Wednesday, September 9, 2015

Inilah Peta Jalur dan Stasiun Kereta Api Ringan LRT Bogor - Cibubur - Bekasi - Jakarta


Dua hari lalu ketika saya lewat Tol Jagorawi sempat memotret kesiapan pembangunan Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit (LRT) Cibubur - Cawang di seberang Taman Angrek Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Alhamdulillah tadi saya baca di berbagai media online telah dilakukan groundbreaking pembangunannya oleh Presiden RI Joko Widodo dan diharapkan dapat beroperasi pada tahun 2018.

Saya sebagai warga Cibubur turut senang dengan dimulainya pembangunan LRT ni, paling akan dapat mengurai kemacetan, serta waktu tempuh dari Cibubur ke pusat Kota Jakarta akan lebih singkat, hanya sekitar 30 menit.

Rencananya pembangunan LRT ini akan dibagi menjadi 2 tahap. Untuk tahap 1 dengan jumlah 18 statsiun dan panjang 42,1 km yang meliputi jalur Cibubur - Cawang, Bekasi Timur - Cawang, dan Cawang - Kuningan - Dukuh Atas. Untuk rute tahap II adalah Cibubur - Bogor, Dukuh Atas - Palmerah - Senayan, dan Palmerah – Grogol dengan panjang 41,5 km, dengan jumlah stasiun yang dibangun sebanyak 10 stasiun.

Pembangunan LRT Cibubur - Cawang di depan Taman Anggrek TMII

Berikut adalah rencana stasiun Tahap 1, yang dibangun di Jalur Cibubur - Dukuh Atas : Cibubur, Kampung Rambutan, Taman Mini, Cawang 1, Cawang 2, Cikoko, Pancoran, SMESCO, Kuningan, Soemantri B, Kuningan Sentral, Dukuh Atas. Sedangkan Stasiun Jalur Bekasi - Cawang : Bekasi Timur - Bekasi Barat, Cikunir, Jatibening, Halim, Cawang 2.

Map Rencana Jalur Kereta Api Ringan LRT Bogor - Cibubur - Bekasi - Jakarta [credit: kompas.com]

Sedangkan untuk tahap 2 untuk Jalur LRT Bogor - Cibubur ada beberapa stasiun yaitu Baranangsiang, Sentul, Sirkuit Sentul, Cibinong, Gunung Putri dan Cibubur. Untuk Jalur Dukuh Atas - Grogol akan ada Stasiun Dukuh Atas, Gelora Palmerah, Tomang dan Grogol, sedangkan untuk jalur ke Senayan dari Dukuh Atas akan melewati Stasiun Palmerah, Gelora Bung Karno dan terakhir adalah Stasiun Plasa Senayan.

Stasiun Kereta Ringan LRT Bogor - Cibubur - Bekasi - Jakarta [credit: Adhi Karya]

Kedepannya LRT ini akan terintegrasi dengan Busway, MRT, kereta KRL, Kereta Bandara, dan Kereta Api Cepat Bandung-Jakarta. Alhamdulillah kalau hal ini terwujud, tinggal di Jakarta dan sekitarnya akan semakin nyaman.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *