Saturday, January 18, 2014

Kenangan Naik Sydney Monorail Yang Barusan Ditutup

Bongkar-bongkar album tahun 2005, menemukan photo kenangan saya ketika mau naik Monorail di Sydney. Saya coba googling bagaimana perkembangan monorail tersebut saat ini, mengejutkan, ternyata Pemerintah Kota Sydney telah menutupnya pada bulan Juni tahun 2013 lalu.

Saat ini sedang dilakukan pembongkaran track dan station, diperkirakan akan selesai pada bulan Maret 2014. Sebetulnya sayang juga Monorail tersebut dibongkar, sangat bermanfaat bagi turis karena melewati tempat wisata antara lain Powerhouse Museum, Sydney Aquarium and Sydney Convention and Exhibition Centre.

Monorail tersebut telah beroperasi selama 25 tahun sejak dibuka pertama kali pada tahun 1988. Adapun alasan penutupannya dikarenakan akan dilakukan pengembangan Sydney International Convention, Exhibition and Entertainment Precinct di Darling Harbour yang kena jalur Sydney Monorail.

Map of Sydney Monorail

Jalur Sydney Monorail berupa single loop dengan panjang 3,6 km dengan melewati 8 station yaitu  Harbourside, Convention, Paddy's Markets, Chinatown, World Square, Galeries Victoria, City Centre dan Darling Park. Monorail ditutup di Sydney, di Jakarta sedang ribut mau bangun Monorail xixixixi. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali :-)






2 comments :

  1. Sayang juga ya pak mono eralnya di hapus. Soalnya naik mono rail di Sydney ini yang paling berkesan tu saat kita melntas diantara bangunan-bangunan tuanya. Artistik, betapa terpelihaaranya. Kalo naik monoral lihat bidang-bidang yang luas seperti pemandangan kota dll., pemandangan kehijauan. itu mah biasa.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *