Monday, November 29, 2010

Sejarah Kota Paris

Saya naik lift menuju lantai dua menara Eiffel, dari lantai tersebut saya bisa memandang kota Paris yang begitu indah dan tertata rapi. Sungai Seine membelah kota, jalan-jalan lebar dan gedung-gedung tua megah berdiri dengan kokoh.

Disarikan dari Wikipedia, Sejarah kota Paris, dimulai pada tahun 4200 SM dengan bukti adanya penemuan arkeolog pemukiman permanen. Pada tahun 250 SM, ditepian sungai Seine mulai di huni oleh Parisii, sub-suku Senones Kelt.

Paris dulunya bernama Lutece. Kejatuhan kekaisaran Romawi dan serangan Jermanik abad ke-13 membawa kota ini ke dalam era kegelapan. Tahun 400 M Lutèce, yang kemudian ditinggalkan oleh penghuninya, hanya berupa kota garnisun kecil di dalam pulau tengah berbenteng tak beraturan. Kota ini menerima nama "Paris" di akhir pendudukan.

Sungai Seine Membelah Kota Paris

Revolusi Industri, Kekaisaran Kedua Perancis, dan Belle Époque membawa Paris ke pembangunan terbaiknya sepanjang sejarah. Sejak 1840-an, angkutan rel membolehkan banyak arus migran ke Paris yang tertarik dengan pekerjaan di industri baru di pinggiran kota.

Kapal Wisata Menyusuri Sungai Seine

Kota ini mengalami renovasi besar-besaran ketika Napoleon III dan préfet-nya Haussmann, yang meratakan seluruh distrik sempit, melebarkan jalan raya untuk membuat jaringan jalan lebar dan façade neo-klasik Paris modern. Program "Haussmannisasi" ini dirancang untuk membuat kota lebih indah dan lebih bersih bagi para penduduknya.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *