Monday, November 15, 2010

Ke Jatim Park Batu Malang dengan Simpati Google Maps

Waktu itu, kebetulan menjelang hari libur, kami bersama istri sepakat mengajak Alif, anak satu-satunya untuk berlibur ke daerah pegunungan. Setelah mencari informasi di internet dan ke teman-teman, akhirnya jatuh pilihan ke Jawa Timur (Jatim) Park di Batu Malang, yang katanya tempatnya asyik untuk bermain dan belajar bagi anak-anak.

Secara pasti saya belum tahu lokasi Jatim Park tersebut, yang saya tahu adalah jalan ke kota Malang dan Batu. Info yang saya terima, ada aplikasi Google Maps yang dapat membantu menunjukan arah dan lokasi melalui handphone.

Wah asyik, kebetulan Handphone saya HTC Touch Cruise yang ada fasilitas GPS-nya, dan juga saya menggunakan operator Telkomsel yang terbukti memiliki jaringan terluas, kualitas terbaik dan konten-konten menarik serta bermanfaat. Saya coba searching internet dan menemukan cara instalasi Google Maps menggunakan Telkomsel, baik Kartu Halo maupun Simpati.

Jalur ke Jatim Park di Google Maps

Setelah mengikuti petunjuk, selesailah saya instalasi aplikasi Google Maps di HP saya. Kemudian saya buka aplikasi tersebut dan mencobanya search Jawa Timur Park Batu, dan langsung muncul lokasi yang dituju, kemudian saya get direction dari my location di Juanda Harapan Permai Surabaya.

Luar biasa, dari Google Maps tersebut, saya mendapatkan informasi bahwa dari rumah ke Jatim Park Batu Malang jaraknya 85,8 km dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam 35 menit, lengkap dengan jalan yang dilalui dan petunjuk arahnya. Sungguh sangat membantu.

Dan terbukti benar, saya bersama istri dan alif, sampai di lokasi Jatim Park kurang lebih 1 jam 45 menit, karena diselingi berhenti di toko untuk beli minuman dan makan ringan di jalan.

Jatim Park terletak di lereng bagian timur gunung Panerman, pada ketinggian 850 meter di atas permukaan laut, sehingga udara cukup sejuk, kontras sama yang saya alami sehari-hari di Surabaya yang panas.

Sejuk dan Nyaman

Tempat parkirnya cukup luas untuk menampung kendaraan pribadi maupun bis pariwisata. Harga tiket masuknya pada hari Senin-Kamis Rp 40.000; sedangkan pada Jum'at-Mingu serta hari libur nasional Rp 50.000;. Saya baca dari papan pengumuman jam buka adalah 08.30 Wib dan tutup pada pukul 16.30 Wib.

Alif sangat senang bermain di sana, yang paling senang adalah Convoy Car dan Bumper Car. Wahana atau sara bermain cukup. Alif tidak bisa mencoba semuanya, selain antriannya cukup panjang juga takut nggak berani naik.

Convoy Car


Beberapa wahana yang terdapat di Jatim Park yang bertema taman belajar dan rekreasi tersebut tersebut adalah Gong, Anjungan Jawa Timur, Science Center Kimia dan Biologi, Galeri Etnik Nusantara (GEN), Taman Fisika, Galeri Belajar, Taman Agro, Taman Sejarah, Flumeride, Baby Zoo, Diorama Binatang, Mobil Mini, Play Ground, Convoy Car, Mini Jet, Mary Go Round, Arena Ketangkasan dan Games Room, Mobil Remote, Wall Climbing, Battery Car, Ozzy Trampolin, Samba Ballon, Boom-boom Laser Car, Taman Sesat, Arena Bermain Pasir, Gokart, Motor Cilik, Star Chase, Bumper Boat, Rumah Hantu, Columbus, Thomas, Mini Train, Bumper Car, Flying Tornado, Spinning Coaster, Drop Zone, Jets Coaster, Rumah Misteri 3D, Komalm Renang Anak, Water Boom, Rumah Pipa, Taman Ikan, Taman Burung, Vulcano Amphiteather, Taman Reptil, Flying Fox, Ulat Coaster, Sky Chopter serta  Pasar Wisata.

    Selain itu tersedia pula fasilitas pendukung berupa outlet Makanan, Minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur dan Galeri Bung. Serta fasilitas umum yang tak kalah pentingnya yaitu Mushola, Klinik, Wartel, Nursery Room dan Toilet.

    Bumper Car

    Sungguh wahana yang komplit untuk keluarga, baik anak kecil, remaja dan dewasa. Dan dijamin kita akan puas bermain dan belajar di Jatim Park, tempat bermain dan belajar yang terbesar di Jawa Timur ini.

    Oh yaa, bila tertarik pergi ke Jatim Park dan tidak tahu jalannya menuju ke sana, saya membuat video cara instalasi google maps dan cara pemanfaatannya sebagai berikut:




    Saya dan keluarga pulang sekitar jam 4 sore, dan berkeinginan untuk datang lagi ke Jatim Park, karena pengelola berkomitmen untuk menambah 3 wahana baru setiap tahunnya yang lebih menghibur dan mengasyikan tentunya.






    1 comment :

    1. Beberapa hari yang lalu, saya juga pake google maps mutar2 jogja. :)

      ReplyDelete

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *