Friday, November 4, 2011

Asyiknya Naik Amsterdam Canal Cruises Menyusuri Kanal Amstel


Pagi menjelang siang itu, kami tiba di Lovers Show Boat untuk naik Amsterdam Canal Cruises menyusuri sungai Amstel. Dermaga Kanal Bus tersebut terletak di Prins Hendrikkade 25 di seberang Hotel Ibis Amsterdam.

Tarif sekali naik adalah 13 Euro atau sekitar 150 ribu rupiah per orang. Selama perjalanan menyusuri kanal kita akan mendengarkan informasi tentang tempat yang kita lewati. Juga kita dengan leluasa dapat melihat pemandangan di sekitarnya karena Boat terbuat dari kaca transparan.

Saya perhatikan, bangunan-bangunan tua di kanan dan kiri sungai terlihat kokoh, terawat dan bersih. Kami juga melewati jembatan  Magere dan banyak lagi jembatan lainya. Yang saya ketahui katanya ada sekitar 1500 buah jembatan penghubung dengan hiasan yang khas.

Kanal di Amsterdam

Selain rumah tua yang dibangun di daratan tepian sungai, juga terdapat rumah-rumah air yang mengambang di atas sungai. Rumah-rumah tersebut cukup mewah. Ada sekitar 3.000 Rumah Air dan tidak akan bertambah lagi, karena pajak yang mahal dan memang Pemerintah Belanda tidak mengijinkan lagi pembangunan rumah air.

Kapal VOC

Yang menarik adalah ada Kapal Kuno yang bersandar yaitu Kapal VOC yang dibuat pada awal abad XVIII, mungkin juga pernah ke Indonesia waktu jaman penjajahan dulu xixixixi. Kurang lebih selama satu jam kami menyusuri Kanal yang bersih dan terkelola dengan baik, dan berharap semoga sungai-sungai di Indonesia nantinya seperti itu.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *