Sunday, May 29, 2011

Beli Oleh-Oleh Khas Makassar

Setelah selesai acara seminar Blogilicious di Universitas Hasanuddin Makassar hari pertama, saya mencari oleh-oleh khas Makassar terlebih dahulu sebelum malamnya balik ke Surabaya. Saya diantar sama Mas Radit, Mbak Rika, Mas Gempur, Mas Anjari dan Mas Syarif mencari oleh-oleh khas Makassar. Untungnya Mas Syarif adalah asli Makassar jadi tahu tempat belinya.

Kami menuju ke Jalan Kijang no 7D, tepatnya ke Toko Oleh-Oleh Khas Makasar yaitu Otak-Otak Ibu Elly. Saya langsung masuk ke Toko tersebut, ramai juga, banyak yang beli. Rata-rata pembelinya dari luar pulau Sulawesi.

Meskipun namanya Toko tersebut adalah Otak-Otak Ibu Elly, namun yang dijual tidak hanya Otak-Otak, juga oleh khas Makassar lainnya misalnya Udang Segar, Ikan Kering Sunu, Abon Ikan Tengiri, Gogos Ikan Tenggiri, Madu Asli, Sup Kelapa Ikan Woku, Sup Kepala Ikan Pallubasa, Bakso Sapi, Telur Ikan Tenggiri, Telur Ikan Terbang, Pisang Ijo Asli Pandan, Sambel Kuning, Minyak Gosok, Kacang-kacangan, Markisa Asli, Kue Tradisional dan Sutra Khas Makasar.

Suasana Toko Ibu Elly

Saya beli tiga jenis oleh-oleh yaitu Otak-Otak, Markisa Asli dan Abon Ikan Tengiri. Otak-Otak Ibu Ellybetul-betul dibuat dari Ikan Tenggiri yang segar dan diracik dengan rempah-rempah pilihan dan yang penting tanpa bahan pengawet. Makannya pakai sambal petis.

Sebenarnya OtakOtak tersebut bisa langsung dimakan, namun agar terasa nikmat lagi, bisa dipanasi dulu atau dipanggang di atas wajan dengan api kecil beberapa menit seblum dimakan. Agar awet lebih baik masuk ke Freezer Almari Es.

Otak-Otak Khas Makassar Ibu Elly

Markisa yang dijual di Toko Ibu Elly juga terkenal dengan keasliannya. Terbuat dari Sari Buah Markisa, Gula tebu dan a Benzoat. Cara penyajiannya seperti sirup, dicampur dengan air dingin, akan terasa segarnya.






6 comments :

  1. Pengen abon ikan tenggiri... Pasti rasanya maknyus.

    Nyobain Mie Titi juga kan, Mas di Makassar?

    ReplyDelete
  2. @Mbak Isnuansa: betul rasanya Maknyus Mbak.
    Nggak sempat Mbak, habis acara hari pertama blogilicious saya langsung balik ke Surabaya.

    ReplyDelete
  3. Otak-otak dan nyu'nyang yang mantap.....

    ReplyDelete
  4. Ikan Bakar, Pisang Epe, Cotto Makassar... mak nyussss....

    ReplyDelete
  5. Betul, makanan khas Makassar memang manstap :-)

    ReplyDelete
  6. Wahh sudah lama gak makan nih otak otak ibu elly, enak bgt.. nagihh teruss hahaha

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *