Friday, March 30, 2012

Cara Nyaman Umrah Berkali-kali


Subuh kemarin saya di BBM teman saya, Pak Abud yang sedang melaksanakan Ibadah Umrah di Tanah Suci. Pak Abud memberitahu tempat tinggal, cuaca serta kondisi Mekkah saat ini. Saya jadi teringat kenangan waktu saya melaksanakan Ibadah Haji.

Waktu peaksanaan Ibadah Haji, beberapa kali kami melaksanakan Ibadah Umrah. Mumpung di Tanah Suci, kami berusaha memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk melaksanakan Ibadah Sunah tersebut.

Kebetulan saya sebagai alumni selalu mendapatkan kiriman Majalah Informasi Haji dan Umrah dari Ebad Wisata (Penyelenggara Haji Plus). Berikut beberapa Tips yangsaya sarikan dari Majalah tersebut, sehingga pelaksanaan Ibadah Umrah berjalan dengan nyaman dan insyaallah bisa melakukannya berkali-kali.

Kita bisa pilih miqat (tempat berihram) terdekat dari penginapan. Biasanya yang terdekat adalah Tan'im. Di Tan'im ini juga menjadi miqat penduduk Makkah setempat. Jika kita tinggal di Aziziyah dapat mengambil miqat di Ji'rona.

Miqat untuk Ibadah Umrah

Untuk angkutan menuju miqat, bisa menggunakan bus kota "Sapto" yang terminal bis-nya berada di sisi kiri pintu King Abdul Azis Masjidilharam. Tarifnya cukup murah sekitar 5 real perorang. Bisa juga menggunakan Taksi menuju ke Tan'im, ongkosnya sekitar 30-40 real, untuk lebih hemat bisa berangkat berombongan.

Saat Haji, lalu lintas di sekitar Masjidilharam sangat padat. Beberapa akses masuk menuju Masjidilharam terpaksa ditutup. Selain itu padatnya jemaah di Masjidilharam perlu dipertimbangkan lebih lanjut. Karenanya perlu mengetahui waktu yang tepat untuk Umrah.

Tawaf

Sebaiknya hindari Umrah pada waktu tertentu seperti malam Jum'at, waktu sore hari sampai Sholat Isyak, dan waktu-waktu utama lainnya. Kita bisa berangkat ke Tan'im setelah duha. Selain tidak terlalu panas, angkutan juga masih mudah dicari dan tidak terlalu mahal.

Jika kita memilih waktu yang pas, kita bisa Umrah Sunah dua kali sehari. Tetapi ingat, jangan paksakan diri, lebih-lebih jika belum menunaikan wukuf di Arafah.

Sa'i

Agar waktu untuk Umrah efisien sehingga memungkinkan melakukan Umrah berkali-kali, hindari tempat Tawaf dan Sa'i yang dipadati jamaah. Kita bisa memilih tempat Tawaf di lantai dua atau tiga. Begitu juga dengan tempat Sa'i bisa di lantai dua dan tiga. Karena di tempat-tempat itu volume jamaah tak sepadat di lantai dasar.

Agar tidak tersesat atau demi kenyamanan selama Umrah, jangan melaksanakan Umrah seorang diri. Umrah bersama-sama itu juga dapat menghemat ongkos.

Bersama lebih Nyaman dan Menghemat Ongkos :-)

Mudah-mudah Tips ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan kita diberikan kesehatan dan rejeki oleh Allah SWT, sehingga bisa melaksanakan Ibadah Haji dan Umrah bagi yang belum melaksanakan, dan dipanggil kembali oleh Allah SWT bagi yang sudah melaksanakan. Amin.






1 comment :

Contact Form

Name

Email *

Message *