Thursday, May 27, 2010

Masjid Baiat di Mina

Masjid Baiat Mina
Pagi itu, dalam perjalanan pulang dengan berjalan kaki, sehabis pulang melaksanakan lempar jumrah, saya melihat sebuah bangunan kotak warna krem berukuran kurang lebih 7x10 meter dan tidak beratap. Saya dapat informasi bahwa bangunan tersebut adalah Masjid Kuno yang ditemukan kembali, namanya adalah Masjid Baiat.

Masjid ini konon sempat terkubur tanah. Namun dalam proses pembangunan besar-besaran Jamarat, budozer yang melakukan pengerukan tanah terantuk batu yang sangat keras. Setelah diteliti, ternyata batu keras tersebut merupakan masjid. Maka, masjid itu dibiarkan seperti apa adanya. Meski demikian, masjid ini tidak difungsikan sebagaimana masjid pada umumnya, hanya sebagai tempat berziarah.

Dikutip dari website Jurnal Haji Republika, Masjid Baiat dibangun oleh Dinasti Abbasiah untuk menghormati Abbas bin Abdul Muthalib. Masjid ini dibangun sebagai penghormatan atas terjadinya Baiat Aqabah, karena di tempat inilah kaum Yatsrib (masyarakat Madinah) melakukan baiat kepada Rasulullah untuk taat dan tidak melakukan syirik. Ketika itu, Rasulullah saw. ditemani pamannya Abbas bin Abdul Muthalib yang belum beriman. Meski demikian, ia sangat memperhatikan kepada keponakannya dan sangat menjaga keselamatannya.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *