Proses Imigrasi untuk Ibadah Umroh di Bandara King Abdul Azis Jeddah


Kami berangkat Umroh menggunakan Pesawat Garuda Indonesia, alhamdulillah cukup nyaman, terlebih anak saya yang kecil senang karena dikasih mainan oleh Crew Garuda serta bisa nonton film anak-anak yang disukai.

Tak terasa pesawat yang tinggal landas sekitar pukul 11.00 WIB dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta mendarat dengan mulus di Bandara King Abdul Azis Jeddah sekitar pukul 17.30 waktu setempat. Saya teringat sekitar delapan tahun lalu ketika menunaikan Haji bersama istri juga mendarat di Terminal yang sama.




Di Dalam Pesawat Garuda

Setelah menunggu beberapa saat, kami diminta untuk antri di bagian imigrasi. Cukup lama juga karena antrian jamaah Umroh cukup panjang juga, kurang lebih sekitar 2 jam baru dapat giliran untuk diproses oleh petugas imigrasi.





Antrian Proses Imigrasi di Bandara King Abdul Azis Jeddah

Istri dan anak saya yang kecil maju duluan, kemudian disusul anak saya yang besar, baru yang terakhir saya. Proses di petugas cukup singkat dan lancar.





Setelah proses imigrasi kemudian menuju ke pengambilan bagasi, di sana sudah ada petugas yang ditunjuk oleh MQ Travel untuk membantu, cukup menunjukan bagasi kita ke mereka.





Keluar dari Terminal Kedatangan

Keluar dari Terminal, kami berjalan kaki menuju Bis. Suasana dan bangunan seperti tenda besar masih sama dengan yang dulu dan tidak berubah. Bagi yang belum sholat di depan terminal banyak tempat-tempat untuk sholat maupun istirahat.





Saya sempat beli air mineral di toko seperti alfamart/indomaret untuk membuat minuman susu bagi anak yang kecil, kebetulan saya sudah menukar uang Real di Jakarta meskipun tidak banyak. Kami bawa uang dollar untuk ditukarkan di Makkah atau Madinah nantinya, juga Kartu debet Visa serta Kartu Kredit.


Comments