Sunday, May 23, 2010

Bandara Juanda Surabaya Overload

Apron Bandara Juanda Surabaya
Pesawat Sriwijaya, yang saya tumpangi dari Semarang, mendarat dengan mulus di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Saya lihat ada pesawat Mandala yang sudah antri mau take-off, di apron juga sudah banyak pesawat parkir dan penuh. Kontras sekali dengan Bandara Ahmad Yani Semarang. Bandara Juanda trafik-nya sangat tinggi.

Saya lihat juga di tempat pengambilan bagasi juga penuh, apalagi kondisi di luar, penuh sesak. Sudah saatnya Bandara ini diperluas, meskipun baru saja bandara ini menempati gedung baru, ternyata pertumbuhan penumpang jauh lebih tinggi dibandingkan sarana dan prasarana dibangun.

Setiba di rumah, saya baca koran Jawa Pos, kebetulan ada headline di halaman Metropolis yang membahas mengenai hal tersebut "Bandara Juanda Perlu Perluasan", jumlah penumpang di Juanda selama tahun 2009 sebanyak 13 juta orang. Padahal daya tampung bandara tersebut hanya sampai 7 juta orang per tahun.

Saat ini, luas Bandara Juanda mencapai 51 ribu meter persegi. Normalnya lahan seluas itu bisa mengakomodasi tidak lebih dari 300 armada atau sekitar 20 penerbangan per jam. Sementara yang terjadi saat ini jumlah penerbangan mencapai 28 penerbangan per jam.

Terminal Kedatangan Bandara Juanda Surabaya

Untuk itu, manajemen PT Angkasa Pura 1, akan memperluas Bandara ke arah timur, yang saat ini masih berupa tanah kosong. Semoga cepat terrealisir.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *