Sunday, December 30, 2012

Pemeriksaan Imigrasi Perbatasan Hong Kong - China


Kami mendarat di Hong Kong International Air Port sekitar jam setengah sembilan malam, kemudian naik bis menuju ke Shenzhen. Waktu tempuh antara Hong Kong dan Shenzhen kurang lebih satu jam.

Meskipun sejak 1 Juli 1997, Hong Kong telah menjadi bagian dari China, namun diistemewakan sebagai SAR atau Special Administration Regions yaitu kawasan khusus yang diberikan pemerintah China, dimana pemerintahan di kawasan tersebut bersistem one country two system.

Dengan sistem SAR, maka Hong Kong merupakan bagian dari negara China dengan sistem perdagangan, mata uang dan imigrasi yang berbeda namun memiliki sistem militer dan kebijakan yang berada dibawah kekuasaan China.

Add caption

Di Immigration Checkpoint, kami semua di minta turun dari bis dan semua barang bawaan juga dibawa untuk dicek kembali melalui alat penindai. Setelah itu kami mengisi form imigrasi seperti biasanya memasuki suatu negara. Alhamdulillah VISA sudah diurus di Indonesia, sehingga tidak perlu antri lagi mengurus Visa on Arrival. Setelah selesai pemeriksaan, kami bergegas naik ke Bis lagi karena akan melanjutkan perjalanan dan mencari Hotel di Hong Kong untuk beristirahat.






1 comment :

  1. Oh well, I would use my one way ticket just to go in a place like this! That would be just great. To escape..

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *