Sunday, October 31, 2010

Belum ke Belanda Kalau Tidak ke Volendam

Melihat schedule selama di Amsterdam Belanda, salah satunya ke Volendam, nama tersebut terasa asing bagi saya. Setelah diceritakan oleh Mbak Guide, ternyata Volendam adalah menu wajib bila ke Belanda, katanya belum ke Belanda kalau tidak mampir ke Volendam. Benar juga, ketika kami sampai di sana banyak turis yang jalan-jalan di Volendam.

Awalnya Volendam yang berada di provinsi Noord Holland itu merupakan sebuah pelabuhan di wilayah Edam yang terletak di muara sungai Ije. Pada 1357, penduduk Edam menggali kanal pendek Zuiderzee dengan pelabuhan tersendiri. Lantas pelabuhan aslinya ditutup dengan membuat bendungan.

Masyarakat yang tinggal di sekitar reklamasi bendungan itulah yang kemudian disebut Volendam yang secara artinya berarti "Bendungan Penuh". Adanya bendungan membuat posisi Volendam tidak lagi berada di pinggir laut. Kota itu terletak ditepi danau air tawar, yang debit airnya berasal dari sungai Rhein yang mengalir dari Jerman dan Swiss.

Volendam

Kini Volendam lebih dikenal sebagai kampung turis dibandingkan kampung nelayan. Para turis bisa merasakan denyut kehidupan tradisional masyarakat Belanda jaman dulu. Dan tempat untuk beli souvenir kenang-kenangan dari Belanda.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *