Tuesday, June 22, 2010

Percetakan Al-Quran Terbesar di Dunia

Percetakan Al-Qur'an di Madinah
Habis sarapan pagi, saya turun ke lobby hotel, banyak jamaah yang sudah kumpul. Acara pagi ini adalah ke Percetakan Al-Quran di Madinah, tapi sebelumnya kami melaksanakan Sholat Dhuha terlebih dahulu di Masjid Quba.

Percetakan Al-quran ini diresmikan pembukaannya pada tahun 1985 oleh pemrakarsanya Raja Saudi Fahd bin Abdul Azis. Berupa sebuah komplek yang luasnya mencapai 20 hektra, terletak 10 kilometer sebelah barat laut Masjid Nabawi.

Diberi nama King Fahd Al-Qur'an Printing, percetakan ini dilengkapi dengan mesin-mesin sangat besar dan canggih, sehingga menjadi percetakan terbesar di dunia. Tujuannya tak lain untuk menjamin kapasitas produksi Al-Qur'an dalam rangka mensuplay kebutuhan Kitab Suci dunia yang makin hari makin meningkat.

Dengan jumlah pegawai 1.600 orang, percetakan ini dapat menghasilkan 8 juta kitab Al-Qur'an per tahun. Sampai saat ini sudah menghasilkan lebih 50 juta kitab Al-Qur'an yang terdiri dari berbagai ukuran. Seluruh Al-Qur'an yang dicetak disini dibagi-bagikan secara gratis kepada umat Islam seluruh dunia melalui masjid-masjid dan lembaga-lembaga Islam.

Contoh Al-Qur'an

Contoh Al-Qur'an produksi percetakan ini dapat dilihat di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram Makkah.

Selain mencetak Al-Qur'an berupa kitab atau buku terjemahan tafsir Al-Qur'an dalam berbagai bahasa, percetakan ini juga mencetak kaset-kaset bacaan Al-Qur'an baik audio maupun video.






2 comments :

  1. wah.. pak setyo jalan2 terus.. hehehe..
    masih inget saya gak ya pak setyo ini?? :)
    saya pernah kerja di flexinet pak.. anak telkom elektro its. :D

    ReplyDelete
  2. Kalau ada waktu, mampir ke Kebalen Mas. Saya lihat Website-nya trafik-nya tinggi ya Mas.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *