Wednesday, September 8, 2010

Kesiapan Operator Telekomunikasi Menghadapi Lonjakan Trafik Lebaran

Talkshow Layanan Konsumen
Acara live Talkshow layanan konsumen di TVRI Jawa Timur akan dimulai jam 18.00 wib, setengah jam sebelumnya saya baru sampai, setelah minum teh hangat sebagai menu buka, saya langsung menuju Masjid yang berlokasi di belakang gedung TVRI yang terletak di Mayjend Sungkono Surabaya.

Sebelum live, kami sempat ngobrol-ngobrol dengan Mbak Elin pembaewa acaranya mengenai konten. Talkshow kali ini membahas tentang "Kesiapan Operator Selular Menghadapi Kenaikan Trafik pada Saat Lebaran", selain saya sebagai narasumber yang lain yaitu Bu Ivone dari External Communication TelkomFlexi Jatim,Bali dan Nusra, juga ada Pak Yoyok, Ketua LPKS (Lembaga Perlindungan Konsumen Surabaya).

Memang berdasarkan pengalaman sebelumnya, terjadi kenaikan yang luar bisa pada saat H-1 dan H Lebaran, terutama trafik SMS. Trafik SMS bisa naik sampai 100% dibandingkan hari normal, demikian juga dengan akses data atau internet, kecenderungan akan meningkat, ditunjang semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia.

Untuk itu LPKS mewakili konsumen meminta Operator agar betul-betul mempersiapkan kapasitas jaringan, sehingga tidak mengecawakan konsumen, juga meminta agar disediakan akses untuk komplain 24 jam dan powerfull, sehingga bisa mensolusi dengan cepat bila ada keluhan konsumen.

Kesiapan Network Menghadapi Lebaran

Semua operator pasti sudah mempersiapkan kecenderungan kenaikan trafik pada saat lebaran. Bahkan BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) yang mewakili pemerintah, juga telah melakukan pengecekan ke lapangan melihat kesiapan operator, dan telah menyatakan hasilnya bahwa semua operator telekomunikasi siap mengahdapi momen lebaran.

Usaha-usaha operator untuk mempersiapakn jaringan, secara umum adalah:
  • Meningkatkan kapasitas srerver SMSC (Short Message Service Center).
  • Meningkatkan kapasitas BTS (Base Transceiver Station) terutama di jalur mudik dan tempat tujuan mudik lebaran.
  • Memperbesar bandwidth ke gateway internet, untuk kelancaran akses data atau internet

Memberikan Yang Terbaik Bagi Konsumen

Selain jaringan, operator tentunya ingin memanjakan konsumennya dengan layanan-layanan atau content yang bermanfaat selama mudik. Sebagai contoh adalah TelkomFlexi, juga memberikamn kemudahan dan layanan bagi penggunanya saat mudik, antara lain
  • Kemudahan untuk aktifasi combo atau roaming, hanya menekan *777 pada saat di tempat tujuan
  • Layanan *9119 untuk memperoleh berbagai informasi yang bermanfaat saat mudik, semisal hotel terdekat, rumah sakit terdekat, layanan kepolisian terdekat dll
  • Bila bosen diperjalanan, juga dapat akses *616 untuk mendengarkan lagu yang disukai
  • Posko mudik asik di beberapa titik sepanjang jalur, yang memberikan takjil gratis, miunuman gratis, akses internet gratis, pijet gratis dan informasi layanan

Secara garis besar, bahwa operator telekomunikasi telah berusaha mempersiapkan segala sesuatunya baik jaringan maupun layanan untuk memberikan yang terbaik bagi konsumennya. Namun manusia berusaha, yang maha menentukan adalah Allah, semoga Allah memberikan yang terbaik bagi Operator maupun konsumennya, amin.






2 comments :

  1. amin...smoga mudik kali ini berjalan lancar
    detemani Flexi yg selalu siap sedia ;)

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *