Tuesday, April 19, 2011

Imunisasi atau Vaksinasi pada Bayi di RS Mitra Keluarga

Pagi itu, saya meluncur bersama istri dan Ade Bayi Rizky yang berumur dua bulan ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Waru Sidoarjo. Kami berencana untuk kontrol kesehatan Bayi dan Imunisasi.

Setelah ambil nomor urut, kami menunggu panggilan untuk ke counter membayar administrasi poli dan jasa dokter. Tak lama, tiba giliran kami, tarif mengalami penyesuaian untuk jasa dokternya menjadi Rp. 82.000 dan biaya administrasi Rp. 12.500;

Sebelum dipanggil ke ruang praktek Dokter Ahmad Fauzin, Istri saya membawa Rizky ke tempat penimbangan dan pengukuruna tinggi badan. Alhamulillah beratnya terus bertambah dan normal. Berat Rizky 5,7 kilogram dan tingginya 58 centimeter.

Suster dari pintu ruang Dokter spesialis anak memanggil nama Farid Rizky Budianto. Masuklah kami ke ruang praktek. Seperti biasa Dokter Faizin bertanya terlebih dahulu, tentang ada tidaknya keluhan, dan selanjutnya memeriksa fisik dan kondisi Rizky.

Setelah dirasa segala sesuatunya normal, kemudian Dokter cek melalui layar komputernya tentang riwayat kesehatan serta imunisasi yang harus dilakukan pada Rizky.

Ternyata ada dua yang harus dilakukan vaksinasi yaitu HIB dan Polio. HIB dilakukan melalui suntikan di paha dan Polio dengan cara oral diminumkan. Alhamdulillah Rizky tidak nangis hanya "oeek" satu kali saja waktu jarum suntik menyentuh pahanya.

Dokter Memeriksa Kondisi dan Kesehatan Rizky

Sebelum pulang, saya ke kasir dulu menyelesaikan biaya imunisasi. Untuk vaksin Polio biayanya Rp. 10.290, yang mahal adalah vaksin HIB yaitu Rp. 409.000;.

Saya cek di buku kontrol, sampai saat umur dua bulan, Rizky sudah mendapatkan imunisasi BCG, DPT, Polio, Hepatitis B dan HIB. Dan yang belum adalah Campak, MMR dan Varilrix.

Saya tidak tahu persis fungsi-fungsinya imunisasi tersebut. Saya coba tanya ke Mbah Google, secara ringkas jawabannya sebagai berikut:
  • BCG untuk melawan tuberkulosis
  • DPT dan Polio untuk melawan Dipteria, pertusis, tetanus, dan polio.
  • Hepatitis B untuk mencegah penyakit Hepatitis B
  • Campak untuk menghindari Campak
  • MMR melawan demam campak, beguk dan rubela

Vaksin yang mahal yaitu HIB (Hemophilus Influenzae type B), tujuannya yaitu menghindari radang selaput otak. Katanya biasa radang tersebut terjadai pada negara-negara yang ada musim dinginnya, seperti Amerika, Australia dan negara-negara di Eropa.

Namun sekarang ini kan sudah banyak bule yang main ke Indonesia, demikian juga sebaliknya. Untuk berjaga-jaga, karena radang selaput otak dapat menimbulkan kematian dengan cepat dan bila sembuh, kemungkinan si anak bisa cacat seperti orang terkena stroke.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *