Sunday, March 27, 2011

Terbang ke Hong Kong Bersama idBlogNetwork

Pagi itu sekitar jam 6 pagi, Pesawat Cathay Pacific dengan nomor penerbangan CX798 mendarat dengan mulus di Hong Kong International Air Port. Saya bersama temans Blogger @amriltg, @bennychandra, @priyadi, @isnuansa, @Jauhari, serta bersama Boss-nya idBlogNetwork, yaitu @MubaRika_D dan @radityo_da akan melihat secara langsung keajaiban Hong Kong Disneyland selama 3 hari.

Selama ini saya belum pernah sekalipun bertemu muka atau kopi darat dengan mereka, namun yang saya rasakan selama tiga hari tersebut, suasana kekeluargaan yang luar biasa diantara kami, saling sharing pengalaman kehidupan pribadi maupun dunia blogger. Sungguh saya bersyukur bisa bertemu dengan mereka. Terima kasih yang sangat kepada idBlogNetwork yang telah mempertemukan kami.

Flashback ke belakang sejenak..., saya mengenal idBlogNetwork sejak awal diluncurkannya yaitu 1 Agustus 2010, namun saya tidak langsung bergabung, saya ingin tahu lebih dalam konsep, visi dan misinya. Gebrakan pertama dari idBlogNetwork atau sering disingkat dengan IBN, adalah berhasil menggaet operator Telco besar di Indonesia sebagai advertiser.

Dari situlah, saya mulai tertarik, dan akhirnya bergabung dengan IBN pada tanggal 28 September 2010. Membaca dari website resminya idblognetwork.com, konsep dari IBN adalah memfasilitasi advertiser untuk melakukan kampanye marketing melalui jaringan blogger Indonesia.

Di Disney's Hollywood Hotel

IBN meng-create platform yang menghubungkan Blogger dengan Advertiser/Brand melalui satu platform dan dapat diakses real time secara langsung untuk memantau kesuksesan sebuah digital campaign, sekaligus meningkatkan brand awareness, brand building, serta menjaga brand image melalui konsep "mouth to mouth" ala media digital. Selain Pay per Click (PpC), IBN juga menyediakan layanan Pay Per Action (PpA) dan Pay Per Post (PpP).

Yang membuat saya respek adalah IBN tidak asal-asalan menerima Blogger untuk bergabung, hanya Blog dengan konten orisinal dan berkualitas yang akan diterima. Dan tidak segan-segan akan melakukan blacklist bagi Blogger yang melangar aturan.

Lumayan, saya juga kecipratan rezeki dari IBN. Saya mendapatkan Job Review beberapa produk, dan alhamdulillah saya sudah mendapatkan transfer melalui rekening BCA saya, sebagai fee pembayaran review saya tersebut.

Dan yang tak saya duga sebelumnya, saya terpilih bersama lima bloger lainnya untuk melakukan Tour meliput ulang tahun ke-5 Hong Kong Disneyland. Wah suatu kehormatan dan kebanggan bagi saya khususnya, dan umumnya bagi Blogger Indonesia, yang berarti tulisan Blogger saat ini dihargai dan berpengaruh terhadap opini publik.

Selama di Hong Kong Disneyland saya banyak berdiskusi dengan Mbak Rika sebagai Businness Director idBlogNetwork tentang Visi dan Misi idBlogNetwork. Awalnya saya bertanya mengenai kenapa Agency Hong Kong Dinsneyland memilih idBlogNetwork sebagai fasilitator Blogger Indonesia untuk berkunjung ke Hong Kong Disneyland.

Mbak Rika menjelaskan bahwa Agency tersebut dikenalkan kepadanya oleh temannya. Setelah itu IBN dan Agency tersebut terlibat dalam pembicaraan serius, dan alhamdulillah akhirnya IBN dipercaya untuk mengirimkan Blogger ke Hong Kong, karena mereka yakin akan kemampuan dan komitmen Blogger Indonesia yang tergabung dalam idBlogNetwork.

Foto Bersma Mickey Tokoh Karakter Disney

Mbak Rika juga menjelaskan bahwa, idBlogNetwork akan merangkul para Blogger untuk maju bersama, dan tidak ingin para Blogger dipandang sebelah mata. Dan diprediksikan bahwa kampain digital akan terus tumbuh dan berkembang di Indonesia. Bahkan kedepan akan mengalahkan kampain konvensional yang melalui media koran dan televisi.

Hal tersebut, tentunya sebuah peluang yang besar bagi kita sebagai Blogger, jangan kita sia-siakan kesempatan tersebut, mari kita update knowledge, kita buat tulisan yang bermutu, berkualitas dan original. Tidak gampang memang, sama saya juga sedang belajar dan berjuang. Tapi kalau kita punya keyakinan, tidak ada yang tidak bisa, pasti bisa, Yes we can. Majulah Blogger Indonesia.

Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih dan sangat apreciate kepada idBlogNetwork atas langkah yang fenomenal dalam dunia digital di Indonesia dan banyak menginspirasi Blogger Indonesia untuk maju. Semoga idBlogNetwork semakin berkembang seiring dengan majunya Blogger Indonesia.






7 comments :

  1. Terima kasih banyak atas support mas Setyo. Tanpa support mas Setyo dan ribuan blogger Indonesia, Idblognetwork bukanlah apa-apa.

    ReplyDelete
  2. Sama-sama Mbak Rika, kita saling mendukung untuk memajukan dunia digital di Indonesia

    ReplyDelete
  3. Posting yang luar biasa Mas Setyo. Senang rasanya bisa berkenalan akhirnya dengan Mas Setyo waktu kita ke Hongkong :)

    ReplyDelete
  4. Sama-sama Mas Amril, saya banyak menimba ilmu dari Mas Amril, terima kasih

    ReplyDelete
  5. Selamat ya mas bisa jalan-jalan gratis...
    pengin juga

    ReplyDelete
  6. @Mas Jauhari: semoga next time kita bisa jalan bareng lagi bersama teman-teman.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *