Tuesday, June 7, 2011

Tips Pencahayaan Ideal untuk Rumah

Saya ingin membuat rumah saya senyaman mungkin bagi seluruh anggota keluarga. Salah satu hal yang mempengaruhi kenyamanan tinggal di rumah adalah unsur pencahayaan, terutama pada malam hari. Berbicara tentang pencahayaan tidak terlepas dari kata lampu.

Saya teringat waktu kecil tinggal di Desa Cepiring yang masuk Kabupaten Kendal Jawa Tengah, waktu itu listrik belum masuk sehingga kami menggunakan cahaya lampu dari minyak tanah, sehingga pagi harinya ketika bangun, kalau  lubang hidung dipegang hitam semua xixixi.

Kemudian muncul lampu petromax yang agak maju, minyak yang digunakan adalah minyak spirtus. Saya waktu awal-awal duduk di bangku Sekolah Dasar di SD Karangayu 1 Cepiring, mengandalkan lampu tersebut untuk belajar. Meskipun dengan pencahayaan seadanya, alhamdulillah saya selalu dapat rangking tiga besar di SD tersebut.

Beruntung anak-anak sekarang, bisa belajar dengan di temani lampu bertenaga listrik. Semisal anak saya Alif yang saat ini duduk di bangku SD. Saya siapkan kamar tersendiri beserta meja belajar yang cukup besar. Dan di kamarnya sudah saya atur lampu penerangan kamar sendiri, lampu khusus belajar dan lampu untuk tidur.


Berbicara mengenai lampu tenaga listrik, saat ini sangat banyak jenisnya yang beredar antara lain lampu halogen, lampu TL, Lampu Nenon, Lampu Mercuri dan Lampu LED.

Pemilihan lampu yang akan digunakan untuk pencahayaan tentunya harus disesuaikan dengan penggunaan, kondisi ruangan , desain ruangan serta nuansa yang diinginkan, sehingga memberikan kenyamanan.

Kita harus pandai memilih lampu yang sesuai, berikut beberapa tips pencahayaan yang bisa dijadikan acuan:
  • Pilih lampu yang tidak membuat silau, yang memberikan nuansa alami putih yang nyaman bagi mata.
  • Pilih lampu yang mempunyai daya umur yang lebih panjang
  • Pilih lampu yang tidak beracun, terutama racun timah dan mercuri
  • Pilih lampu yang hemat energi
  • Pilih lampu yang tidak memancarkan panas. Panas ini tidak hanya membuat secara fisik tidak nyaman, itu juga bdapat mengubah warna dinding

Saat ini, masyarakat mulai pandai memilih dan mulai beralih ke Lampu LED, karena Lampu LED selain tahan lama juga sangat hemat energi sampai 80% dibandingkan dengan menggunakan lampu pijar. Dan yang pasti tidak silau, sehingga nyaman digunakan.

Untuk rumah saya sendiri, memang belum semuanya menggunakan Lampu LED, tapi melihat keunggulan dari Lampu LED tersebut saya juga pengin mengganti lampu yang ada menggunakan Lampu LED.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *