Tuesday, May 3, 2016

Kuil Sensoji Asakusa Tokyo Tertua di Jepang


Kuil Sensoji hanya berjarak sekitar 50 meter dari Stasiun, sehingga sangat mudah untuk ditemukan. Kuil yang dibangun pada abad ke 6, merupakan kuil tertua di Jepang dan merupakan kuil yang paling ramai di Jepang.

Saya masuk melalui Gerbang Kaminarimon (Halilintar), di gerbang tersebut terdapat lentera kertas (lampion) berukuran besar di bagian tengahnya sebagai ciri khas kuil ini. Tepat kanan dan kiri gerbang terdapat dua patung dewa pelindung, yaitu Raijin (Dewa Petir) dan Fujin (Dewa Angin).

Selanjutnya melalui Nakamike Street, jalan utama menunuju Kuil yang kanan-kirinya berderet rapi toko yang menjual berbagai macam souvenir. Saya membeli gelas mungil khas jepang untuk kenang-kenangan.

Gerbang Halilintar Kaminarimon

Kuil Sensoji tepat berada di ujung jalan Nakamike tersebut. Menurut cerita, pada tahun 628 sepasang nelayan kakak beradik, Hinokuma Hanamari dan Hinokuma Takenari, menemukan patung Dewi Kannon tersangkut jaring mereka di Sungai Sumida.

Nakamike Street

Di depan Main Hall

Sesepuh desa kemudian membangun kuil untuk menghormati Bodhisattwa Kannon tersebut yang juga dikenal sebagai Guan Yi, Dewi Welas Asih. Kuil ini dibangun pada tahun 645, dengan nama Asakusa Kannon Temple, yang kemudian dikenal dengan nama Kuil Sensoji.






No comments :

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *