Sunday, April 18, 2010

Sejarah Stasiun Kereta Api Semarang Tawang

Stasiun Semarang Tawang
Stasiun Tawang Semarang sering dilanda banjir akibat laut pasang. Kemarin ketika saya ke sana, saya lihat tempat parkir sudah dinaikkan setinggi kurang lebih 1 meter. Stasiun Semarang Tawang mulai melakukan pembenahan.

Begitu pula dengan ruang tunggu-nya, sekarang sudah ada ruang tunggu VIP. Ruang tunggu tersebut cukup nyaman, meskipun kursinya tidak empuk, tetapi desin interior cukup bagus. Ada beberapa foto terpampang di dinding, foto tersebut adalah foto jaman dulu, ada foto Stasiun Poncol. Dan yang menrik saya adalah foto Stasiun Semarang Tawang pada tahun 1940, saya bandingkan dengan kondisi saat ini bentuk fisiknya tidak jauh berbeda.

Menurut Wikipedia, Stasiun ini merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia setelah Semarang Gudang dan diresmikan pada tanggal 19 Juli 1868 untuk jalur Semarang Tawang ke Tanggung. Jalur ini menggunakan lebar 1435 mm. Pada tahun 1873 jalur ini diperpanjang hingga Stasiun Solo Balapan dan melanjut hingga Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta.

Stasiun Semarang Tawang pada Tahun 1940

Saat ini Stasiun Tawang hanya digunakan untuk melayani Kereta Api Eksekutif dan Bisnis, Kereta Api Ekonomi tidak singgah di stasiun ini. Kereta Api Ekonomi singgah di Stasiun Poncol.

Di Dalam Stasiun Tawang

Harapan saya, semoga Stasiun ini direnovasi menjadi stasiun modern, tetapi tetap tidak merubah bentuk bangunan utamanya yang bersejarah tersebut.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *