Wednesday, May 12, 2010

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi - Soto Ayam Khas Surabaya

Soto Ayam Ambengan Pak sadi, bagi Anda penggemar Soto Ayam, pasti mengenalnya atau paling tidak pernah mendengar. Karena memang sangat terkenal, terutama di Surabaya.

Kebetulan, saya diajak makan siang oleh Boss untuk makan siang bersama, tadinya sih pengin makan Coto Makasar yang di Perak, tapi Boss berubah pikiran dan mengajak makan Soto Ayam Pak Sadi, langsung dipusatnya yaitu di Jalan Ambengan no 3A Surabaya.

Tempatnya tidak terlalu besar, sebelum pintu masuk Depot, kami melewati Sioke atau Ayam Panggang, jadi sekalian kita pesan 1 porsi seharga Rp. 23.000;. Suasana Depot ramai siang itu, ruangannya bersih dan no smooking. Pelayanannya cepat, tak berapa lama setelah kami pesan, soto ayam seharga Rp. 16.000; per porsinya sudah termasuk nasi, tersaji di meja. Langsung deh, kami santap, rasanya seger dan mantap.

Berbeda dengan Soto Semarang dan Bandung, yang warnanya bening. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi warna kuahnya lebih kuning pekat karena memakai kunir dalam pembuatannya.

Menurut Wikipedia, Depot Soto Ayam Pak Sadi ini sudah berdiri sejak tahun 1970 dan terkenal dengan rasa koya sotonya yang khas. Karena terkenalnya kelezatan soto ayam tersebut, maka masyarakat umum menyebut semua soto ayam khas Surabaya sebagai Soto Ayam Ambengan.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *