Thursday, August 19, 2010

Menikmati Kebab, Tamis dan Teh Susu di Makkah - Madinah

Restoran Makanan Arab
Selama di Makkah dan Madinah, kami memang disediakan katering 3 kali sehari dengan menu makanan dan masakakan Indonesia. Namun sesekali saya bersama istri dan teman-teman mencoba makanan dan minuman khas Arab.

Salah satu makanan yang kami coba adalah Kebab. Kebab adalah sebutan untuk berbagai hidangan daging panggang/bakar yang ditusuk memakai tusukan atau batang besi. Rasa tak berbeda jauh dengan Kebab Turki yang banyak dijumpai di Indonesia.

Selain Kebab, ada juga Tamis. Bagi warga Arab Saudi, warga Makkah pada khususnya, Tamis bagai makanan wajib. Tamis merupakan roti terbuat dari gandum yang berbentuk bundar. Sebelum menjadi Tamis, adonan roti berbentuk gumpalan yang kemudian ditipiskan, lalu dibentuk menjadi bundaran seperti Pizza.

Menikmati Masakan Arab

Bila kita pernah mengonsumsi Pizza tentu kita bisa membayangkan bentuk Tamis. Namun roti Tamis, tak semewah Pizza. Ia hanya merupakan roti manis biasa, yang di atasnya tidak ditaburi beraneka ragam daging atau sayuran. Paling hanya ditaburi wijen saja.

Penjual Kebab di Madinah

Untuk minumannya, yang khas adalah teh susu, sangat nikmat diminum pada pagi hari. Apalagi waktu di Madinah, didukung cuaca yang cukup dingin, minum teh susu hangat sangat nikmat sekali, Alhamdulillah.






2 comments :

  1. Wah saya suka sekali itu sama kebab, rasanya sama gak Pak Kebab di sana dengan Kebab yg dijual di negara kita?

    ReplyDelete
  2. Pak Ery, sama saya juga kebab, di Indonesia saya suka beli Kebab Baba Rafi. Rasanya nggak terlalu beda. Tmks

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *