Sunday, April 26, 2015

Melongok Seramnya Penjara di Pulau Alcatraz San Francisco


Suatu kesempatan yang langka saya dapat melihat langsung dan merasakan seramnya penjara di Pulau Alcatraz San Francisco United States of America. Sejak dibuka untuk umum pada tahun 1973, kini Alcatraz menjadi salah satu tujuan wisata favorit di San Francisco selain Golden Gate Bridge.

Untuk menuju ke pulau Alcatraz, saya pesan tiket Alcatraz Tour dulu sehari sebelumnya. Kapal yang membawa kami berangkat dari Dermaga 33 San Francisco dan menempuh waktu kurang lebih 15 menit. Memang nggak terlalu jauh hanya sekitar 1 mil.

Akhirnya saya beserta rombongan penumpang Cruises tiba di pulau yang luasnya 9 hektare tersebut, sebelum masuk ke dalam penjara kami dikasih briefing secara singkat tentang penjara Alcatraz.


Naik Alcatraz Cruises Untuk Menuju Pulau Alcatraz

Alcatraz pertama-tama dibangun sebagai instalasi militer pada 1850 dan kemudian diubah menjadi penjara militer, hingga 1933. Barak Hukuman Amerika Serikat di Alcatraz diambil alih oleh Departemen Kehakiman Amerika Serikat pada 12 Oktober 1933.


Di Pulau Alcatraz San Francisco

Pulau ini menjadi penjara federal pada Agustus 1934. Penjara ini ditujukan untuk narapidana-narapidana yang sering membuat masalah di penjara federal Amerika lainnya (meloloskan diri, membuat keonaran, pembunuhan sesama napi, dan sebagainya).


Di Depan Gedung Penjara Alcatraz San Francisco

Pada pintu masuk utama, kami diberi perangkat audio untuk mendengarkan cerita di lorong-lorong penjara maupun di tempat-tempat penting, semisal barak makan, sel penjara, ruang isolasi, ruang penyimpanan senjata dan ruang berkunjung.

Pintu Masuk Utama Tour di Penjara Alcatraz

Dari wikipedia, saya memperoleh informasi juga bahwa selama 29 tahun penggunaannya, di penjara mendekam penjahat-penjahat terkenal kelas kakap seperti Al Capone, Robert Franklin Stroud (Manusia burung dari Alcatraz), dan Alvin Karpis, yang ditahan di Alcatraz jauh lebih lama daripada tahanan manapun.


Di Dalam Gedung Penjara Alcatraz

Pada masa operasinya, penjara ini mengklaim tidak ada satupun narapidana yang berhasil meloloskan diri, meskipun seperti umumnya penjara, ada saja penghuninya yang berupaya meloloskan diri, tetapi selalu gagal.

Sekitar 36 napi melakukan 14 kali usaha meloloskan diri, dua orang mencoba 2 kali; 23 tertangkap, enam lainnya tewas ditembak saat mencoba, dua tenggelam, dan lima sisanya dinyatakan "hilang dan kemungkinan tenggelam".


Kondisi Sel Penjara Alcatraz San Francisco

Dengan keputusan Jaksa Agung AS Robert F. Kennedy, tempat tahanan ini ditutup untuk selama-lamanya pada 21 Maret 1963. Penjara ini ditutup karena biaya operasinya jauh lebih mahal daripada penjara-penjara yang lain, dan teluk ini mengalami polusi karena sampah dari sekitar 250 tahanan dan 60 keluarga Biro Penjara di pulau itu.

Banyak film yang menceritakan tentang pulau yang dikenal juga sebagai "The Rock," (Batu Karang) The Rock, Escape From Alcatraz dan X-Men: The Last Stand. Jangan lewatkan melongok pulau Alcatraz bila ke San Francisco.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *