Saturday, June 12, 2010

Masjid Al-Akbar Surabaya - Masjid Terbesar Kedua di Indonesia

Setiap pulang dari kerja, saya melalui jalan Toll Perak Waru. Mendekati pintuk exit tol Waru, di sebelah kiri berdiri megah Masjid Nasional Al-Akbar dengan kubah besar warna hijau kebiru-biruan dan di dampingi emapt kubah kecil, juga menjulang tinggi menara Masjid setinggi kurang lebih 99 meter.

Masjid seluas 22.300 meter persegi, dengan rincian panjang 147 meter dan lebar 128 meter, merupakan Masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiglal Jakarta.

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dibangun sejak tanggal 4 Agustus 1995, atas gagasan Walikota Surabaya saat itu, H. Soenarto Soemoprawiro. Pembangunan Masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI H. Tri Sutrisno.

Namun karena krisis moneter pembangunannya dihentikan sementara waktu. Tahun 1999, masjid ini dibangun lagi dan selesai tahun 2001. Pada 10 November 2000, Masjid ini diresmikan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid.


Yang menarik dari Masjid ini adalah keindahan interior hiasan kaca patri. Kaca ukir seni ini menjadi suatu kekuatan dan keindahan tersendiri di bidang eksterior dan interior. Selain bermanfaat menghemat energi, kaca patri ini juga berfungsi untuk meredam suara bising.

Bagian luar masjid dihiasi berbagai corak ukiran dan kaligrafi. Pintu masuk masjid terdiri dari 45 pintu utama. Semuanya dibuat dari kayu jati berukir.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, di Masjid Al-Akbar juga dua gedung pertemuan. Yakni, ruang as-Shofa dan al-Marwah. Kedua gedung ini bisa digunakan untuk resepsi pernikahan, seminar, pameran dan sebagainya. Selain dipakai akad nikah, ruang Zaitun (di bawah Ruang As Shofa) dan Ruang Yasmin (di bawah Ruang Al Marwah) seringkali dipakai masyarakat untuk kegiatan manasik haji, pengajian, penyuluhan agama, pesantren Ramadhan dan sebagainya.


Pada hari Minggu pagi, suasana sekitar Masjid sangat ramai, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan pernak-pernik untuk ibadah, juga menjual aneka kebutuhan, makanan dan minuman.

Bagi yang ingin melihat keindahan kota Surabaya dan sekitarnya, Anda bisa naik ke Puncak Menara Masjid dengan naik Lift. Oh yaa, dengan fasilitas hotspot dari Telkom Speedy, Anda juga bisa surfing internet secara gratis di sekitar areal Masjid.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *