Thursday, September 9, 2010

Shenzhen - Contoh Kawasan Ekonomi Khusus yang Sukses

Gedung-gedung di Shenzhen
Memasuki Kota Shenzhen di China, hal yang mencolok adalah jalannya lebar-lebar dan teratur dengan rapi, juga gedung-gedung menjulang tinggi. Dalam kurun waktu waktu 30 tahun, Pemerintah China berhasil membangun Shenzhen yang dulunya kota kecil dengan jumlah penduduk 30.000 (1979) menjadi kota metropolitan modern.

Sejarah dimulai pada tahun 1980, ketika Dusun Shenzhen dijadikan kawasan pertama di China yang dirancang sebagai zona ekonomi khusus, yang dapat menerima investasi asing. Perubahan ini terjadi di bawah reformasi ekonomi yang dipimpin oleh almarhum Deng Xiaoping.

Dengan laju pertumbuhan ekonomi tahunan sebesar 25,8%, menjadi Shenzhen sebagai kota utama di dunia dalam bidang industri, urbanisasi dan modernisasi. Seiring dengan kemajuuan Shenzhen, jumlah penduduknya juga melonjak pesat. Saat ini penduduk Shenzhen hampir 9 juta orang.

Salah Sudut Kota Shenzhen

Shenzhen yang semula dusun nelayan, saat ini merupakan markas bagi sejumlah perusahaan teknologi tinggi, antara lain Foxconn dan ZTE. Berkat Shenzhen, China kini juga menjadi investor global terbesar kelima di dunia.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *