Thursday, August 23, 2012

Macet Parah di Sumedang pada Mudik Lebaran


Sekitar jam setengah sembilan pagi pada Hari Lebaran Kedua, kami masuk ke pintu Tol Buah Batu dengan tujuan ke Kendal, kira-kira tiga kilomter sebelum pintu Tol Cileunyi, terjadi antrian panjang. Akhirnya sekitar 45 menit kami sampai di pintu Toll, alhamdulillah.

Namun setelah itu, begitu memasuki Jatinangor kawasan pendidikan, kemacetan luar biasa terjadi, karena dari tiga jalur menyempit menjadi satu jalur, hal ini terjadi sampai di Tanjungsari - Sumedang. Luar biasa parahnya, kurang lebih tiga sampai empat jam kami menikmati kemacetan tersebut, xixixixi.

Saya ingat waktu pertama kali saya ke Bandung lewat Sumedang sekitar tahun 1991, jalan raya di Sumedang juga tetap seperti ini, yang berubah adalah Cadas Pangeran yang lebih lebar dan di daerah Jatinangor, selebihnya sama.

Hal tersebut beda jauh dengan Jalur Pantura di Jawa Tengah, mulai dari Losari, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang sampai Kendal, jalan sudah diperlebar, sehingga kami tidak menemukan kemacten yang parah.

Saya lihat di tepi jalanan di Sumedang sudah mulai banyak banner atau spanduk bakal calon Bupati Sumedang periode 2013 - 2018, semoga Bupati terpilih membuat perubahan yang signifikan terhadap jalan jalur utama ini, semoga.... :-)






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *