Friday, October 21, 2011

Fasilitas Pengguna Sepeda Yang Nyaman di Amsterdam Belanda

Saya sangat iri melihat pengguna sepeda di Amsterdam Belanda, pemerintahnya sangat memperhatikan kenyamanannya. Ruas jalan-jalan di Amsterdam dapat dipastikan ada jalur sepedanya yang cukup lebar. Jalur sepeda tersebut dikasih warnah merah bata agak gelap, hampir sama dengan warna jalur bus transjakarta di Jakarta.

Tidak hanya di Amsterdam, semua kota di Belanda dilengkapi dengan jalur sepeda, lebih dari 19 ribu kilometer jalur sepeda telah dibangun oleh pemerintah Belanda. Bahkan dipersimpangan jalan dilengkapi dengan lampu lalu lintas untuk sepeda.

Saya lihat, hampir semua tempat usaha di Amsterdam dilengkapi dengan tempat parkir khusus sepeda, bahkan kadang luasnya lebih besar dibandingkan parkir mobil.

Pengguna Sepeda Dimanjakan di Belanda

Begitu juga di kawasan pemukiman, juga disediakan tempat-tempat berupa besi untuk menambatkan sepeda. Setiap keluarga di Belanda, rata-rata memiliki dua sepeda, dan tidak kurang dari 40% warganya memilih menggunakan sepeda sebagai moda transportasinya. Luar biasa.... tidak salah bila Belanda mendapat julukan sebagai Negeri Sepeda.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *