Belajar CDMA System Engineering di R&D Samsung

R&D Samsung di Suwon KoreaSecurity sangat ketat diterapkan di komplek Research and Development Samsung Electronic di Suwon Korea. Karena di sinilah produk baru dari Samsung dirancang, sehingga diharapkan tidak ada informasi atau data yang bocor ke luar, terutama ke kompetitor.

Komplek R&D Samsung sangat luas dan terdiri banyak gedung. Untuk itu dilakukan dua kali pemeriksaan keamanan yaitu di pintu gerbang utama dan pintu masuk di tiap gedung. Untuk gedung tertentu bahkan tidak diperbolehkan membawa tas, laptop, flashdisk, dan Kamera.


Kelas kami berjumlah 11 orang, berasal dari Jakarta, Surabaya dan Bandung, yaitu:
- Anang Ariefsjam
- Bagus Budi Wibowo
- Bagus Muharranto
- Bhakti Dharmastuti Insanitaqwa
- Dadang Zaenal Mu’tarif
- Dian Lestari
- Mahardi Prabowo
- Mulyo Widodo
- Setyo Budianto
- Widyo Winarno
- Yacob Tambunan


Rekans di Kelas System Engineering
Kami belajar mengenai CDMA System Engineering selama 2 minggu. Fokus yang dipelajari adalah:
- Samsung WGW MMG-300S System Overview
- Samsung WSS SSX-300C System Overview
- WSS H/W Overview
- Samsung Wireless Gateway MMG-300S Hardware
- AceMAN WSS/WGW
- BSS Engineering
- PDN Engineering

Pelajaran dimulai jam 09.30 dan selesai jam 16.30, setiap satu jam ada break untuk ke toilet, minum serta makan snack.


Cafetaria Tempat Makan Siang dan Malam
Untuk makan siang dan malam, kami diberi kartu elektronik yang harus ditempelkan ke mesin reader setiap kali akan mengambil makan. Sebetulnya, lebih tepat dinamakan makan sore, bukan malam, karena waktunya masih sore yaitu jam 17.30. Ini mungkin yang membuat orang korea kebanyakan tidak gemuk dan perutnya langsing. Patut kita contoh.

Cafetaria-nya cukup besar, di pintu masuk cafetaria ada daftar pilihan menu, bagi yang beragama Islam perlu berhati-hati, karena sebagian masakan mengandung pork atau babi. Sehabis makan, kita harus membawa sendiri tempat makan kita ke tempat cucian.


Lapangan Olah Raga
Tempat olah raga juga tersedia, bahkan lapangan sepak bola juga ada. Yang tidak tersedia adalah tempat ibadah untuk sholat. Sehingga kami mengambil wudhu di wastafel dan sholat di ruang kelas. Sholat jum’at, juga kami lakukan di ruang kelas.

Comments