Tuesday, October 12, 2010

Berlibur ke Taman Safari Indonesia II Prigen Pasuruan Jatim

Sudah beberapa kali kami sekeluarga berlibur ke Taman Safari Indonesia II di Prigen Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Namun kami tidak pernah bosen, selain karena ada tambahan koleksi satwa baru, juga fasilitas dan wahana terus bertambah.

Lebih tertarik lagi, ketika membaca di website Indonesia.travel yang salah satu isinya mengulas tentang Taman Safari. Disebutkan di Indonesia.travel, bahwa di Indonesia ada 3 lokasi Taman Safari yaitu Taman Safari I di Cisarua Bogor Jawa Barat, Taman Safari II Gunung Arjuna Prigen Jawa Timur serta Taman Safari III (Bali Safari and Marine Park) di Serongga Gianyar Bali.

Jarak Taman Safari Indonesia II dari kota Surabaya sejauh kurang lebih 60 km ke arah Malang. Bila menggunakan kendaraan umum, bisa menggunakan bus dari terminal Purabaya Surabaya naik ke jurusan Malang, turun di Sukoerjo Pasuruan di seberang Patung Gading Gajah, jangan khawatir supir bis sudah pada tahu lokasi tersebut.

Beruang

Kami sekeluarga naik mobil pribadi dari Surabaya. Jalannya cukup lancar, kecuali di daerah lumpur lapindo agak sedikit padat. Dari Patung Gading Gajah Sukorejo menuju ke lokasi Taman Safari II, jalannya tidak terlalu lebar dan banyak tanjakan, namun kondisinya cukup bagus. Kami memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari Surabaya untuk sampai ke sana.

Singa

Adapun tarif masuk Taman Safari II  untuk dewasa sebesar Rp 50.000, anak-anak Rp 45.000, mobil Rp 10.000 dan kendaraan roda dua  Rp 5.000. Untuk masuk ke area satwa, kita bisa pakai mobil sendiri, atau bisa juga naik bus yang disediakan oleh pengelola secara gratis.

Kuda Nil

Merujuk informasi dari Indonesia.travel, saat ini Taman Safari Indonesia II Prigen mempunyai lebih dari 2500 satwa dari sekitar 200 spesies yang berbeda, meliputi koleksi hewan dari seluruh dunia maupun lokal Indonesia. Taman Safari Indonesia II, dibagi dalam empat area yaitu Taman Satwa (Animals Park), Area Rekreasi (Recreation Area), Baby Zoo dan Water World.

Kami menggunakan mobil sendiri masuk ke Animals Park untuk melihat kehidupan satwa di habitat aslinya. Ada 4 kawasan di Animals Parks, yaitu kawasan Amerika, kawasan Eropa, kawasan Asia dan kawasan Afrika.

Zebra Mendekati Mobil

Pengunjung dilarang untuk membuka jendela dan mengeluarkan anggota badan terutama saat melintas di kawasan binatang buas (harimau, singa, macan tutul, beruang), karena akan sangat berbahaya. Kami jalan pelan-pelan. Alif, anak saya, sangat senang, karena bisa berada dekat sekali dengan binatang-binatang tersebut. Bahkan binatang-binatang tersebut mendekati mobil kami untuk meminta makanan.

Alif Meberi Makan Gajah

Sekeluar dari Animals Park, kami mencari tempat parkir, dan selanjutnya jalan kaki menuju tempat Area Rekreasi dan Baby Zoo. Saya dan Alif mencoba naik Onta dan melihat berbagai pertunjukan atraksi dari satwa.

Naik Onta

Pertunjukan atraksi satwa (animal presentation), dijadwalkan setiap setengah jam, mulai jam 10 pagi sampai jam 4 sore. Ada 7 atraksi satwa yang dipertontonkan, yaitu
  • Dolphin Education di area Dolphin Bay
  • Elephant Education di area Plaza gajah
  • Global Warming di area Aneka Satwa
  • Sumatran Tiger and Birds of Pray di area Baby Zoo
  • Marine Expedition di area Dolphin Bay
  • Last Home for Sumatran di area Plaza Gajah
  • Jungle Boy di area Aneka Satwa 

    Harimau Minum Susu

    Menyenangkan sekali melihat tingkah lucu hewan-hewan tersebut, yang membuat saya kagum adalah ketrampilan dan kepandaian serta patuh terhadap instrukrnya. Ada burung yang pandai berhitung, anjing yang bekerjasama satu sama lain mendorong roda, gajah bermain drama dan lainnya.

    Permainan Anjing

    Di area Baby Zoo, kita bisa bermain dan photo bersama anak satwa liar, antara lain harimau putih, macan tutul dan orang utan.

    BomBom Boat

    Alif semakin betah saja berada di Taman Safari Indonesia II Prigen, selain melihat berbagai macam satwa dengan polah tingkahnya, juga ada wahana permainan. Terdapat kurang lebih ada 20 wahana permainan, antara lain Bumper car, Bom-bom Boat, Roller Coaster, Kereta Layang, Puri Misteri, Indian Kayak, Rio Bravo dan lainnya.

    Naik Kereta Layang

    Untuk urusan makan dan minum juga tidak perlu khawatir, saat ini disana ada 3 restaurant yaitu Tiger Cave, restauran Gading dan Captain Kroc's. Di Tiger Cave, kita bisa bersantap siang sambil mengamati dari jarak dekat harimau putih berperilaku di habitat aslinya.

    Restaurant dan Toko Souvenir

    Sedangkan restauran dengan kapasitas cukup besar yang mampu memuat kurang lebih 500 orang adalah di restauran Gading. Menu makananya juga komplit Chinese food, Indonesian food, Masakan Padang, Masakan Jawa Timur dan juga makanan cepat saji Safari Fried Chicken.

    Alhamdulillah, kami sekeluarga puas berlibur di Taman Safari Indonesia II Prigen Jawa Timur ini. Dan informasi menggembirakan yang saya baca di Indonesia.travel, Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata di Indonesia dan mempromosikannya, termasuk Taman Safari Indonesia II ini, sehingga pengunjungnya tidak hanya wisatawan domestik, tapi juga diharapkan dari turis mancanegara.

    Untuk memperoleh update fasilitas dan wahana terbaru di Taman Safari, baik yang ada di Jatim, Jabar dan Bali serta informasi pariwisata lainnya di Indonesia, Anda bisa berkunjung ke website Indonesia.travel.






    6 comments :

    1. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

      ReplyDelete
    2. sekali2 diulas atau dicoba juga taman safari yang di Bali, ga kalah asyik lo :)

      ReplyDelete
    3. Insyaallah, nanti kalau ada kesempatan saya berkunjung ke Taman Safari Bali, akan saya tulis pengalamannya.Tmks

      ReplyDelete
    4. jelasin donk dapet wahana apa saja yang gratis dri harga tikrt masuk 85rb itu..??

      ReplyDelete
    5. Untuk semua wahana atraksi satwa gratis. Yang bayar adalah semua wahana permainan.

      ReplyDelete
    6. CAKEUT OGE BUMI ABIE TEH SARENG SAFARI,TAPI DA SANGEUK KA SAFARI TEH,TUDA AWIS LEUBEUTNA...CIK ATUH ARI KA TETANGGA MAH ADA KOMPENSASI OR DISKON GITU LOH.....

      ReplyDelete

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *