Saturday, October 8, 2016

Vaksinasi Meningitis Untuk Ibadah Umroh di Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta


Pagi itu, saya bersama istri dan anak berangkat dari rumah Kota Wisata Cibubur sekitar jam enam menuju Rumah Sakit Fatmawati Jakarta untuk vaksinasi meningitis sebagai salah satu syarat untuk melaksanakan Ibadah Umroh di Tanah Suci yang insyaallah akan kami laksanakan pada Bulan Desember tahun ini.

Kurang lebih pukul 7.15, kami sampai di RS Fatmawati, namun ternyata kuota sudah habis. Saya iseng-iseng nanya ke bapak yang sedang mengisi formulir, beliau bilang sudah ngantri sejak jam 5 pagi. Akhirnya saya putuskan langsung menuju tempat vaksinasi meningitis yang berada di Kantor Kesehatan Halim Perdana Kusuma.

Sampai di sana sekitar pukul 8.30 pagi, lagi-lagi kuota habis, padahal cukup banyak yang disediakan yaitu sekitar 300 vaksin. Kami dikasih tahu untuk mencoba di Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok. Kami langsung tancap gas ke sana, berbekal Google Map, akhirnya sampai juga.

Pengisian Formulir Vaksinasi Meningitis di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Tanjung Priok

Alhamdulillah, bisa dapat urutan ke 89-90-91-92 dan ternyata tidak ada jatah kuota vaksin di sini, semua yang datang dilayani hingga pukul 3 sore. Ruangnya cukup bersih dengan pendingin udara yang memadai, petugaspun sangat ramah.

Alur proses vaksinasi meningitis jelas terpampang di dinding dan kalau kesulitanpun akan dibantu dengan ramah oleh petugas. Yang pertama adalah mengambil karcis antrian kemudian mengisi formulir. Setelah dipanggil sesuai antrian kemudian menyerahkan formulir dengan membawa foto copy Paspor dan tidak perlu menyerahkan pas foto 4x6.

Setelah itu akan dipanggil untuk masuk ruang pemeriksaan dokter, dan setelah dinyatakan tidak ada indikasi alergi dan penyakit lainnya, kemudian melakukan pembayaran ke Loket BRI sebesar Rp. 305.000;. Selanjutnya menunggu untuk dipanggil ke ruang vaksinasi.

Ruang Vaksinasi Meningitis

Setelah dilakukan vaksinasi, kami menunggu sebentar untuk memperoleh buku kuning pertanda telah dilakukan vaksinasi meningitis yang berlaku selama dua tahun.

Oh yaa, vaksin meningitis diperlukan untuk mencegah infeksi serius pada selaput otak dan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh bakteri meningitis meningokus yang bisa menyebabkan kematian. Semoga bermanfaat.






2 comments :

  1. Sebagai alternatf bisa di Asrama Haji Bekasi Pak Setyo, +/- 18 km dari Kowis atau sekitar 40 menit driving. Pengalaman saya datang jam 8.15 sekitar jam 1/2 10 sudah selesai (nomer antrian 102 :D). Minusnya harus sekalian vaksin influenza sehingga kurleb total biaya 405 ribu. Untuk saya karena wanita usia dibawah 45 tahun harus test pack (hamil/tidak) dulu sehingga total biaya 480 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih informasinya Bu Liza, baru tahu saya :-)

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *