paspor hijau itu apa ya pak?? maaf pak sy msh awam dengan hal ini. Makasih ya pak penjelasannya

    ReplyDelete
  88. Untuk paspor online, form bisa diisi secara online dan kita datang ke Imigrasi Waru dengan membawa bukti-bukti asli.

    Harga paspor beda dalam jumlah halamannya. Untuk yang jarang ke luar negeri, saya sarankan pakai paspor seharga 270 ribu. Paspor hijau yaitu paspor yang umum dipakai oleh masyarakat dan bukan paspor khusus

    ReplyDelete
  89. mohon info jika nama di ktp adalah nama chinese apakah wajib menggunakan surat ganti nama jika hendak mengurus paspor...?? di ktp kewarganegaraan adalah wni, dan sepengetahuan saya orang tua saya sudah melakukan pemutihan...makasih ats infonya....donny

    ReplyDelete
  90. Betul, harus menggunakan surat ganti nama. tmks

    ReplyDelete
  91. Pak, saya mau tanya.
    Ini ada teman saya WNI keturunan mau mengurus paspor.
    Untuk akte kelahiran nya tidak ada dan yg ada hanya surat kelahiran.
    Apa bisa tidak usah memakai akte kelahiran tetapi diganti dengan ijazah ?
    Thanks before

    ReplyDelete
  92. Silahkan bawa surat kelahiran dan Ijazah Asli

    ReplyDelete
  93. pak, no paspor lama sama paspor baru itu sama atau berbeda dengan nomor paspor yang baru? trims

    ReplyDelete
  94. Nomor paspor baru berbeda dengan nomor paspor lama. Tmks

    ReplyDelete
  95. pak, kesalahan tahun lahir pada surat rekomendasi apa bisa di tolelir?harusnya tertulis 1984 tp di surat tersebut 2011, sedangkan surat tersebut sudah diterima dan tinggal datang kembali untuk foto & wawancara. mohon penjelasannya. trims.

    ReplyDelete
  96. Nggak Papa Pak, karena surat rekomendasi sebetulnya tidak perlu mencantumkan tanggal lahir. Tmks

    ReplyDelete
  97. Salam kenal Pak Setyobudianto, saya udah pernah punya paspor tapi udah mati kira2 5 thn lalu.
    Sekarang saya mau membuat lagi lewat online.
    Yang saya tanyakan :
    1. Apa itu bisa, walaupun paspor lama udah mati lama?
    2. Di kolom Jenis Paspor saya pilih apa? (Saya jarang sekali berpegian keluar negeri)

    Terima Kasih banyak atas jawabannya

    ReplyDelete
  98. Salam kenal juga Pak George,
    1. Bisa Pak. Tapi pada waktu datang ke Kantor Imigrasi, paspor yang lama wajib di bawa.
    2. Kalau jarang pergi keluar negeri, silahkan pilih 24H Perorangan. (Catt. H=jumlah halaman paspor).

    Terima kasih, semoga membantu

    ReplyDelete
  99. Permisi pak, darurat banget ini hehe kalo saya ada masalah pribadi dengan ayah saya sehingga saya tidak bisa mendapatkan surat izin dari beliau meskipun saya telah mendapatkan surat izin dari ibu saya, masih bisakah saya membuat passport karena saya belum berumur 17 tahun. Terimakasih sebanyak banyaknya sebelumnya.

    ReplyDelete
  100. Kalau sudah ada surat pernyataan tertulis materai Rp 6000 dari Orang Tua (Bapak atau Ibu) bisa, silahkan dicoba.

    Tmks

    ReplyDelete
  101. Pak Setyobudianto, saya mau mengurus paspor untuk orang tua tapi beliau tidak punya STTB atau ijazah, apa bisa pak?
    Terima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
  102. Kalau Akta Lahir dan Kartu Kelahiran serta Surat Nikah ada, nggak ada masalah Pak, bisa dicoba.

    Tmks

    ReplyDelete
  103. mau tanya pak, apakah passport harus dibuat di kota yang sama sesuai kota tempat KTP dibuat?
    Apakah passport hanya bisa dibuat di ibukota propinsi?
    karena saya orang surabaya tapi berdomisili di cilegon.

    ReplyDelete
  104. mau tanya pak, apakah passport harus dibuat di kota yang sama sesuai kota tempat KTP dibuat?
    Apakah passport hanya bisa dibuat di ibukota propinsi?
    karena saya orang surabaya tapi berdomisili di cilegon.

    ReplyDelete
  105. Paspor bisa dibuat di kantor imigrasi mana saja, tidak harus kota tempat KTP dikeluarkan.

    Untuk di Cilegon bisa di Kantor Imigrasi Kelas II Kota Cilegon, yang beralamat di JL. Raya Merak KM 116 KP. TEGAL WANGI DESA ARUM, KEC. PULO MERAK. Telpon 0254-574033, 571682.

    Semoga membantu

    Tmks

    ReplyDelete
  106. En Setyo, minta ditunjuk ajar dlm perkara saya yang rumit ini.
    Teman saya sedang menguruskan pengantian passportnya yang hilang. Difahamkan kalau pengantian passport makan masa yang lama untuk mendapatkan yang baru. Masalahnya dia lagi hamil
    dan harus cepat dptkan passportnya untuk menikah di Malaysia.

    Dia telahpun habis wawancara dan sbgnya, tetapi kini binggung entah apa langkah seterusnya harus diambil. Kalau disemak online, didapati status pemohonannya adalah 'PEMBAYARAN'. Status ini adalah pemohonannya yang dianggap pemohonan baru, dimana ia sebetulnya telah dipadam dan digantikan kepada pemohonan pengantian.

    Apakah cara yang lebih tepat untuk mendapatkan status pemohonannya? Minta tunjuk ajar.

    Keliru

    ReplyDelete
  107. Kalau statusnya "pembayaran" berarti silahkan datang ke Kantor Imigrasi tempat dilakukan wawancara dan melakukan pembayaran biaya pembuatan paspor, setelah itu kurang lebih 4-7 hari Passpor akan jadi dan bisa diambil.

    Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  108. wah komplit, nuhun bang atas infonya

    ReplyDelete
  109. pak mau tanya saya mau bikin pasport baru dulu saya sudah pernah bikin skrng saya di taiwan dan saya mau pulang indo 2bln lha masalahnya paspor saya cm tinggal 3bln untuk balik lagi ketaiwan saya perlu bikin paspor lagi ,persyaratanya apa aja pak dan membutuhkan waktu berapa hari bikin pasport nya....makasih

    ReplyDelete
  110. Mudah, silahkan melakukan perpanjangan dengan membawa passpor asli yang lama, syaratnya sama dengan yang tertulis di postingan ini. Kurang lebih satu minggu, passpor jadi.

    ReplyDelete
  111. paspor saya sudah 5thn pak emangnya bisa di perpanjang atau bikin baru lagi....

    ReplyDelete
  112. pak klo memperpanjang pasport persyaratan nya apa sm kaya mau bikin pasport.....

    ReplyDelete
  113. gimana kalo sudah seminggu selepas wawancara tp masih ditunggu tanda tangan ketua kantor sebelum dihantar ke HKM lagi. sgt rumit. perlu berapa kepastian harus ditunggu sebetulnya ye? ada apa caranya bisa percepatkan process ini x? minta nasihat ye..

    keliru

    ReplyDelete
  114. @cintaku890: untuk perpanjangan paspor, membawa paspor yang lama.

    Harusnya tidak rumit setelah wawancara, paspor bisa diambil kurang lebih satu minggu. Tmks

    ReplyDelete
  115. pak kantor imigrasi di kota blitar jatim apa ada pak....makasih..

    ReplyDelete
  116. Pak, kalo perpanjangan apa harus ke kantor imigrasi penerbit ato di mana aja bisa ? trima kasih....

    ReplyDelete
  117. KANTOR IMIGRASI KELAS II BLITAR
    JL. RAYA MASTRIP NO. 45 SRENGAT BLITAR 66152
    BLITAR
    INDONESIA
    0342-554789

    ReplyDelete
  118. Perpanjangan Paspor tidak harus ke kantor imigrasi penerbit. Tmks

    ReplyDelete
  119. permisi pak,saya mau tanya,saya baca comment2 diatas buat passpor harus pake surat rekomendasi kalo kita sudah bekerja,kalo kita belum kerja gimana pak,?

    ReplyDelete
  120. Kalau belum bekerja, nggak perlu surat rekomendasi. Tmks

    ReplyDelete
  121. Selamat pagi...
    Pak, untuk syarat yang 1 lembar akte kelahiran/ijazah itu boleh salah satu atau harus dua-duanya Pak?
    Soalnya akte kelahiran asli saya hilang, tapi kalau fotokopinya masih ada...
    Bagaimana Pak? Apa harus mengurus dari kelurahan atau bagaimana? Terima kasih banyak...

    ReplyDelete
  122. Harus dua-duanya dan ditunjukan yang asli juga pada saat ke imigrasi.
    Mengurus pembuatan akta terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  123. pak, berapa lama biasanya kalau masih menunggu jawapan dari kantor pusat di jakarta?


    keliru

    ReplyDelete
  124. salam kenal pak, saya mau buat penambahan nama belakang paspor karena nama saya cuma 2 suku kata proses pembuatannya gmana ya ? trims

    ReplyDelete
  125. Biasanya menggunakan nama bin/binti orang tua-nya. Tmks

    ReplyDelete
  126. saya mohon bantuan nya ya pak...saya memiliki paspor,tp tahun kelahiran nya itu lain sama tahun kelahiran di akta .tetapi alamat,dan semuanya itu sama gk ada yg beda.cuma yg berbeda itu antara 84 dng 88.yang ada di paspor tuh 84.apakah saya bisa untuk mengubah nya?karena di surat nikah saya juga tahun kelahiran nya 88.saya bingung dan ragu.apakah yang harus saya lakukan?terimakasih perhatian nya......

    ReplyDelete
  127. Salam pak Setyo Budianto yang baik,


    Saya mau bertanya,


    Saya 2 minggu lalu memperpanjang paspor, Saya sudah membawa syarat secara lengkap (paspor lama, KTP, KK, Surat nikah, dll, baik asli dan fotokopi). Pembayaran sebesar 255 rb sudah saya lakukan. Foto dan wawancara pun sdh saya lakukan. Betapa kagetnya saat mau mengambil paspor, status paspor saya "adjudikator". Alasan pihak imigrasi karena saya ada masalah metrik karena passpor lama saya tidak diserahkan dan harus membayar denda.


    Pertanyaan saya,
    1. Berapa denda metrik sesuai peraturan? Apakah betul mencapai 150 rb? Hanya karena gara-gara alasan saya tdk menyerahkan paspor lama, padahal petugas verifikasi dokumen sdh tahu kalau saya mau memperpanjang.
    2. Kemana saya harus melapor? karena ini tidak semua kesalahan saya. Karena syarat saya sudah lengkap. Petugas verifikasi pun sudah memeriksa semua kelengkapan dokumen saya termasuk saya sudah punya paspor lama. Sebagai catatan: Petugas Imigrasi disana seperti acuh tak acuh dan kurang ramah, kecuali sama calo dan biro jasa.


    Mohon dijawab pak Setyo Budianto yang baik, karena senin ini saya berencana mau selesaikan pembayaran denda itu. Saya hanya berusaha kooperatif kalau memang peraturannya memang seperti itu. Terima kasih.




    Salam

    ReplyDelete
  128. Seharusnya pada saat verifikasi, petugas imigrasi memberi tahu bahwa dokumen-nya belum lengkan, dan bukan kesalahan pemohon.

    ReplyDelete
  129. Pak, saya mau tanya, status saya di KTP karyawan swasta sementara di KK masih berstatus Mahasiswa. Petugas di imigrasi menyuruh saya mengurusnya di kelurahan, tapi saya tetap disuruh datang untuk foto dan wawancara pada lusa (Jumat besok). Apakah dg begitu saya sudah lolos verifikasi? Atau saya masih perlu ke kelurahan? Kalau ya, apakah saya hanya perlu meminta surat keterangan dari kelurahan atau perpanjang KK? Makasih banyak pak.

    ReplyDelete
  130. Belum lolos, harus datang ke kelurahan untuk melakukan perubahan KK. Tmks

    ReplyDelete
  131. pak setyo..
    saya mau tanyak..
    contoh surat pergantian nama untuk paspor bagaimana..??
    soal nya nama saya berbeda dengan ijazah dah KK, tpi nama yg betul adalah nama ijazah saya,,
    mohon bantuan nya pak...

    ReplyDelete
  132. Menurut saya, nanti mengganti namanya pada saat perpanjangan Paspor saja. Tmks

    ReplyDelete
  133. Mau tanya donkkk,saya mau jalan2 keluar negri alias singapore,saya 18 tahun,kuliahhh...... Ituuu pake surat rekomendasi apa ngkk?? Klo pake surat rekomendasii itu surat rekomendasi dr siapa dan cnthnx bgaimana??tlng bntu yahhhh.....please...makasi sbelumnx

    ReplyDelete
  134. Nggak perlu surat rekomendasi, hanya surat keterangan dari Orang Tua di atas materai 6000. Tmks

    ReplyDelete
  135. Tolong tanya untuk jadwal foto dan wawancara apa bisa kita minta diatur waktunya misalkan kita minta jam 15.00 karena saya akan mengurus pasport untuk saya yang masih sekolah. Trims.

    ReplyDelete
  136. Bisa, silahkan tanyakan ke petugas imigrasi

    ReplyDelete
  137. Pak Setyo Budianto yth.
    Saya akan membuat paspor untuk pertama kali, yang saya tanyakan: 1. untuk persyaratan "Akte Kelahiran (KK) dan atau Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah" apakah ketiganya (Akte Kelahiran, kartu keluarga (KK) dan Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah) harus dibawa pada saat ke kantor imigrasi?
    2. apabila ada kesalahan penulisan nama orang tua di ketiga persyaratan tersebut diatas apakah tidak masalah atau harus diurus dulu? (kesalahannya hanya huruf "e" diganti huruf "i").

    terima kasih.

    ReplyDelete
  138. pagi pak..pak mhn infonya.sy ibu rmh tangga dan sy mau bekerja ke ln tanpa melalui PT,untuk pembuatan pasport nya surat rekemendasi dr siapa yg sy bthkan?karena sy terhubung langsung ke negara yg akan sy tuju tersbt.tx

    ReplyDelete
  139. pak kebetulan dl sy pernah membuat pasport pd saat itu pihak perusahaan tenaga kerja yg mengurus dg semua identitas yg berbeda/semua palsu.kalau sekarang saya ingin membuat pasport dg data sy yg sebenar2 nya apakah bisa?

    ReplyDelete
  140. Tanya:

    Saya akan membuat paspor untuk pertama kali, yang saya tanyakan: 1. untuk persyaratan "Akte Kelahiran (KK) dan atau Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah" apakah ketiganya (Akte Kelahiran, kartu keluarga (KK) dan Surat Tanda Tamat Belajar/Ijazah) harus dibawa pada saat ke kantor imigrasi?
    2. apabila ada kesalahan penulisan nama orang tua di ketiga persyaratan tersebut diatas apakah tidak masalah atau harus diurus dulu? (kesalahannya hanya huruf "e" diganti huruf "i").

    Jawab
    1. Betul harus dibawa
    2. Tidak masalah

    ReplyDelete
  141. Tanya:
    pagi pak..pak mhn infonya.sy ibu rmh tangga dan sy mau bekerja ke ln tanpa melalui PT,untuk pembuatan pasport nya surat rekemendasi dr siapa yg sy bthkan?karena sy terhubung langsung ke negara yg akan sy tuju tersbt.tx

    Jawab:
    Surat dari perusahaan yang mengundang dari negara tersebut.

    ReplyDelete
  142. Tanya:
    pak kebetulan dl sy pernah membuat pasport pd saat itu pihak perusahaan tenaga kerja yg mengurus dg semua identitas yg berbeda/semua palsu.kalau sekarang saya ingin membuat pasport dg data sy yg sebenar2 nya apakah bisa?

    Jawab:
    Bisa

    ReplyDelete
  143. Yth. P.Setyo,

    salam kenal sbelumnya Pak, terima kasih sdh dipertemukan dg Bapak untuk tempat bertanya dan sharing
    mohon penjelasan dan petunjuk P.Setyo, Pak sy pernah punya Pasport masa berlaku 2002-2007 dengan nama 'Heri Mawardi', selama itu sama sekali blm pernah ke pakai..kosong sama sekali Pak, waktu itu ngurusnya di imigrasi Waru dan ada yg menguruskan (tp bukan calo pak, yg nguruskan saudara pemilik perush tempat sy bekerja dia bekerja di agen travel)dan ingat saya, waktu itu sy tdk menyerahkan data macam2, hanya pakai data KTP saja.
    sekarang sy mau urus pasport lagi, karena ada reward dari kantor liburan ke Singapura, pasport lama dengan nama HERI MAWARDI sy cari ternyata masih ada, pertanyaan saya Pak:
    1. Persyaratan apa saja yg harus sy lengkapi
    2. sy ada perbedaan identitas nama Pak, di akte lahir, ijasah SD s/d S1, nama saya HERI, tapi di KTP dan KK nama saya pakai HERI MAWARDI, sedangkankan di buku nikah nama saya HERI MAWARDIE, melihat domisili saya di Kediri katanya sy harus mengurusnya di Imigrasi Blitar ya Pak?, mohon penjelasan P.Setyo..ribet dan lama nggak ya Pak ngurusnya?? dan biayanya kira2 sampai berapa?

    sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terima kasih

    Salam,
    Heri

    ReplyDelete
  144. Karena, Pspor lama sudah expired, maka sama dengan pembuatan paspor baru. Namun untuk percepatan proses verifikasi paspor lama sebaiknya dibawa waktu pembuatan paspor baru.

    Asal KTP dan KK sama, saya kira tidak masalah. Pembuatan Paspor bisa dimana saja, tidak harus di dekat domisili.

    Saat ini pengurusan paspor mudah dan kurang lebih 1 minggu akan selesai. Tmks

    ReplyDelete
  145. terima kasih banyak P.Setyo penjelasannya, jd u perbedaan data nama antara di Akte Lahir dan di KTP & KK tdk apa2 ya Pak? trus sebenarnya untuk penulisan nama di pasport itu acuannya pakai data di akte atau KTP/KK P.Setyo?
    skali lagi terima kasih banyak P.Setyo u penjelasannya,,sangat bermanfaat.

    Salam,
    Heri

    ReplyDelete
  146. permisi pak, saya ingin membuat paspor tapi yang jadi masalah adalah kartu keluarga (KK)yang simpan oleh ayah saya hilang. Apa boleh jika saya menggunakan KK yang disimpan RT?

    ReplyDelete
  147. Terima kasih banyak Pak....keterangannya sangat membantu.Saya ada pertanyaan pak, jika saya pergi ke Singapura untuk jalan jalan saja, bukan untuk keperluan dinas apakah saya harus menyertakan surat rekomendasi dari atasan? Terima kasih Pak.

    ReplyDelete
  148. untuk pembuatan passpor di kantor imigrasi klas I tanjung perak kir-kira bisa apa tidak ya?

    ReplyDelete
  149. @ Acuan penulisan Paspor adalah KTP/KK

    @ KK di RT bisa asal Asli

    @ Iya tetap memerlukan surat rekomendasi dari atasan.

    @ Bisa kekantor imigrasi Tanjung Perak juga.

    ReplyDelete
  150. Apa ada masa berlaku untuk surat rekomendasi dari kantor? Saya waktu itu pernah meminta suratnya ke HRD, tapi berhubung ternyata untuk syaratnya dari saya ada yang masih kurang, jadinya saya pending urus sekitar satu setengah bulan. Apakah perlu dibuatkan surat rekomendasi yang baru atau bisa pakai yang lama ya? Mohon pencerahan Mas Setyo :)

    ReplyDelete
  151. pak saya kebetulan mau ngurus paspor ibu saya yang sudah habis masa berlakunya.
    dokumen yang ada hanya ktp,kk,akte nikah, skbri suami, akte balik nama.(semua asli)
    kebetulan akte kelahirannya gak ada. apakah dengan dokumen diatas sudah bisa memperpanjang paspor? kalo gak bisa solusinya gimana? mengingat akte lahir sudah 63 tahun yang lalu, sudah pasti di catatan sipilpun kayanya gak ada, sebab dulu kantornya pernah kebakaran hebat. mohon pendapatnaya, terimakasih

    ReplyDelete
  152. Bisa mengurus Akta Lahir lagi, sekarang mudah kok untuk mengurusnya. Tmks

    ReplyDelete
  153. pak,ibu saya usia 50an.dan insya Allah akan berangkat haji.untuk urus paspornya yang gmn?trus syaratnya seperti aapa?dan untuk VISa diperlukan ga ya.terima ksh.

    ReplyDelete
  154. pak, luar biasa blognya..

    pak ayah dan ibu saya akan umroh..
    mau buat passpor

    ibu saya punya surat keterangan lahir..
    tpi ayah saya tidak punya surat keterangan lahir mauun ijazah
    tapi beliau punya KK/KTP/Surat NIKAH

    apa bisa pak??

    ReplyDelete
  155. Untuk Paspor Haji dibuat di kantor departemen agama (Kandepag) masing-masing kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

    Persyaratan yg harus dipenuhi oleh jamaah haji ketika pengurusan pembuatan paspor :

    Foto Kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yg masih berlaku sebanyak satu lembar
    Foto Kopi Kartu Keluarga sebanyak satu lembar
    Akte Lahir/ Surat Kenal Lahir atau Akte/ Surat Nikah atau Ijasah/ STTB atau Surat Keterangan Kepala Kantor Kementrian Agama setempat (bisa dipilih salah satu)
    Rekomendasi dari Kepala Kantor Kementrian Agama setempat

    Prosedur Pengurusan Paspor:
    Meminta formulir pembuatan paspor (dikoordinir oleh Depag)
    Mengisi formulir dgn data yg benar nama harus terisi dari 3 (tiga) kata, ditulis dgn huruf balok menggunakan tinta warna hitam.
    Menandatangani formulir
    Melampirkan persyaratan sesuai dgn yg telah ditentukan dan memasukkan dalam satu map.
    Persyaratan dan formulir yg sudah dimasukkan map tersebut diserahkan ke petugas loket (dikoordinir oleh Depag setempat)
    Petugas Imigrasi akan memberitahukan waktu untuk pengambilan foto, sidik jari, tanda tangan paspor serta wawancara (pemberitahuannya dilakukan oleh Depag ke Jamaah Haji atau KBIH).

    ReplyDelete
  156. Visa Haji bisa diurus di Kantor Departemen Agama.

    Dokumen apa yang harus dipersiapkan
    Foto 4×6 sebanyak 4 lembar;
    Foto 3×4 sebanyak 16 lembar;
    Fotokopi Setoran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) sebanyak 1 lembar;
    Fotokopi SPPH (Surat Pendaftaran Pergi haji) sebanyak 1 lembar.

    ReplyDelete
  157. aq Munas
    klu surat rekom dari atasan di ganti ama surat rekom dari balai desa bisa nggak? soalny klu dri tempat kerja kykny dipersulit...

    trims atas bantuany pak.. :))

    ReplyDelete
  158. wah...banyak yg tanya....pak setyo bisa jadi orang terkenal ni...!

    ReplyDelete
  159. Jika dijakarta biayanya tidak jauh bebeda, namun antriannya sangat panjang sekali....
    Sehingga harus datang lebih pagi, belum banyak calo yang menjadi kendala, trimakasih

    ReplyDelete
  160. selamat malam, mohon maaf ggu, pak saya ini mau buat pasport, tapi klo saya buka di www.imigrasi.go.id kok gak bisa ya,,,saya itu mau daftar via internet,,,spy gak antri di kantor imigrasi..itupun atas petunjuk pegawai disana ,,tapi susah

    ReplyDelete
  161. Pak Setyo,

    Nama ayah saya di Akte Kelahiran tertulis KHALID PUTASLAM ( TANPA HURUF R), sedangkan di IJASAH tertulis KHALID PUTRASLAM (DENGAN HURUF R).

    Apakah ini akan menjadi masalah ?

    terima kasih

    ReplyDelete
  162. Pak Setyo..
    Mohon diberi contoh surat rekom dari atasan kalo tujuannya jalan-jalan gmn ?
    Trimakasih

    ReplyDelete
  163. Untuk permohonan paspor secara online, silahkan masuk melalui link http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp

    Selanjutnya ketik menu yang sebelah kiri.

    ReplyDelete
  164. Perbedaan yang tidak signifakan antara Nama di Akte Kelahiran dan Ijazah tidak menjadi masalah.

    Akte Kelahiran tertulis KHALID PUTASLAM ( TANPA HURUF R), sedangkan di IJASAH tertulis KHALID PUTRASLAM (DENGAN HURUF R).

    ReplyDelete
  165. Contoh rekomendasi atasan untuk pembuatan paspor dengan tujuan jalan-jalan, sbb :

    No. Surat .......
    Surabaya, ......

    Kepada Yth.

    Sdr. Kepala Kantor Imigrasi Wilayah Jawa Timur
    S u r a b a y a - 60271

    Perihal : Permohonan Penerbitan Paspor



    Dengan Hormat,

    Yang bertanda tangan dibawah ini :

    Nama : ......
    Jabatan : ......

    Dengan ini menerangkan dan menyatakan bahwa nama yang tersebut dibawah ini :

    Nama : ......
    Pekerjaan : .....................
    Jabatan : ...................
    Alamat : ....................

    Benar bahwa nama tersebut adalah sebagai karyawan PT. ........, dan kami mohon bantuan Saudara untuk dapat menerbitkan Paspor kepada yang bersangkutan, karena akan berangkat ke Luar Negeri.

    Demikian atas perhatian dan bantuannya kami ucapkan terimakasih.





    .................
    MGR/GM ................

    ReplyDelete
  166. Pak ,saya sudah mengisi data di paspor online tuk pertama kali buat paspor tapi masih belum selesai. saya kan pelajar tapi di kotak pekerjaan , tidak ada tulisan pelajar/mahasiswa , berarti dipilih tulisan " lainnya " atau "kosong" ? terus kalau buat surat rekomendasi dari orang tua , itu hanya salah 1 orang tuanya atau kedua"nya ?Pak, kalau hari sabtu ,apakah kantor migrasi tetap buka ?di kantor migrasi Kediri juga bisa mengurusi paspor baru dan waktunya sama dengan mengurus di Waru ? maaf banyak tanyanya. Terima kasih.

    ReplyDelete
  167. Betul ditulis lainnya.
    Salah satu orang tua.
    Hari sabtu tutup.
    Bisa.

    Semoga lancar pengurusan paspor-nya.

    ReplyDelete
  168. Pak, kalo perpanjang passport, apakah passport lama dikembalikan ke kita ? ada yg bilang ga dikembalikan, padahal passport lama perlu untuk mohon visa suatu ketika nanti.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  169. Pak, mau nanya ayah dan ibu saya mau bikin paspor utk jenguk cucunya di mesir , tp nama di surat nikah tidak sama dengan ktp dan kk berbeda sekali. apakah boleh cukup di terangkan dg surat dr desa ? ngurus visa itu dmn ?

    ReplyDelete
  170. pak. klau tidak pakai akte nikah tetapi cukup dengan kartu keluarga yang asli bagaimana?

    ReplyDelete
  171. Pasport lama dikembalikan bila kita melakukan perpanjangan Paspor.

    ReplyDelete
  172. Insyaallah bisa, silahkan dicoba mengurus surat dari Desa.

    ReplyDelete
  173. Dua-duanya diperlukan akta nikah (bila sudah menikah) dan kartu keluarga. tmks

    ReplyDelete
  174. pak apa bedanya kantor imigrasi kelas I dan Kelas II..
    saya berencana untuk menjadi TKI di Brunai.apa bisa membuat paspor TKI memalui pengajuan sendiri tanpa dibuatkan oleh Commpany,,,?
    thaks

    ReplyDelete
  175. Yang saya tahu, Imigrasi Kelas 1 itu untuk kelas provinsi dan Imigrasi kelas 2 untuk kabupaten.

    Bisa, tapi lebih cepat melalui company.

    Tmks

    ReplyDelete
  176. pak, kalau pasport hilang dan ingin mengajukan pasport bary lagi syarat/ yg hrs di lengkapi apa aja? thanks.

    ReplyDelete
  177. Makasih banyak pak infonya, dam jawaban bagi para penanya, semoga jadi amal ibadah..., permasalahan saya.. waktu saya ga banyak dan dalam WAKTU 10 hari pasport harus sudah jadi, akte ada di luar kota. scan nya ada sih, yang asli ga ada... tapi saya ada ijasah. bisakah dipakai??
    KTP saya jember bisa kah buat Paspor di Waru??

    Makasih banyak bantuannya ....

    ReplyDelete
  178. @Bu Ida, Bila pasport hilang, syarat pengajuan paspor, sama dengan pembuatan paspor baru, tapi untuk percepatan proses bisa bawa foto copy paspor lama bila ada

    ReplyDelete
  179. Silahkan dicoba dengan memberikan penjelasan kepada petugas imigrasi, insyaallah bisa memahami. KTP Jember bisa buat di Kantor Imigrasi mana saja, termasuk di Waru. Tmks

    ReplyDelete
  180. Pak Budi, mau tanya, klo pengurusan Paspor via online, taunya kapan kita haru ke kantor imigrasinya dari mana yah?
    Sama saya juga mau mengajukan Paspor untuk Istri saya, tapi saat istri saya berprofesi sebagai IRT. Nanti nya untuk memenuhi syarat Surat Rekomendasi Kerja nya gimana yah?
    Terima Kasih sebelumnya

    Salam
    -Fatwa-

    ReplyDelete
  181. Setelah pengisian form, sampai submit terakhir, catat nomor registrasi sebagai bukti permohonan secara on-line.

    Kemudian keesokan harinya bisa membawa dokumen dan datang ke kantor yang telah diisi pada form online.

    IRT tidak perlu membawa surat rekomendasi.

    Tmks

    ReplyDelete
  182. pak budi, saya seorang TNI AD akan melaksanakan dinas cuti ke Timor Leste, apakah untuk mengurus paspor harus menunggu surat cuti turun? karena untuk sementara surat cuti sedang di proses di Jakarta. Terima Kasih Pak Budi..

    ReplyDelete
  183. Pak, bisa dicoba untuk membuat surat rekomendasi dari atasan langsung. Tmks

    ReplyDelete
  184. thank you atas infonya, artikelnya membantu saya yg akan membikin paspor baru di surabaya.

    ReplyDelete
  185. sy mau buat paspor pak

    ReplyDelete
  186. Pak Setyo, mau ikutan tanya ya.. apabila di ktp dan KK statusnya bekerja/karyawati swasta sedangkan kondisi saat ini tidak bekerja/IRT, apakah bisa langsung mengurus paspor ataukah harus mengubah status tsb terlebih dahulu? terima kasih.

    ReplyDelete
  187. siang pak.
    di ktp status saya cerai hidup berarti yang harus saya bawa adalah, KTP dan KK dan IJASAH dan AKTE LAHIR apakah AKTE CERAInya perlu juga?
    kata temen saya, skr tidak ada yang 24H semuanya 48H benr gak? tapi di form online tetep ada pilihan 24H . yang bener yang mana? terima kasih.

    ReplyDelete
  188. Bisa langsung mengurus. Tmks

    --------------
    zeeca said...

    Pak Setyo, mau ikutan tanya ya.. apabila di ktp dan KK statusnya bekerja/karyawati swasta sedangkan kondisi saat ini tidak bekerja/IRT, apakah bisa langsung mengurus paspor ataukah harus mengubah status tsb terlebih dahulu? terima kasih.

    ReplyDelete
  189. Akta cerai tidak perlu dibawa.

    Paspor 24 halaman diperuntukkan untuk para TKI (Tenaga Kerja Indonesia) sedangkan paspor 48 halaman diperuntukkan bagi perjalanan biasa


    ------------------
    PALUPI said...

    siang pak.
    di ktp status saya cerai hidup berarti yang harus saya bawa adalah, KTP dan KK dan IJASAH dan AKTE LAHIR apakah AKTE CERAInya perlu juga?
    kata temen saya, skr tidak ada yang 24H semuanya 48H benr gak? tapi di form online tetep ada pilihan 24H . yang bener yang mana? terima kasih.

    ReplyDelete
  190. pak setyo mau tanya
    baby ku msh umur 9 bln apa butuh mengurus paspor jg pak,,, oh ya kalo akte kelahirane baby Q blm selesai bisa diganti yg lain?

    ReplyDelete
  191. pak kalo akte diganti ijazah aja bisa kan?

    ReplyDelete
  192. Untuk anak-anak termasuk bbayi perlu buat Paspor, gabung saja Ibunya biasanya, namanya Paspor keluarga.

    Kalau Akta belum selesai mungkin bisa bawa surat lahir dari rumah sakit atau Kartu Keluarga, kalau diganti dengan ijazah kemungkinan tidak bisa.

    ReplyDelete
  193. apa perlu pak baby q yg 9 bln pakek diajak ke kantor imigrasi,,,, secara kalo ngurus pasti antrine lama

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails