Asal - Usul atau Silsilah Keluarga


Setiap tahun keluarga besar Kakek saya Alharhum Achmad Prawiro mengadakan pertemuan keluarga, biasanya bersamaan dengan liburan Lebaran. Kebetulan dua tahun lalu acaranya diselenggarakan di Rumah kami di Cepiring Kendal.

Om Agus, adik dari ibu saya, waktu itu bercerita tentang asal-usul keluarga Mbah Achmad Prawiro (Bapak dari Ibu saya), cerita dari beliau, bahwa kami adalah keturunan dari Raja Mataram yang kedua yaitu Panembahan Hadi Prabu Hanyokrowati, sehingga anak keturunannya mendapatkan gelar Raden untuk laki-laki dan Raden Nganten untuk perempuan.

Empat minggu lalu, terbersit keinginan saya untuk lebih tahu asal-usul saya, untuk memberikan informasi ke anak-anak atau keturunan saya nantinya, supaya tidak kepaten obor atau bisa ngumpulke balung pisah keluarga. Lalu saya telpon Om Agus untuk mengirimkan file hasil scanner sertifikat Om Agus dari Tepas Darah Dalem Kraton Yogyakarta. Tepas Darah Dalem merupakan institusi dari Kraton Yogyakarta yang bertugas mengeluarkan serat kekancingan atau sertifikat silsilah keluarga kraton Yogyakarta.

Sertifikat atau Kekancingan Om Agus dari Kraton Yogyakarta

Selama kurang lebih tiga minggu, saya googling di internet untuk mencari referensi dari data yang saya peroleh dari Om Agus. Saya menemukan data di wikipedia tentang Panembahan Hadi Prabu Hanyokrowati, Panembahan Senopati dan Ainul Yaqin (Sunan Giri - Wali Sanga).

Keturunan Panembahan Hadi Prabu Hanyokrowati (Raja Mataram ke-2)

Dari data tersebut diketahui bahwa Panembahan Hadi Prabu Hanyokrowati yang merupakan Raja ke-2 Mataram adalah putra dari Panembahan Senopati (Raja ke-1 Mataram), sedangkan Panembahan Senopati yang nama aslinya Danang Sutawijaya adalah putra sulung pasangan Ki Ageng Pamanahan dan Nyai Sabinah. 

Mbah Achmad Prawiro


Mbah Achmad Prawiro di Rumah Depok Desa Sukodadi Kendal Jawa Tengah
                   
Menurut naskah-naskah babad, ayah dari Panembahan Senopati adalah keturunan Brawijaya raja terakhir Majapahit, sedangkan ibunya adalah keturunan Sunan Giri anggota Walisanga. 


Panembahan Senopati (Raja Mataram ke-1)

Dikutip dari Wikipedia, berdasarkan riwayat pesantren-pesantren Jawa Timur dan catatan nasab Sa'adah BaAlawi Hadramaut disebutkan Sunan Giri ia adalah anak Maulana Ishaq, seorang mubaligh yang datang dari Asia Tengah.

Maulana Ishaq diceritakan menikah dengan Dewi Sekardadu, yaitu putri dari Menak Sembuyu penguasa wilayah Blambangan pada masa-masa akhir kekuasaan Majapahit. 

Sunan Giri

Disebutkan juga bahwa Sunan Giri juga merupakan keturunan Rasulullah SAW, yaitu melalui jalur keturunan Husain bin Ali, Ali Zainal Abidin, Muhammad al-Baqir, Ja'far ash-Shadiq, Ali al-Uraidhi, Muhammad an-Naqib, Isa ar-Rumi, Ahmad al-Muhajir, Ubaidullah, Alwi Awwal, Muhammad Sahibus Saumiah, Alwi ats-Tsani, Ali Khali' Qasam, Muhammad Shahib Mirbath, Alwi Ammi al-Faqih, Abdul Malik (Ahmad Khan), Abdullah (al-Azhamat) Khan, Ahmad Syah Jalal (Jalaluddin Khan), Jamaluddin Akbar al-Husaini (Maulana Akbar), Maulana Ibrahim Al-Hadrami Azmatkhan, Maulana Ishaq, dan 'Ainul Yaqin (Sunan Giri).

Panembahan Hadi Prabu Hanyokrowati atau Raden Mas Jolang (Raja Mataram ke-2)

Berdasarkan data-data tersebut, maka saya susun Silsilah Keluarga berdasarkan keturunan Rasulullah Nabi Besar Muhammad SAW adalah sebagai berikut:
  1. Fatimah Az-Zahra  atau Fatima Binti Muhammad SAW az Zahra
  2. Husain Asy-Syahid atau Husayn Ibn Ali
  3. Ali Zainal Abidin atau Al-Imam Ali Zainal Abidin
  4. Muhammad Al-Baqir atau Abu Ja'far
  5. Ja'far ash-Shadiq atau Ja'afar As-Sodiq
  6. Ali al-Uraidhi atau Ali Bin Ja'far
  7. Muhammad an-Naqib 
  8. Isa ar-Rumi 
  9. Ahmad al-Muhajir bin Isa ar-Rumi
  10. Ubaidullah 
  11. Alwi al-Mubtakir 
  12. Muhammad Maula Ash-Shaouma’ah 
  13. Alwi Shohib Baiti Jubair (Alwi Ats-Tsani)
  14. Ali Khali' Qasam 
  15. Muhammad Shohib Mirbath atau Muhammad Shohib Mirbath bin Ali Kholi Qosam
  16. Alwi Ammi Al-Faqih (Alawi Ammil Al Faqih)
  17. Abdul Malik (Sayyid Abdul Malik
  18. Abdullah al-Azhamat Khan atau Al-Amir Abdullah Azmatkhan
  19. Ahmad Syah Jalaluddin (Jalaluddin Khan
  20. Jamaluddin Akbar al-Husaini atau Maulana Husain Jumadil Kubro
  21. Maulana Ibrahim Al-Hadrami Azmatkhan 
  22. Maulana Ishaq (Marga : Azmatkhan)
  23. Ainul Yaqin (Sunan Giri - Wali Sanga
  24. Sunan Dalem Wetan (Maulana Zainal Abidin)
  25. Nyai Made Pandan 
  26. Kyai Ageng Saba 
  27. Nyai Sabinah Ageng Pamanahan (istri dari Ki Ageng Pemanahan / Bagus Kacung / Kyai Gede Mataram)
  28. Panembahan Senapati (Raden Bagus Sutawijaya - Raja ke-1 Kasultanan Mataram Islam
  29. Panembahan Hadi Prabu Hanyokrowati (Raden Mas Jolang - Raja ke-2 Kasultanan Mataram Islam
  30. Kanjeng Ratu Mas Sekar 
  31. Pangeran Pawenang 
  32. Kyai Raden Mas Djalalin
  33. Kyai Raden Talmusani 
  34. Kyai Raden Markam 
  35. Raden Zainal Mustofa 
  36. Raden Sodrono 
  37. Haji Raden Abdulkadir I (Ki. Tirtomenggolo) 
  38. Raden Soerodipo (Raden Lurah Bumisegoro) 
  39. Raden Lapiwirdjojo 
  40. Raden Resowidjojo 
  41. Raden Prawiro 
  42. Raden Achmad Prawiro 
  43. Raden Nganten Sri Suluh Warni 
  44. Haji Raden Setyo Budianto 

Asal - Usul Keluarga Haji Raden Setyo Budianto


Sertifikat Haji Raden Setyo Budianto

Saya tidak bisa memastikan bahwa data-data tersebut adalah benar 100%, karena kebenaran yang mutlak adalah milik Allah SWT. Jika ada bukti-bukti atau eviden-eviden baru termasuk informasi dari Pembaca blog ini, insyaallah akan saya update setelah dilakukan validasi terlebih dahulu.


Comments

  1. wah....silsilahnya panjang juga ya Pak kalo diurutkan mulai dari Nabi Muhammad SAW

    ReplyDelete
  2. Betul Mbak, belum ditambahkan lagi kalau dari Nabi Muhammad ke Nabi Ibrahim.

    ReplyDelete
  3. Kita masih saudara karna pas H+4 diaadakan pertemuan keluarga besar mbah ahmad prawiro meniko tasik rayi ne mbah kawulo ingkang asmo mbah kinap,

    ReplyDelete
  4. Kita masih senasab bpk mbah prawirorejo adalah keturunan dari mbah raden resowidjojo(1.mbah sukirah 2.mbah mono 3.mbah kinab 3.mbah mursi 4.mbah prawiroredjo 5.mbah sukarno)dan saya anak dari rumi'atun binti yusri binti kinab bin R.Resowidjojo bin R.lapiwirdjojo dan selanjutnya sampai sinuwun prbu hanyrokrowati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, salm kenal Pak Achmat Purwono.

      Delete
    2. Assalamualaikum saya nak bertanya kalau namanya prawiro memangnya nama satu keturunan ke?saya dari malaysia arwah nenek saya namanya napsiah binti pawiro mengikut kata arwah ibu saya arwah nenek berasal dri jawa tengah .saya sendiri tak pernah jumpa arwah nenek.ibu pernah beritahu asal usulnya dri wali songgo.

      Delete
    3. Waalikum salam, saya perlu informasi di daerah mana tepatmya. Tmks

      Delete
  5. Assalamualaikum pak Setyo. Apakah Raden Prawiro punya saudara yg bernama Raden Mangundiwiryo yg tinggal di daerah sekitar Petir? Soalnya saya lihat ada kemiripan dgn silsilah keluarga yg saya miliki, namun cuma ada informasi nama Raden Reksowijoyo (Magelang) menikah dgn R.Ngt. Siti Aminah (Semarang), lalu berputera 3 orang: R. Wongsoprawiro, R. Prawirowijoyo & R. Mangundiwiryo... siapa tahu kita sedulur dari eyang R. Reksowijoyo pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam. Insyaallah saya tanyakan ke Saudara dulu Pak.

      Delete
    2. Salam pa budi,saya deni eka prasetya dari bandung,nenek saya putri dari reso prawiro nama nya pairah binti seso prawiro tp tinggal/asal dari klaten tepatnya jatinom apa ada kaitannya sama keluarga besar prawiro.terimakasih sebelumnya.

      Delete
  6. Selamat siang.. Mohon petunjuk saya ingin bertanya ada tahu untuk mengurus serat kekancingan ini dimana? Saya Guruh Panduwinata, kalau menurut serat kekancingan saya, keturunan ke 13 dari penembahan senopati. Terima kasih.. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengurusnya ke tepas darah dalem di keraton Ngayogyakarta (kalau tidak salah sebut). Syarat2 & tata caranya pernah saya baca dari sedulur2 di grup trah mataram. Coba saja mas/mba gabung ke grup facebook trah mataram, di sana ada yang berikan pengalaman ngurus sertifikat kekancingan

      Delete
    2. terima kasih infonya... salam sehat...

      Delete
  7. Lebih tepatnya : PAGUYUBAN TRAH MATARAM

    ReplyDelete
  8. Asalamualaikum mas Setyo Budianto, foto Prabu Anyokrowati bukan yang di artikel ini, itu foto PB X. Cukup lama saya cari foto Prabu Anyokrowati dan alhamdulillah ketemu di artikel yg diupload th 2019: Sejarah Kraton Yogyakarta atau search : Prabu Anyokrowati. Maturnuwun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya serach belum ketemu, bisa share lionk-nya. Tmks

      Delete
    2. Alhamdulillah sudah dapat, dan sudah diganti photo-nya. Tmks

      Delete
  9. Pah Haji mau tanya apakah Bapak R. Achmad Prawiro berasal dari Jombang jawa timur.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya tanyakan ke Om (anaknya Mbah R Achmad Prawiro) dijawab sebagai berikut :"Seingat saya waktu aku masih kecil.Bapakku pernah ke pondok Jombang bersama Bapak Kh Abdul kamid ketua N U KENDAL .dan Bapak senang Ziarah ke makam Wali Wali.dan Bapak Nduweni Ati Segoro Lan soko ngangsu kaweruh Maring opo Lan sopo Wae."

      Delete
  10. Assalammu'alaikum... Cerita bpk mirip dg yg kami alami, suatu hari saat ayah saya msh hidup, beliau bercerita pd kami itu sekitar 30 tahun yg lalu, beliau menjelaskan bahwa kami ada keturunan jawa, kami tinggal di Palembang, menurut kisah ayah, zaman dahulu kakek buyut kami yg bernm Raden Prawiro mendapat tugas dari keraton ke Pontianak,alkisah kakek buyut jatuh cinta dg putri dari kerajaan/kesultanan Pontianak,karena tidak direstui mereka akhirnya pergi ke salah satu daerah di Sumatera Selatan.. Dan saat ini yg bisa kami lihat dan tahu hanya makam kakek buyut dan nenek buyut.
    Kami mencari info ttg kakek buyut dan nenek buyut tapi tak tahu mulai darimana.
    Semoga Bapak bisa membantu kami mencari tau silsilah keturunan keluarga kami yang sebenarnya.
    Terima kasih banyak ya Pak Setyo

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah sama-sama Pak, saya juga coba terus menelusuri. Tmks

      Delete
  11. Saya tengah menyelusuri silsilah buyut yg bernama Raden Prawiro, kalau boleh tau dmn makam Raden Prawiro ya Pak Setyo... Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbah Achmat Prawiro kakek saya dimakamkan di Desa Sukodadi Kendal, termasuk Mbah Surodipo juga di Desa Sukodadi Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

      Delete
  12. Kakek saya pak Kapt CKU purn bonasir dari bendil blitar, katanya masih ada keturunan sri sultan hamengkubuwono, apakah memang daerah blitar itu banyak nasab trah mataram islam kraton ngayogjakarta hadiningrat?? Jika memang iya, berarti nasab kita sama

    ReplyDelete
  13. Mbahkung saya, mbah bonasir katanya masih keturunan sri sultan hamengkubuwono, tepatnya dari bendil blitar, apakah memang daerah blitar rata 2 keturunan trah mataram islam??

    ReplyDelete
  14. Assalamualaikum pak, maaf sebelumnya saya mau tanya, saya punya buyut namanya mbah sujilah binti mbah marto Prawiro , Mbah sujilah lahir d bantul lalu ke Kalimantan pada tahun 70 an , dan wafat d Balikpapan, yang saya tanyakan apakah ada d silsilah yang bapak punya terdapat mbah sujilah, kalau ad berarti kita masih saudara pak🙏🏻, karena saya juga asli Yogyakarta pak🙏🏻 kalok kata mbah saya , saya masih ada keturunan kraton(krajaan) dan juga tembus wali 9

    ReplyDelete
  15. Muhammad Ihsan MaulanaMay 1, 2022 at 10:37 AM

    Assalamualaikum pak, maaf saya mau nanya pak , saya punya buyut namanya mbah sujilah binti mbah marto Prawiro, dan mbah sujilah ini aslinya jawa Tengah tepatnya Bantul, lalu merantau ke Kalimantan Selatan,dan wafat d makamkan d Balikpapan, yang saya tanyakan pak, apakah ada di buku nasab yang bapak punya terdapat mbah sujilah anak dari mbah marto Prawiro, karena kata mbah saya, saya masih keturunan kraton(kerajaan) dan juga ada tembus ke wali songo 🙏🏻

    ReplyDelete
  16. Saya juga keturunan dari Prabu Hanyakrawati.

    Boleh minta nomer wa

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum wr wb
    Mas Setyo, kekancingan kita sama di Abdul Kadir I, saya dr Abdul Kadir II. Alkhamdulillah jika bisa terambung silaturahminya, 082133267303 muhammad zumar Makruf bin ahmad makruf bin ali dimedjo bin Abdul kodir II bin abdul kodir I ( R Tirto manggolo )

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum mas
    Kita bertemu di Abdulkadir I, yg berputra abdul kadir II, kalo tdk kakak ya adik ki lurah Bumisegoro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass.Wr.Wb. Mas Setyo,,, Salam Kenal yo,, Aku Supriyono Soekirman Bandung,,, baru tahu kekancingan ku urutan ke 6 atau 7 yach? dari Prabu Hanyakrawati

      Delete
  19. AssaLaamu'aLaikum Pak Setyo Budianto.
    SaLaam Patepang saking kuLo.
    PaLenggahan dumateng Bekasi.
    🙏🙏

    ReplyDelete
  20. AssaLaamuaLaikum Kang Mas Setyo Budianto.
    Asmanipun jenengan mirip rencang kuLo piyantun Pati dinas teng Bdg.
    SaLaam saking Bekasi Kota
    🙏🙏

    ReplyDelete

Post a Comment