Friday, January 21, 2011

Inggil Malang - Museum Resto dengan Menu Masakan Tradisional Jawa

Wah temans di Malang ngajak makan siang di Inggil, kebetulan nih, dulu pernah saya makan siang di sana belum saya ambil photonya, karena pas kebetulan waktu itu nggak bawa kamera.

Saya sangat tertarik dengan konsep Resto ini, selain menyajikan masakan khas Jawa, juga sebagai Museum. Begitu kita memasuki Resto ini akan sangat terasa nuansa Jawa Tempo Dulu, khususnya tentang Kota Malang.

Tempat duduknya, kita bisa pilih di meja ataupun lesehan. Sungguh terasa nuansa khas tempo dulu, di atas tempat lesehan ada lampu penerangan dengan gaya pedesaan. Pelayan-nya juga menggunakan baju khas pedesaan.

Nuansa Resto Inggil

Dinding-dinding dihiasi photo-photo dan wayang kulit. Terlihat juga panggung pertunjukan kesenian, lengkap beserta alat musik tradisional, informasi yang saya dapatkan, panggung tersebut digunakan untuk live musik keroncong, ketoprak, hingga campursari.

Hiasan Dinding Iklan Tempo Doeloe

Juga ada ruang museum, yang berisi photo-photo Kota Malang pada jaman kolonial, antara lain perempatan Oro-oro Dowo, Hotel Malang, Terminal Alun-alun, tari topeng Malang di depan pendopo kabupaten, dan rumah asisten residen.

Photo yang cukup besar adalah prosesi upacara peresmian monumen Tugu di Alun-alun Bunder Kotamadya Malang, oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno pada 20 Mei 1953, Kongres KNIP yang diselengggarakan di Malang, pada 25 Februari 1947, serta koleksi foto pembumihangusan Kota Malang pada tanggal 24 Juli 1947.

Photo Peristiwa dan Kota Malang Tempo Doeloe

Bagi penggemar Kuliner masakan khas Jawa Timuran, Resto ini dapat dijadikan salah satu tujuan, antara lain Pecel terong, Rawon buntut, Nasi jagung komplit. Berbagai macam ikan segar dan ayam yang diolah dengan bumbu tradisional. Untuk minumannya yang khas adalah wedang ronde, jamu kebonagung, wedang jahe dan es beras kencur.

Karena konsep Resto yang khas tempo doele dan adanya museum sejarah tersebut, selain pengunjung pribumi, saya lihat juga turis asing juga enjoy menikmati makan di Resto ini.

Nampang Doeloe xixixi

Bila menginginkan buah tangan atau oleh-oleh, kita bisa membelinya pada saat akan pulang. Di depan Resto Inggil, ada toko yang menjual pernak-pernik oleh-oleh khas Malang dan berbagai baju serta kaos.

Oh ya, sampai lupa, alamat Resto Inggil ini, mudah dijangkaunya yaitu di belakang Kantor Balai Kota Malang, tepatnya di Jl. Gajahmada No.4 Malang Kota.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *