Sungai Kapuas Kalimantan - Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Kapuas di Kalimantan - Sungai Terpanjang di IndonesiaPagi itu, sehabis sholat subuh, saya berniat untuk melihat sungai kapuas dari dekat. Kebetulan Hotel tempat saya menginap di Pontianak dekat dengan aliran sungai terpanjang di Indonesia itu.

Saya berjalan kaki, saya lihat aktifitas sudah mulai menggeliat, saya perhatikan, hampir semua warganya keturunan Cina. Tapi mereka juga saudara kita, saudar sebangsa, bangsa Indonesia.


Kurang dari setengah jam, saya sudah sampai diujung jembatan yang melintasi sungai Kapuas. Jembatan ini dibagi 3 jalur. Jalur tengan untuk kendaraan roda empat atau lebih. Jalur di sisi kanan dan kirinya yang ukurannya lebih kecil adalah untuk pejalan kaki, sepeda dan sepeda motor.


View Sungai Kapuas - Pontianak - Kalimantan in a larger map

Saya lihat sungai ini sangat lebar dan sungai ini merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1.143 km, terbentang dari Kalimantan Barat sampai dengan Kalimantan Selantan.

Comments

  1. I need complete information or an article about Kapuas River. I searched for it until I reached this article. Sorry, it tells us a little only. Who could inform me more about the river in this forum? Thank you for your understanding.

    ReplyDelete
  2. Dear Pak Bambang, you can find more detail about Kapuas River from Wikipedia, please visit this URL https://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Kapuas . Thank you

    ReplyDelete

Post a Comment